Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

9 Cara Menggunakan Telegram secara Lengkap dan Mudah

Kompas.com - 08/10/2023, 14:04 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Telegram sekarang sudah cukup populer dipakai pengguna. Telegram juga terkenal sebagai aplikasi alternatif WhatsApp. Meski populer, tak semua pengguna mungkin telah mengerti cara menggunakan Telegram.

Pengguna yang baru mulai ingin mencoba Telegram mungkin belum terlalu paham cara menggunakannya. Jika Anda baru ingin mencoba dan belum tau cara menggunakan Telegram, tak usah khawatir.

Baca juga: Cara Ekspor Chat WhatsApp ke Telegram, Mudah dan Cepat

Artikel ini bakal menjelaskan secara lengkap cara menggunakan aplikasi Telegram. Untuk lebih lengkapnya, simak penjelasan di bawah ini mengenai cara menggunakan Telegram dengan mudah.

Apa itu Telegram?

Sebelum mengerti cara menggunakannya, ada baiknya untuk memahami dulu apa itu Telegram. Perlu diketahui, Telegram adalah aplikasi pesan instan yang memiliki fungsi mirip seperti WhatsApp. Oleh karena itu, Telegram dikenal juga dengan alternatif WhatsApp.

Telegram dirilis oleh Pavel Durov pertama kali pada 2013. Kini, Telegram telah berkembang pesat. Pada Juni 2022, perusahaan mengumumkan bahwa Telegram memiliki 700 juta pengguna aktif per bulan.

Telegram menyediakan berbagai fitur untuk berkomunikasi, seperti chat, telepon, dan panggilan video. Selain itu, Telegram juga memiliki fitur unik seperti "Channel" yang memungkinkan pengguna untuk mengikuti saluran berita atau konten populer.

Kemudian, Telegram juga memiliki fitur untuk mengirim file berukuran besar hingga 2 GB dan 4 GB untuk pengguna Telegram premium.

Selain itu, Telegram juga memiliki "Bots" yang memungkinkan pengguna untuk mengerjakan tugas tertentu atau mendapatkan informasi secara otomatis.

Dari segi keamanan, Telegram juga dibekali sistem keamanan enkripsi dari ujung ke ujung (end-to-end encryption). Akan tetapi, sistem end-to-end encryption di Telegram sedikit berbeda dengan di WhatsApp dan Signal.

Sistem enkripsi dari ujung ke ujung di aplikasi WhatsApp dan Signal telah diatur secara default. Semantara itu, sistem tersebut di Telegram pengaturannya bersifat opsional. Dengan kata lain, tidak semua interaksi di Telegram dilindungi end-to-end encryption.

Sebagai informasi, merupakan sistem yang memungkinkan percakapan dienkripsi dengan kode, sehingga membuat pihak lain tak dapat mengintipnya. Di Telegram, sistem ini hanya dapat digunakan pada mode “Secret Chat”.

Jika pengguna sedang chat pribadi dengan seseorang dalam mode “Secret Chat”, isi chatnya baru bakal dienkripsi dan tak dapat diintip oleh siapa pun, termasuk pihak Telegram. Sementara itu, dikutip dari How to Geek, chat grup Telegram tidak dilindungi sistem ini.

Itulah penjelasan mengenai apa itu Telegram. Lantas, bagaimana cara menggunakan aplikasi Telegram?

Cara menggunakan Telegram

Cara menggunakan Telegram pada dasarnya sama seperti menggunakan aplikasi pesan instan lainnya. Langkah awal tentunya pengguna perlu memiliki aplikasi Telegram di ponsel terlebih dahulu, baru kemudian dapat menggunakannya.

Adapun penjelasan lengkap cara menggunakan Telegram, dari proses awal hingga bisa menggunakan Telegram, adalah sebagai berikut:

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com