Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wujud Asli OnePlus Open, Ponsel Lipat "Rebrand" Oppo Find N3

Kompas.com - 06/10/2023, 15:04 WIB
Caroline Saskia,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber GSM Arena

KOMPAS.com - Vendor ponsel China, OnePlus dikabarkan akan merilis ponsel lipat pertamanya bulan ini, yang konon akan diberi nama OnePlus Open.

Meskipun belum resmi diumumkan, wujud asli OnePlus Open sudah terungkap dalam sebuah video kanal YouTube gadget "Unbox Therapy".

Kanal YouTube yang dipandu oleh YouTuber Lewis George Hilsenteger itu juga menampilkan wawancara eksklusif bersama CEO OnePlus sekaligus Chief Product Officer (CPO) Oppo, Pete Lau. Sebagai informasi, Oppo dan OnePlus sudah resmi bergabung per 2021 lalu.

Pete Lau juga mengonfirmasi bahwa ponsel lipat OnePlus Open yang akan meluncur itu adalah rebranding dari ponsel lipat baru Oppo Find N3, yang juga kabarnya akan dirilis bulan ini.

Dengan demikian, kita bisa berharap tampilan Oppo Find N3 seperti OnePlus Open yang dibocorkan dalam video ini.

Sebelumnya, laporan serupa juga pernah dimuat oleh GSM Arena, yang menyebut OnePlus Open akan dijual untuk pasar internasional, sementara Oppo Find N3 akan dijual khusus untuk pasar China.

Dari video yang ditampilkan, OnePlus Open mengadopsi model lipatan horizontal (kanan ke kiri), menyerupai buku. Mirip seperti ponsel lipat garapan Samsung Galaxy Z Fold 5. Hanya saja, konstruksi engel yang diadopsi bebas dari gap (celah/rongga), alias gapless.

Baca juga: Alasan Ponsel Lipat Oppo Find N3 Layak Ditunggu

Saat ponsel dibentangkan dan kembali dilipat, engsel ponsel mampu tertutup dengan rapat, dan tidak menyisakan celah sedikit pun.

Dalam sebuah demo, OnePlus Open juga diuji coba menjepit selembar kertas. Hasilnya, perangkat dapat menjepit selembar kertas dengan baik. Bahkan, perangkat ikut naik saat selembar kertas tersebut diangkat.

Demo untuk menguji engsel lipatan dari OnePlus Open dengan menjepit selembar kertasYouTube/Unbox Therapy Demo untuk menguji engsel lipatan dari OnePlus Open dengan menjepit selembar kertas

“Ponsel ini tidak memiliki celah lipatan, atau gapless. Sebenarnya, saat Anda melipat ponsel, tidak hanya bebas dari celah, Anda juga dapat menjepit ponsel dengan selembar kertas. Perangkat akan tetap dapat menjepit dan tidak akan terjatuh,” jelas Pete Lau.

Kendati begitu, tampilan desain dari OnePlus Open masih belum dapat dilihat secara keseluruhan. Hanya terlihat tampilan layar depan dan konstruksi engselnya saja. Sebab, cangkang ponsel masih terdapat sebuah kardus hitam berbentuk persegi yang menempel di punggung.

Walau punggungnya masih tertutup, desain modul kamera ponsel lipat itu sempat bocor dalam bentuk video di internet. Kala itu, OnePlus Open terlihat tengah dipegang oleh selebriti asal India bernama Anushka Sharma.

Modul kamera berbentuk lingkaran dengan ukuran yang cukup besar, nyaris memenuhi setengah punggung OnePlus Open. Namun, tidak diketahui jumlah kamera yang disematkan ke dalam modul.

Sebab, video hanya menangkap momen dari luar kaca mobil. Yang pasti, OnePlus Open yang dipegang artis India terlihat berwarna hitam. Berbeda dengan varian OnePlus Open yang diunggah oleh YouTuber Unbox Therapy.

Desain OnePlus Open masih belum tampak sepenuhnya. Sebab, punggung perangkat terdapat kadus hitam berbentuk persegi yang masih menempel di belakangYouTube/Unbox Therapy Desain OnePlus Open masih belum tampak sepenuhnya. Sebab, punggung perangkat terdapat kadus hitam berbentuk persegi yang masih menempel di belakang

Sementara itu, layar sekunder atau layar depan perangkat datang dengan sudut yang membulat di keempat sisinya. Di bagian bawah, terdapat port USB-C sebagai pengisian daya/transfer data, kompartmen kartu SIM, serta dua speaker.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com