Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketika SXSW 2023 "Menyerbu" Kota Sydney...

Kompas.com - 18/10/2023, 07:00 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

SYDNEY, KOMPAS.com - Ajang festival teknologi, film, dan musik tahunan, South by Southwest (SXSW), menyerbu kota Sydney minggu ini. SXSW Sydney 2023 berlangsung selama satu minggu mulai 15-22 Oktober 2023.

Para peserta, pembicara, pengisi acara, hingga jurnalis dari dalam maupun luar negeri kini berkumpul di Sydney untuk mengikuti SXSW Sydney yang pertama kalinya digelar di sana.

Jurnalis KompasTekno Galuh Putri Riyanto pun menjadi salah satunya. Kami berkesempatan untuk meliput langsung SXSW Sydney 2023 atas undangan Hewlett-Packard alias HP Indonesia.

HP termasuk "major sponsor" (sponsor utama) akan meluncurkan dua laptop baru yang mendukung gaya kerja hybrid. Rencananya dua laptop baru HP ini akan dirilis hari ini, Rabu (18/10/2023) dan akan dipajang di arena pemeran (expo) SXSW Sydney 2023.

Sejak kami tiba di Sydney pada Selasa (17/10/2023), kami melihat kota Sydney dipenuhi dengan hal-hal serba SXSW. Misalnya, iklan SXSW di layar LED, spanduk, dan billboard mulai dari di jalan raya, kafe, hingga hotel.

Baca juga: SXSW 2023 Digelar Pertama Kali di Sydney, Ada 700 Pembicara dan 1.000 Experience

Tumbalong Park disulap menjadi dua panggung yang cukup besar untuk acara festival musik SXSW Sydney 2023. Di Tumbalong Park, kami melihat banyak spanduk SXSW, gapuran SXSW, hingga beragam booth aktivasi untuk sponsor SXSW Sydney 2023 seperti Posche dan lainnya.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Tumbalong Park disulap menjadi dua panggung yang cukup besar untuk acara festival musik SXSW Sydney 2023. Di Tumbalong Park, kami melihat banyak spanduk SXSW, gapuran SXSW, hingga beragam booth aktivasi untuk sponsor SXSW Sydney 2023 seperti Posche dan lainnya.
Bila berada di area Haymarket, Darling Harbour, Ultimo, Chippendale, dan sekitarnya, kami semakin banyak melihat orang-orang yang berlalu lalang menggunakan lencana (badges) SXSW Sydney 2023.

Ini karena rangkaian pameran, konferensi, pertunjukan, hingga SXSW Sydney 2023 difokuskan di empat area utama di pusat kota Sydney itu.

Kami juga melihat banyak atribut SXSW seperti spanduk, penunjuk arah, dan properti lain yang berkaitan dengan SXSW. Misalnya, di taman dekat hotel kami menginap bernama Tumbalong Park.

Taman itu disulap menjadi dua panggung yang cukup besar untuk acara festival musik SXSW Sydney 2023.

Di Tumbalong Park, kami melihat banyak spanduk SXSW, gapuran SXSW, hingga beragam booth aktivasi untuk sponsor SXSW Sydney 2023 seperti Posche dan lainnya.

Pertama kali di Sydney

Suasana peserta SXSW Sydney 2023 yang ramai di ICC Sydney, Selasa (17/10/2023).KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Suasana peserta SXSW Sydney 2023 yang ramai di ICC Sydney, Selasa (17/10/2023).
Ini merupakan gelaran South by Southwest yang pertama digelar di Sydney, Australia. Sebelumnya, SXSW rutin digelar di Austin, Texas, Amerika Serikat (AS). Terakhir yaitu pada 10-19 Maret lalu.

Kini, di Sydney, SXSW berlangsung selama satu minggu, yakni pada 15-22 Oktober 2023.

Rangkaian acara SXSW meliputi pameran, konferensi, festival musik, demo game, screen film, dan pertunjukan.

Untuk expo tahun ini, South by Southwest alias SXSW Sydney 2023 menampilkan lebih dari 1.000 pengalaman masa depan, lebih dari 700 pembicara, dari 300 pertunjukan, dan 170 demo game, serta lebih dari 200 acara screening film, termasuk lima pemutaran perdana gala eksklusif.

Baca juga: 6 Startup Jadi Pemenang di SXSW

Beberapa judul konferensi yang menarik dan disarankan diantisipasi oleh eksekutif SXSW Sydney 2023 meliputi:

  • The Future of Journalism, Publishing and Trust in the age of AI
  • 2050: From nanotech to interplanetary expeditions to what will a VC look like in 2050
  • AI & Robotics: Generative AI trends, responsible AI, and cybersecurity.
  • Startups: Navigate the entrepreneurial landscape, expert practical insights on
  • Money and Markets: Evolving commerce and global trends.
  • Transport and Mobility: Flying cars and the future of transportation.

Beberapa pembicara yang patut dinanti meliputi:

  • Rapper, Penyanyi-Penulis Lagu, Produser Chance The Rapper
  • Founder & CEO of Make Love Not Porn Cindy Gallop
  • Aktivis Hak-Hak Perempuan Manal Al Sharif
  • Pakar AI dan futuris Amy Webb
  • Kreator Black Mirror Charlie Brooker

Untuk festival musik, beberapa musisi yang terkenal bakal tampil seperti girl grup asal Korea XG, duo hip-hop AS, Flyana Boss; dan EKKSTACY dari Kanada. Beberapa musisi asal Indonesia juga tampil di SXSW Sydney 2023 seperti Isyana Saravasti, Adhitia Sofyan, G.A.C, hingga Hindia.

SXSW Sydney 2023 juga melakukan pemutaran film tanpa batas selama satu minggu, termasuk penayangan film Concrete Utopia asal Korea Selatan, Lab Rat, film dokumenter ONEFOUR: Against All Odds, hingga film thriller Saltburn.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com