Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Xiaomi Pensiunkan MiUI, Diganti HyperOS

Kompas.com - 17/10/2023, 11:50 WIB
Lely Maulida,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Rumor tentang antarmuka baru Xiaomi akhirnya terjawab. Pabrikan ponsel asal China itu benar-benar mengganti antarmuka perusahaan yang selama ini dikenal sebagai MiUI menjadi HyperOS.

Perubahan itu terungkap dari postingan pendiri dan CEO Xiaomi, Lei Jun di platform X (dulu Twitter) dengan handle @leijun. Jun mengatakan bahwa HyperOS adalah antarmuka baru perusahaan.

"Hari ini menandai momen bersejarah. Setelah mengembangkannya selama bertahun-tahun, sistem operasi baru kami, #XiaomiHyperOS, siap debut resmi di #Xiaomi14Series," kata Lei Jun dikutip dari X Twitter @leijun. 

Pernyataan yang sama juga diungkap oleh VP Xiaomi Global, Alvin Tse di X Twitter. Melalui akun dengan handle @atytse, Alvin menegaskan bahwa HyperOS adalah antarmuka baru perusahaan.

"Begitu bersemangat untuk membagikan pengumuman besar, Xiaomi HyperOS baru," kata mantan Country Director Xiaomi Indonesia itu di X Twitter, dengan menandai (mention) @miuirom, akun yang selama ini didedikasikan untuk membagikan kabar seputar MiUI.

Baca juga: Xiaomi Siapkan MiOS, Pengganti MiUI?

Seperti Lei Jun, Alvin juga mengungkap ketersediaan antarmuka baru Xiaomi itu. Menurut Alvin, HyperOS untuk pertama kalinya akan tersedia di flagship perusahaan, yakni Xiaomi 14. Antarmuka itu juga secara bertahap akan menggantikan MiUI secara global mulai tahun 2024.

Detail lainnya soal HyperOS masih belum diketahui. Alvin hanya berkata bahwa HyperOS akan membawa sejumlah keunggulan, mulai dari performa hingga konektivitas antara smartphone dengan berbagai perangkat Internet of Thing berbasis kecerdasan buatan/artificial intelligence (AIoT).

Hal itu juga ditegaskan Lei Jun lewat media sosial Weibo di China. Lei Jun mengatakan bahwa HyperOS akan mendukung seluruh ekosistem produk Xiaomi di 200 kategori, termasuk smart home, mobil, dan banyak lainnya.

"Pada tahun 2014, ketika bisnis IoT mulai berkembang, kami mulai mengeksplorasi pengembangan dan verifikasi. Di tahun 2017, penelitian dan pengembangan untuk sistem operasi yang baru secara resmi diluncurkan untuk mendukung semua perangkat dan aplikasi ekologi dengan kerangan sistem yang terintegrasi," kata Lei Jun, dilansir dari Android Authority.

Lei Jun menambahkan, HyperOS dikembangkan dengan integrasi Android, serta sistem Vela yang dikembangkan sendiri oleh Xiaomi.

13 Tahun andalkan MiUI

Selama ini, MiUI sudah cukup lama digunakan beragam smartphone Xiaomi serta sub-brand-nya, seperti Poco dan Redmi. Antarmuka ini sudah ada sejak Agustus 2010 dan masih dikembangkan setidaknya sampai generasi ke-14 atau disebut MIUI 14 yang rilis pada Desember 2022, dilansir Arynews.tv, Rabu (17/10/2023).

Baca juga: 13 HP Xiaomi dengan MIUI 14 Beta Ini Tidak Lagi Dapat Update Fitur Baru

Hadirnya HyperOS turut menandai tamatnya riwayat MIUI yang selama ini menemani aneka produk Xiaomi dan jajaran sub-brand-nya.

Kabar soal pengganti MiUI sebenarnya sudah berkembang belakangan ini. Namun, rumor yang beredar sebelumnya menyebut bahwa antarmuka pengganti MiUI adalah MiOS.

Mengacu pernyataan eksekutif Xiaomi, kini terjawab bahwa pengganti MIUI disebut sebagai HyperOS, bukan MiOS.

Rilis bareng Xiaomi 14

Seperti dikatakan dua eksekutif Xiaomi, HyperOS bakal hadir bersamaan dengan Xiaomi 14. Sayangnya, perusahaan belum mengumumkan secara resmi jadwal peluncuran ponsel flagship-nya itu.

Menurut rumor yang beredar, Xiaomi 14 bakal rilis akhir tahun 2023, atau sekitar bulan Desember. Sebab, pendahulunya yaitu Xiaomi 13 juga memulai debutnya di China pada 11 Desember 2022.

Adapun smartphone ini kabarnya bakal hadir dengan sejumlah spesifikasi menarik mulai dari kamera Leica, resolusi layar 1,5 K hingga chipset Snapdragon 8 Gen 3.

Selain itu, Xiaomi 14 juga konon bakal dilengkapi fast charging 90 watt serta ruang pendingin yang lebih besar untuk menjaga kestabilan suhu ponsel, dihimpun KompasTekno dari Gizmochina.

Baca juga: Bocoran Spesifikasi Xiaomi 14 Series, Pakai Snapdragon 8 Gen 3?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com