Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Gelar Event "Scary Fast" 30 Oktober, Apa Saja yang Akan Dirilis?

Kompas.com - 26/10/2023, 11:05 WIB
Caroline Saskia,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber Forbes

KOMPAS.com - Apple akan menggelar acara Apple Event pada 30 Oktober 2023. Dalam acara bertajuk “Scary Fast” ini Apple diyakini akan memperkenalkan sejumlah produk baru.

Apple Event "Scary Fast" akan berlangsung pada pukul 5 sore waktu Amerika Serikat (AS) atau 31 Oktober 2023 pukul 07.00 WIB.

Apple sendiri belum mengumbar produk apa saja yang bakal diperkenalkan di acara Apple Event. Namun, poster pengumuman Apple Event "Scary Fast" mengindikasikan bahwa perusahaan akan merilis laptop atau komputer terbarunya.

Dalam poster itu, tampak logo Apple tampak dibuat dalam siluet cahaya berwarna putih keabuan, dan logo tersebut mendadak berubah menjadi ikon macOS (siluet orang tersenyum).

Kemunculan ikon inilah membuat sejumlah penggemar Apple (Apple fanboy) meyakini Apple akan memperkenalkan produk laptop dan komputer terbarunya. Anda bisa langsung mengunjungi laman resmi perusahaan dengan tautan berikut ini.

Lantas, kira-kira apa saja produk yang bakal diluncurkan perusahaan di Apple Event pada 30 Oktober 2023? Berikut adalah bocorannya, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Forbes, Kamis (26/10/2023).

MacBook Pro M3

Apple kenalkan chipset M2 Pro dan M2 Max yang bakal mentenagai Macbook Pro baru dan Mac Mini Apple kenalkan chipset M2 Pro dan M2 Max yang bakal mentenagai Macbook Pro baru dan Mac Mini
Analis pasar kenamaan Ming-chi ,Kuo memprediksi bahwa Apple akan memperkenalkan seri MacBook Pro terbaru yang mengandalkan chip Apple M3. Laptop tersebut diprediksi akan meluncur pada acara Apple Event "Scary Fast" nanti.

Kuo juga mengatakan, perusahaan kemungkinan tidak hanya me,perkenalkan chip M3 saja, tetapi juga M3 Pro dan M3 Max. Sama seperti seri Apple M2 sebelumnya yang terdiri dari M2, M2 Pro, dan M2 Max.

Apabila Apple benar-benar memperkenalkan tiga chip teranyarnya sekaligus, kemungkinan akan ada beberapa model MacBook yang diluncurkan. Mulai dari MacBook Pro 13 inci, 14 inci, hingga 16 inci.

Sebelumnya, Kuo memprediksi bahwa Apple tidak akan meluncurkan MacBook Pro model baru hingga akhir 2023. Pengiriman laptop model “Pro” disebut akan dibatasi pada kuartal IV-2023 akibat keterbatasan pasokan.

Jika MacBook Pro terbaru meluncur pada November hingga Desember 2023, menurut Kuo, kemungkinan ketersediaan perangkat hanya dapat bertahan hingga kuartal I-2024. Hal ini dapat terjadi karena pengiriman Mac mengalami penurunan akibat “komputasi chip M2 yang terbatas”.

Baca juga: Apple Buka Lowongan Kerja, Ini Keahlian yang Dibutuhkan

Jadi, jika dalam acara Apple Event nanti Apple benar-benar meluncurkan MacBook Pro M3 minggu depan, jumlah produknya kemungkinan lebih terbatas. Artinya, ketersediaan laptop seri M3 di pasaran akan lebih sedikit.

MacBook Pro M3 Pro dan M3 Max

Ilustrasi chipset Apple M2 Pro dan M2 Max.Apple Ilustrasi chipset Apple M2 Pro dan M2 Max.
Seperti yang disebut sebelumnya, Apple diprediksi bakal memperkenalkan MacBook Pro yang ditenagai chip M3 Pro dan M2 Max.

Menurut laporan dari wartawan teknologi Bloomberg, Mark Gurman, Apple tengah menguji coba MacBook Pro yang ditenagai M3 Pro dan M3 Max.

Jika sesuai prediksi, laptop ini akan yang ditenagai chip yang terdiri dari 16 inti CPU (prosesor) dan 40 inti pengolah grafis (GPU). Performa dan kinerja chip ini juga kabarnya akan mengalami peningkatan ketimbang chip M2 Pro dan M2 Max yang diperkenalkan awal 2023.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com