Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Melihat Jeroan Samsung S23 FE, Banyak Kemiripan dengan Galaxy S23

Kompas.com - 26/10/2023, 17:40 WIB
Lely Maulida,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber GSM Arena

KOMPAS.com - Samsung Galaxy S23 FE kini tersedia di banyak negara di dunia. Selain penamaannya yang mirip dengan Galaxy S23 "reguler", ternyata jeroan Samsung S23 FE juga mirip dengan "saudaranya" itu.

Hal ini diketahui dari youtuber dengan saluran Youtube PBKreviews. Youtuber ini membongkar dan memperlihatkan aneka komponen di dalam unit Samsung S23 FE.

Awalnya, PBKreviews melepas penampang ponsel yang melekat ke bodi. Dari situ terlihat aneka komponen yang dipakai di Samsung S23 FE.

Menurut PBKreviews, jeroan Samsung Galaxy S23 FE mirip dengan Samsung S23 versi reguler. Kemiripannya terletak pada susunan berbagai komponen, mulai dari lensa kamera, baterai dan komponen pendukung lainnya.

Baca juga: 6 Fitur Unggulan Samsung S23 FE, Ada Kamera Flagship Warisan Galaxy S23 dan Z Fold

Ukuran lensa kameranya bahkan terlihat sama persis. Pasalnya, kedua smartphone ini dibekali jenis kamera yang sama, yaitu kamera utama 50 MP dan ultrawide 12 MP.

Keduanya juga dibekali kamera telefoto, tetapi resolusinya agak berbeda. Kamera telefoto di Galaxy S23 FE punya resolusi 8 MP, lebih kecil dibanding versi reguler, yaitu 10 MP.

Kemudian baterai kedua ponsel juga terlihat persis dengan warna putih. Walaupun begitu, kapasitasnya berbeda karena Samsung S23 FE dibekali baterai 4.500 mAh, sementara versi reguler 3.900 mAh.

Baterai di Samsung S23 FE juga dilengkapi dengan lapisan perekat yang bisa ditarik, sehingga memudahkan teknisi bila perlu mengganti baterai ponsel.

Salah satu pembeda jeroan Samsung Galaxy S23 FE dengan Samsung S23 yaitu ruang pendingin yang ukurannya lebih besar. Bentuk ruang pendingin Samsung S23 FE juga agak melengkung dibanding versi reguler yang berbentuk persegi panjang.

Perbandingan ruang pendingin Samsung S23 FE (atas) dan Samsung S23 (bawah)PBKreviews Perbandingan ruang pendingin Samsung S23 FE (atas) dan Samsung S23 (bawah)

Menurut PBKreviews sejumlah komponen jeroan Galaxy S23 FE cukup mudah dilepas pasang. Oleh karenanya, smartphone ini mendapat skor perbaikan 8,5 poin dari rentang 10. 

Spesifikasi Samsung Galaxy S23 FE

Adapun Samsung S23 FE merupakan versi terjangkau dari Samsung S23. Sebagai versi yang lebih murah, beberapa spek smartphone ini diturunkan dari "saudaranya".

Salah satu yang berbeda ada di sektor layar. Samsung S23 FE dibekali layar Dynamic AMOLED 2X berbentang 6,4 inci, yang sedikit lebih besar dibanding Galaxy S23 "reguler" (6,1 inci).

Sementara spesifikasi Samsung S23 FE yang sama persis dengan Galaxy S23 "reguler" adalah kamera utama 50 MP, konektivitas 5G, serta fitur tahan debu dan air dengan rating IP68.

Dari segi desain, Samsung S23 FE masih membawa "DNA" Galaxy S23. Ponsel ini masih dibekali tiga kamera "boba" alias tanpa penampang, yang disusun vertikal dan dibenamkan langsung di bodi belakang.

Baca juga: Ini Alasan Samsung Galaxy S23 FE Versi Indonesia Pakai Chipset Exynos, Bukan Snapdragon

Di sektor fotografi, penerus Samsung S21 FE ini dilengkapi tiga kamera belakang, yang terdiri dari kamera utama 50 MP (f/1.8), kamera ultra wide 12 MP (f/2.2), dan kamera telefoto 8 MP (f/2.4, zoom optik 3x).

Halaman:


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com