Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Kegunaan ChatGPT dalam Dunia Pendidikan yang Perlu Diketahui

Kompas.com - 15/10/2023, 09:30 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - ChatGPT memiliki beberapa kegunaan atau manfaat dalam berbagai bidang, tak terkecuali dalam dunia pendidikan. Kegunaan ChatGPT dalam pendidikan kiranya perlu diketahui supaya bisa memanfaatkannya dengan tepat.

Kehadiran ChatGPT di masa sekarang merupakan salah satu bagian dari perkembangan teknologi AI (Artificial Intelligence). Sebagai program chatbot AI,ChatGPT dibekali dengan kemampuan yang dapat membantu pekerjaan manusia.

Baca juga: 7 Tips Menggunakan Chat GPT buat Menyusun Skripsi, Bisa Bantu Cari Ide Judul

ChatGPT memiliki kemampuan utama untuk menjawab atau menanggapi berbagai pertanyaan dan perintah pengguna secara natural. Dengan kemampuan itu, proses pembelajaran dalam pendidikan dapat terbantu.

Baik pekerjaan guru maupun siswa dalam proses pembelajaran, dapat terbantu dengan adanya ChatGPT. Lantas, apa manfaat ChatGPT dalam pendidikan? Bila tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, berikut adalah penjelasan manfaat ChatGPT dalam pendidikan.

Kegunaan ChatGPT dalam pendidikan

ChatGPT memiliki banyak manfaat dalam bidang pendidikan. Ada banyak tugas guru ataupun siswa yang bisa dibantu penyelesaiannya oleh ChatGPT, terutama tugas yang berkaitan dengan pengolahan teks.

Misalnya, untuk guru, ChatGPT dapat digunakan untuk membantu proses pengajaran, seperti membantu menyusun bahan ajar, membantu menyusun soal ujian, membantu mengoreksi tulisan siswa, dan memberikan saran metode pengajaran.

Sementara itu, untuk siswa, manfaat ChatGPT dalam pendidikan antara lain, seperti membantu menjawab pertanyaan, membantu menguasai bahasa asing, membantu menjelaskan konsep, dan membantu berlatih menulis.

Adapun penjelasan lebih lengkap kegunaan ChatGPT dalam pendidikan, baik untuk guru maupun siswa, adalah sebagai berikut:

Manfaat ChatGPT dalam pendidikan untuk guru

1. Membantu menyusun berbagai soal atau kuis

ChatGPT dapat dimanfaatkan untuk membantu menyusun berbagai soal atau kuis. Guru bisa meminta ChatGPT untuk membuatkan soal dengan tingkat kesulitan tertentu sesuai dengan tingkat murid dan tujuan pembelajaran.

2. Membantu menyusun materi pembelajaran

Selain membantu menyusun soal, ChatGPT juga dapat dimanfaatkan untuk membantu menyusun materi pembelajaran. Guru bisa meminta ChatGPT untuk menyusun materi pembelajaran yang menarik dan interaktif sesuai dengan tujuan pembelajaran.

3. Membantu menyusun rencana pembelajaran

Dikutip dari laman resmi OpenAI, manfaat ChatGPT untuk guru yang berikutnya adalah membantu menyusun rencana pembelajaran, yang di dalamnya termasuk jangka waktu pembelajaran, materi pembelajaran, metode pembelajaran, dan tujuan pembelajaran.

4. Membantu mengoreksi tulisan

ChatGPT dapat dimanfaatkan guru untuk mengoreksi karya tulis yang dibuat oleh murid. ChatGPT dapat diminta untuk mengoreksi ejaan, tata bahasa, atau tanda baca, yang digunakan murid pada tulisannya.

5. Memberikan saran metode pembelajaran

Manfaat ChatGPT untuk guru yang berikutnya adalah memberikan saran metode pembelajaran. Guru bisa meminta ChatGPT untuk seolah berperan sebagai murid dan belajar dari simulasi itu untuk memberikan pembelajaran.

Kemudian, ChatGPT juga bisa diminta untuk memberikan saran metode pembelajaran yang tepat berdasar informasi murid yang hendak dididik.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com