Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Pixel Watch 2 Resmi, Sensor Baru Lebih Akurat Baterai Lebih Hemat

Kompas.com - 05/10/2023, 09:36 WIB
Caroline Saskia,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber GSM Arena

KOMPAS.com - Bersamaan dengan peluncuran ponsel Google Pixel 8 dan Pixel 8 Pro, Google juga memperkenalkan arloji pintar (smartwatch) terbarunya, Pixel Watch 2 pada acara bertajuk “Made by Google” yang berlangsung pada Rabu (4/10/2023) malam WIB.

Dari segi desain, Google Pixel Watch 2 memiliki desain yang sama dengan Pixel Watch generasi pertama. Google mengatakan pembaruan di Pixel Watch 2 terletak pada hardware dan software yang digunakan, termasuk chip dan sensor biometrik baru.

Dari segi hardware, Google Pixel Watch 2 kini ditenagai oleh chip khusus wearable, dengan fabrikasi 4 nm (nanometer), yaitu Qualcomm Snapdragon W5 Plus Gen 1. Berbeda dengan Pixel Watch pertama yang menggunakan chip Samsung Exynos 9110 fabrikasi 10 nm.

Baca juga: Apple Watch Masih Rajai Pasar Smartwatch Dunia

Dengan chip Snapdragon W5 Plus Gen 1, Pixel Watch 2 diklaim memiliki daya tahan baterai lebih lama. Google mengeklaim dengan chip baru ini, baterai Pixel Watch 2 dapat bertahan selama 24 jam penuh, walau fitur Always-on-Display (AoD) aktif. Chip Snapdragon W5 Plus Gen 1 itu dipadankan dengan RAM 2 GB.

Sementara dari segi software, Pixel Watch 2 kini dipoles dengan antarmuka (UI/User Interface) WearOS 4. Antarmuka baru ini yang membuat tampilan smartwatch terlihat lebih segar.

Pixel Watch 2 juga kini memiliki sensor baru. Alih-alih satu baris sensor LED, Pixel Watch 2 kini memiliki banyak baris sensor LED dan photodiode di bagian bawah arloji, sehingga bisa melakukan pengukuran dari berbagai sudut dan posisi.

Data yang dibaca oleh sensor baru itu kemudian dikirim ke algoritma yang baru pula, sehingga data kesehatan diklaim 40 persen lebih akurat dibanding Pixel Watch pertama.

Sebab, saat dipakai olahraga, Pixel Watch 2 tetap dapat mengukur detak jantung di beberapa titik pergelangan tangan.

Untuk fitur-fitur kesehatannya sendiri, seperti biasa terdapat fitur sensor saturasi oksigen dalam darah dan pengecekan detak jantung pengguna.

Pixel Watch 2 juga dapat dimanfaatkan untuk memantau dan melacak tingkat stres menggunakan sensor bernama “Continuous Electrodermal Activity”. Sensor ini memungkinkan perangkat memberi rincian laporan terkait kualitas tidur hingga mengukur suhu tubuh.

Baca juga: Smartphone Google Pixel 8 dan Pixel 8 Pro Meluncur dengan Chip Tensor G3

Fitur ini belum mengandalkan bandwagon ECG (electrocardiogram), kemampuan mencatat kondisi detak jantung menggunakan sinyal elektrik. Berbeda dengan fitur yang ditawarkan Apple Watch ataupun Samsung Galaxy Watch.

Spesifikasi dan Fitur Pixel Watch 2

Pixel Watch generasi terbaru datang dengan layar kaca yang lebih tahan lama dan menggunakan bahan aluminium daur ulang 100 persen.

Layar berbentuk lingkaran tersebut mengandalkan panel OLED seluas 1,2 inci. Hanya ada satu model ukuran saja, yakni 41 mm (millimeter). Resolusi yang ditawarkan lebih kecil dari pendahulunya, yakni dari 450x450 piksel menjadi 384 x 384 piksel.

Sebagaimana dikutip KompasTekno dari GSM Arena, Kamis (5/10/2023), penurunan resolusi layar ini berpengaruh pada umur baterai, menjadi lebih lama dari sebelumnya.

Ilustrasi pengguna yang sedang mengenakan Pixel Watch 2. Arloji pintar ini hanya tersedia dalam satu ukuran saja, yakni 41 mm (milimeter)GSM Arena Ilustrasi pengguna yang sedang mengenakan Pixel Watch 2. Arloji pintar ini hanya tersedia dalam satu ukuran saja, yakni 41 mm (milimeter)

Google juga menawarkan “wajah” baru di Pixel Watch 2. Pengguna dapat memilih dan mengubah tampilan layar yang sesuai dengan preferensi atau kebutuhan. Tampilan layar tersebut akan terdiri dari empat kategori.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com