Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Peluncuran MacBook Pro M3 Direkam Sepenuhnya Pakai iPhone 15 Pro Max?

Kompas.com - 31/10/2023, 15:30 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber 9to5mac

KOMPAS.com - Ada kejutan di acara virtual Apple Event "Scary Fast" yang digelar pada Senin (30/10/2023) sore waktu setempat Amerika Serikat (AS) atau Selasa (31/10/2023) pagi WIB tadi.

Di pengujung acara yang berdurasi sekitar 30 menit tersebut, Apple menampilkan sebuah informasi berupa klaim, bahwa seluruh acara itu direkam sepenuhnya menggunakan ponsel terbaru dan terkuat Apple saat ini yaitu iPhone 15 Pro Max.

Acara pengumuman chip Apple M3, iMac, dan MacBook Pro baru yang bertepatan dengan pesta perayaan kostum di AS, alias Halloween pada 31 Oktober 2023 ini juga disebut diedit dengan komputer bikinan Apple, yaitu Mac.

"Acara ini direkam menggunakan iPhone dan diedit menggunakan Mac," tulis Apple di akhir durasi acara virtual Apple Event Scary Fast tanpa menyebutkan Mac jenis apa yang dipakai.

Baca juga: Apple Rilis MacBook Pro dengan Chip M3, Harga mulai Rp 25 Juta

"Semua pembawa acara, lokasi, dan rekaman video drone yang ada dalam acara itu sepenuhnya direkam menggunakan iPhone 15 Pro Max," tambah Apple.

Nah, pesan yang disampaikan Apple di akhir video ini tampaknya ingin membuktikan bahwa iPhone 15 Pro Max cukup mumpuni dipakai untuk merekam proyek video besar, seperti acara peluncuran rutin Apple Event ini.

Terlebih, beberapa adegan di acara tersebut, seperti pembukaan dan penutupan oleh CEO Apple Tim Cook, dilakukan di kondisi minim cahaya, mungkin bertepatan dengan Halloween tadi. 

CEO Apple, Tim Cook membuka acara Apple Event Scary Fast pada Selasa (31/10/2023) pagi WIB.Apple CEO Apple, Tim Cook membuka acara Apple Event Scary Fast pada Selasa (31/10/2023) pagi WIB.

Dengan begitu, hal tersebut juga dipakai Apple untuk membuktikan bahwa iPhone 15 Pro Max cukup andal untuk merekam video di kondisi gelap atau malam hari.

Adapun klaim semacam ini, yaitu menggunakan iPhone untuk merekam video acara peluncuran, merupakan pertama kali dilakukan Apple, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari 9to5Mac, Selasa (31/10/2023).

Baca juga: Sering Ceroboh Jatuhkan HP, Sebaiknya Pakai iPhone atau Samsung?

Sebelumnya, Apple tidak pernah memberikan pesan atau disclaimer semacam ini di acara peluncuran produknya.

Pernah dipakai rekam video musik

Terkait penggunaan iPhone untuk proyek video besar, pada saat peluncuran iPhone 15 Series September lalu, Apple mengatakan bahwa iPhone 15 Pro digunakan untuk membuat proyek video musik dari lagu get him back! yang dinyanyikan musisi kenamaan Olivia Rodrigo.

Kala itu, video musik tersebut dipakai untuk membuktikan klaim bahwa iPhone 15 Pro mampu membuat video dengan kualitas standar industri hiburan, atau sekelas standar film Hollywood saat ini.

Untuk membuat video dengan kualitas profesional, iPhone 15 Pro hadir dengan beragam fitur video lengkap, salah satunya adalah mode perekaman video menggunakan mode 5x optical zoom di iPhone 15 Pro Max.

Beberapa fitur lainnya mencakup mode ProRes Log dengan frame rate 60 FPS, dukungan warna Academy Color Encoding System (ACES) pertama di smartphone, penyimpanan video secara langsung ke media penyimpanan eksternal via konektor USB-C, dan masih banyak lagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com