Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hasil Benchmark Chip Apple M3 Muncul di Geekbench, Skornya Sesuai Klaim

Kompas.com - 02/11/2023, 13:08 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber MacRumors

KOMPAS.com - Hasil benchmark chip terbaru Apple M3, muncul di platform pengujian Geekbench. Dari hasil pengujian tersebut, chip Apple M3 versi "reguler" mendapat skor benchmark 3.000 poin untuk performa single core dan 11.700 poin untuk performa multi core.

Hasil benchmark ini sekitar 20 persen lebih tinggi dari pendahulu Apple M3, yaitu M2 yang mendapat skor benchmark Geekbench 6 berkisar 2.600 poin untuk single core dan 9.700 poin untuk multi core.

Pada saat peluncuran chip Apple M3 Series dan jajaran MacBook Pro serta iMac terbaru, Apple mengeklaim bahwa chip M3 memang memiliki peningkatan performa 20 persen dibanding M2.

Dengan kata lain, hasil benchmark Geekbench 6 ini sesuai dengan klaim Apple yang diumbar di peluncuran yang bertema "Scary Fast" tersebut.

Tidak disebutkan apakah pengujian performa Apple M3 ini dilakukan di iMac 24 inci atau MacBook Pro 14 inci terbaru. Kedua perangkat Mac itulah yang akan dibekali chip Apple M3.

Baca juga: Salip-menyalip Qualcomm Snapdragon X Elite dan Apple M3

Ilustrasi hasil benchmark chip Apple M3 di Geekbench 6Geekbench Ilustrasi hasil benchmark chip Apple M3 di Geekbench 6

Namun, menurut wartawan teknologi Bloomberg yang seringkali memberi bocoran soal produk dan bisnis Apple, Mark Gurman, hasil pengujian Geekbench di atas menggunakan perangkat MacBook Pro 14 inci.

Spesifikasi chip Apple M3 di iMac 24 inci dan MacBook Pro 14 sendiri sebenarnya sama. Chip ini dibekali dengan prosesor delapan inti (8-core) dan unit pengolah grafis (GPU) sepuluh inti (10-core) yang diklaim 20 persen lebih cepat dari chip M2.

Chip dengan jumlah transistor mencapai 25 miliar unit ini juga dibekali dengan unified memory dengan kapasitas 24 GB, serta beragam dukungan teknologi GPU terkini macam Dynamic Caching, Mesh Shading, hingga Ray Tracing.

Baca juga: Apple M3, Chip 3 Nm Pertama untuk Komputer Desktop

Belum diketahui berapa hasil benchmark untuk chip Apple M3 Pro dan M3 Max yang mentenagai MacBook Pro 14 inci dan 16 inci. Sebab, hasil benchmark Geekbench 6 di atas hanyalah untuk chip M3 standar saja.

Ada kemungkinan hasil benchmark chip M3 Pro dan M3 Max lebih tinggi dari M3 standar, lantaran konfigurasi hardware-nya juga lebih mumpuni, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari MacRumors, Kamis (2/11/2023).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com