Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Cyberpunk 2077" Rilis Update Terbesar, Apa Saja yang Baru?

Kompas.com - 23/09/2023, 09:00 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Developer game asal Polandia, CD Projekt Red resmi meluncurkan pembaruan besar-besaran "Update 2.0" untuk game "Cyberpunk 2077".

Update ini dapat diunduh secara gratis di platform komputer (PC), PlayStation 5 (PS5), dan Xbox Series X/S. Sementara itu, platform generasi sebelumnya, yakni PlayStation 4 (PS4) dan Xbox One tidak kebagian.

Pembaruan 2.0 ini bisa dikatakan sebagai yang terbesar di "Cyberpunk 2077". Sebab, update kali ini membawa banyak fitur dan peningkatan, mulai dari skill tree yang baru, kecerdasan buatan (AI) polisi yang ditingkatkan, hingga implementasi combat dalam kendaraan.

Terkait skill tree, fitur yang digunakan untuk "belajar" kemampuan (perk) atau kekuatan baru ini dirombak total. Kini, skill tree ini "disunat" sehingga jumlah perk lebih sedikit, tetapi menjadi lebih bermakna. Ada pula penyesuaian perk lama dan penambahan perk baru.

Dengan skill tree yang lebih ringkas ini, pemain akan memiliki fokus yang lebih jelas ketika sedang "merancang" karakter, ketimbang memilih banyak perk yang tidak memiliki sinergi.

Baca juga: Spek Minim PC untuk Main Game Cyberpunk 2077 Makin Berat

Kemudian, dalam skill tree terbaru, nantinya pemain bisa mendapatkan skill anyar seperti mode "Overclock" untuk kelas "Netrunner", "Bolt shots" yang bisa digunakan untuk senjata jenis "Tech", dan skill "Adrenaline Rush" untuk "build" karakter yang fokus pada atribut "darah" (Hit Points/HP).

Lebih lanjut, ada skill "Lead and Steel" yang memungkinkan pemain untuk memblokir peluru musuh menggunakan pedang, dan "Hack Queue" untuk melakukan peretasan beruntun pada musuh.

Jika perk yang sudah dipilih ternyata tidak cocok dengan cara bermain pengguna, perk tersebut bisa dijual kembali. Dengan demikian, gamer bisa bereksperimen sesuka hati, hingga menemukan "build" yang ideal.

Berikutnya, implan "Cyberware" yang bisa dipasang di bagian tubuh pemain, juga mendapatkan perubahan. Berbeda dengan mekanisme dulu, "Armor" yang menurunkan damage musuh, kini terikat dengan "Cyberware", bukan kostum yang digunakan.

Jadi, pemain diberi ruang untuk lebih kreatif ketika merancang karakter, karena pakaian dalam "Update 2.0" hanya merupakan elemen kosmetik tanpa atribut "Armor".

Karakter nonpemain makin pintar

Cyberpunk 2077PCGamer Cyberpunk 2077
"Cyberpunk 2077" update 2.0 memperkenalkan kecerdasan buatan (AI) karakter nonpemain (NPC) yang lebih pintar. Sebagai contoh, musuh kemungkinan tidak akan bereaksi, ketika pengguna memakai senapan api dengan peredam.

Namun, mereka akan mulai curiga setelah menemukan bekas peluru di areanya. Mereka pun bakal melakukan serangan balik sesuai dengan gaya bermain pengguna. Jadi, kalau pengguna bermain dengan diam-diam (stealth), musuh lebih hati-hati dalam menyerang.

Peningkatan kecerdasan buatan ini juga berlaku untuk polisi, yang dulunya merupakan musuh yang kurang menantang. Sebab, polisi terkadang tidak akan merespons kejahatan yang dilakukan pemain.

Dalam mekanisme terbaru ini, polisi akan melakukan patroli secara rutin, kemudian mengejar pemain yang berbuat jahat. Intensitas pengejaran ini disesuaikan dengan "Wanted Level" pemain.

Baca juga: Sempat Didepak, Game Cyberpunk 2077 Tersedia Lagi di PlayStation Store Indonesia

Sederhananya, "Wanted Level" mirip dengan sistem bintang di "Grand Theft Auto (GTA"). Level ini akan terus meningkat seiring berjalannya waktu, dan polisi pun akan menjadi lebih kuat.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com