Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah AdBlock Aman Digunakan? Begini Penjelasannya

Kompas.com - 26/09/2023, 12:56 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - Saat menjelajah di internet menggunakan peramban Google Chrome atau Mozilla Firefox, Anda akan dihadapkan dengan berbagai situs tujuan yang dicari. Situs-situs inilah yang tak jarang memuat beragam iklan yang cukup mengganggu.

Sebagian situs bahkan memasang iklan hampir sepenuhnya yang tak jarang menganggu pengguna saat menjelajah website. Iklan-iklan tersebut biasanya wajar ditemukan karena sebagian website atau blog tertentu memang mengandalkan Adsense dalam pengelolaan situsnya.

Bagi sebagian pengguna yang terganggu biasanya akan memasang ekstensi browser yaitu pemblokir iklan atau biasa dikenal AdBlock. Kendati sering digunakan pengguna dalam memblokir iklan, lantas apakah penggunaan AdBlock aman? untuk lebih detailnya berikut ini penjelasannya.

Baca juga: Pasang AdBlock, E-mail Yahoo Terancam Gagal Login

Pengertian AdBlock

AdBlock adalah salah satu contoh perangkat lunak pemblokir iklan yang tersedia secara luas. Ini adalah ekstensi atau program yang dapat diinstal pada peramban web Anda (seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, atau Safari) atau sebagai aplikasi pada perangkat Anda (seperti ponsel atau komputer).

Tujuan utama AdBlock adalah untuk menghilangkan iklan yang muncul saat Anda menjelajah internet. Ketika Anda mengaktifkan AdBlock, perangkat lunak ini akan memblokir iklan-iklan yang biasanya muncul di berbagai situs web.

Ini dapat membantu membuat pengalaman menjelajah web Anda lebih bersih dan memungkinkan Anda untuk fokus pada konten yang sebenarnya Anda kunjungi tanpa harus terganggu oleh iklan-iklan yang mengganggu.

Apakah AdBlock Aman?

Dilansir dari laman NordVPN, menggunakan ekstensi AdBlock umumnya aman, namun pengguna harus memastikan untuk mengunduh di situs terpercaya dan kredibel.

Perlu diingat juga bahwa AdBlock tidak sama dengan software anti-malware sehingga ekstensi ini tidak memberikan perlindungan komplit terhadap malware dan virus. Fungsi utama AdBlock hanya untuk menyembunyikan iklan saat pengguna menjelajah internet.

Manfaat menggunakan AdBlock

AdBlock juga memberikan manfaat untuk pengguna saat menjelajah internet. Berikut ini beberapa di antaranya.

Halaman situs dimuat lebih cepat

AdBlock berfungsi untuk membatasi iklan sehingga halaman situs dapat termuat lebih cepat. Terutama pada halaman situs yang memang memiliki banyak iklan. Hal ini bisa membantu pengguna mengakses situs tanpa loading lama.

Penjelajahan situs tanpa gangguan

Saat Anda membuka situs atau website tertentu dengan tampilan iklan terlalu banyak tentu sangat menganggu. Selain tampilan visual menjadi kurang rapi, iklan-iklan tersebut tak jarang menutup bagian tab atau menu tertentu sehingga pengguna kesulitan dalam mengaksesnya.

Maka dari itu menggunakan AdBlock membantu pengguna menjelajah situs internet lebih nyaman tanpa gangguan.

Hemat baterai

AdBlock membantu Anda menghemat masa pakai baterai karena iklan di situs internet yang terlalu banyak dapat menguras baterai Anda.

Baca juga: Pemblokir Iklan Adblock Tampil Beda di iOS dan Android

Hal yang perlu diperhatikann saat menggunakan AdBlock

Meskipun AdBlock aman digunakan, namun pengguna juga harus memperhatikan beberapa hal berikut ini sebelum memutuskan untuk menggunakan AdBlock.

Tak semua situs membolehkan pengguna menggunakan AdBlock

Meskipun Anda menggunakan AdBlock, namun beberapa situs memiliki kebijakan masing-masing. Salah satunya situs yang bisa mendeteksi Anda menggunakan AdBlock dan mengharuskan pengguna mematikan ekstensi pemblokir iklan.

Hal ini biasanya berlaku pada situs-situs yang 90 persen mengandalkan iklan dalam menjalankan situsnya. Sehingga Anda masih harus menikmati iklan-iklan yang hadir di situs yang diakses tersebut. 

Halaman web yang sulit diakses

Tak jarang sebagian pengguna merasa menggunakan AdBlock justru memblokir situs atau tools tertentu di situs internet yang justru menganggu dalam penjelajahan di internet. 

Baca juga: Ini Cara Google Balas Dendam ke Pengguna Adblock

Infeksi malware

Usahakan untuk mengunduh AdBlock di situs terpercaya dan aman. Mengunduh AdBlock sembarangan akan berisiko membuat PC atau browser terinfeksi malware berbahaya. Maka dari itu Anda harus berhati-hati saat memilih ekstensi AdBlock untuk browser Anda.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com