Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menghapus Kontak di Telegram dengan Mudah

Kompas.com - 08/10/2023, 14:33 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Terdapat beberapa panduan dasar yang perlu diketahui pengguna dalam mengoperasikan Telegram. Salah satu panduan dasar itu adalah cara menghapus kontak di Telegram. Lantas, sebenarnya apakah kontak di Telegram bisa dihapus?

Baca juga: Cara Ekspor Chat WhatsApp ke Telegram, Mudah dan Cepat

Perlu diketahui, daftar kontak pengguna lain di Telegram bisa muncul di akun pengguna itu bersumber dari daftar kontak yang terdapat di HP (handphone). Telegram bakal secara otomatis menambahkan kontak di HP yang memiliki akun ke daftar kontak di aplikasi.

Kontak-kontak pengguna lain yang terdapat di aplikasi Telegram tersebut pada dasarnya bisa dihapus oleh pengguna. Menghapus kontak Telegram biasanya dibutuhkan ketika pengguna ingin membersihkan daftar kontak Telegram dari akun yang kurang dikenal.

Selain itu, menghapus kontak Telegram juga biasanya diperlukan saat akun pengguna lain sudah tidak aktif, sehingga pengguna perlu membersihkan dan memperbaruinya. Lantaran tindakan ini perlu dilakukan, lantas bagaimana cara menghapus kontak di Telegram?

Cara menghapus kontak di Telegram itu cukup mudah. Akan tetapi, tak semua pengguna mungkin telah mengetahui caranya. Jika hendak membersihkan akun Telegram yang kurang dikenal atau akun yang sudah tidak aktif, tetapi belum tahu caranya, tak usah khawatir.

Artikel ini bakal menjelaskan secara lengkap cara menghapus kontak di Telegram. Untuk lebih lengkapnya, silakan simak penjelasan di bawah ini mengenai cara menghapus kontak di Telegram dengan mudah.

Baca juga: Cara Buat Channel WhatsApp Mirip Telegram beserta Fungsi-fungsinya

Cara menghapus kontak di Telegram

Cara menghapus kontak di Telegram pada dasarnya dapat dilakukan melalui halaman informasi kontak. Di halaman tersebut, pengguna bakal menjumpai opsi untuk menghapus kontak. Adapun cara menghapus kontak di Telegram adalah sebagai berikut:

  • Buka aplikasi Telegram di HP.
  • Kemudian, klik menu “Contacts”.
  • Selanjutnya, pilih kontak yang hendak dihapus.
  • Setelah itu, ruang obrolan dengan kontak itu bakal terbuka.
  • Pada ruang obrolan, klik nama kontak untuk membuka halaman informasi kontak.
  • Setelah itu, pilih opsi “Edit”.
  • Terakhir, klik opsi “Delete Contact” dan kontak bakal dihapus secara otomatis dari Telegram.

Ilustrasi cara menghapus kontak di Telegram.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara menghapus kontak di Telegram.

Cukup mudah bukan cara menghapus kontak di Telegram? Setelah dihapus, kontak bakal tak tersedia lagi di daftar kontak Telegram. Akan tetapi, kontak yang dihapus di Telegram itu sejatinya bakal tetap tersedia di daftar kontak HP.

Menghapus kontak di Telegram tidak mempengaruhi daftar kontak yang ada di HP. Bila hendak menghapus kontak secara penuh, pengguna bisa menghapus kontak yang tersimpan di daftar kontak HP juga.

Baca juga: Hati-hati, Aplikasi Telegram dan Signal Palsu Bisa Curi Data Pengguna Android

Demikianlah penjelasan lengkap seputar cara menghapus kontak di Telegram dengan mudah. Dengan cara di atas, pengguna bisa membersihkan kontak Telegram dari akun yang kurang dikenal ataupun tidak aktif lagi, semoga bermanfaat.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com