Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Memilih Charger yang Bagus untuk iPhone Baru, Penting biar Baterai Awet

Kompas.com - 02/11/2023, 14:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Pengguna yang hendak membeli iPhone baru kiranya penting untuk mengetahui cara memilih charger iPhone yang bagus. Sebagai informasi, sejak iPhone 12 hingga iPhone 15 series, Apple tidak lagi menyertakan charger di dalam boks iPhone.

Charger atau kepala cas sekarang dijual terpisah dengan iPhone. Di dalam boks iPhone 12 series dan yang lebih baru, Apple hanya menyertakan aksesori berupa kabel USB. Alhasil, pengguna perlu membeli sendiri adaptor iPhone.

Baca juga: Cara Cek Battery Health iPhone, Penting buat Mengetahui Kondisi Baterai

Di pasaran, terdapat berbagai macam adaptor iPhone. Apple pun juga membuat adaptor iPhone. Selain itu, terdapat pula adaptor iPhone yang diproduksi oleh pihak ketiga. Dari sekian banyak macam charger itu, tak semuanya bagus untuk iPhone.

Charger yang tidak sesuai spesifikasi iPhone dan standar Apple dapat menyebabkan beberapa gangguan performa, termasuk mempercepat penurunan battery health atau kesehatan baterai.

Dikutip dari laman resmi Apple, kepala cas iPhone yang tak sesuai spesifikasi bisa menghasilkan panas dan tegangan berlebih.Jika dibiarkan terus menerus dipakai mengisi daya di iPhone, battery health bakal bisa mengalami penurunan dengan cepat.

Oleh karena itu, pengguna perlu memilih dengan cermat charger yang bagus untuk iPhone. Tujuannya agar iPhone tidak mengalami gangguan performa seperti penurunan battery health secara drastis.

Lantas, bagaimana cara memilih charger yang cocok untuk iPhone? Jika hendak membeli iPhone baru, silakan simak penjelasan di bawah ini mengenai tips dalam memilih charger yang cocok untuk iPhone.

Tips memilih charger yang cocok untuk iPhone

1. Pilih charger iPhone orisinal

Ilustrasi charger iPhone orisinal buatan Apple.Apple.com Ilustrasi charger iPhone orisinal buatan Apple.

Tips yang pertama adalah memilih charger untuk iPhone yang orisinal buatan Apple. Sebagaimana sempat disinggung di atas, Apple juga membuat sendiri charger untuk mengisi daya iPhone.

Adaptor iPhone orisinal buatan Apple ini sangat direkomendasikan untuk dipakai pengguna. Kepala cas iPhone orisinal dari Apple dapat dipastikan sesuai dengan spesifikasi pengisian daya iPhone, sehingga minim berpotensi menyebabkan gangguan performa.

Baca juga: Berapa Persen Kesehatan Baterai iPhone yang Baik? Begini Penjelasannya

2. Pilih charger iPhone yang sesuai spesifikasi dan bersertifikat MFI

Ilustrasi charger iPhone MFI.Apple.com Ilustrasi charger iPhone MFI.

Selain memilih kepala iPhone orisinal buatan Apple, pengguna sejatinya juga bisa memilih charger yang diproduksi oleh pihak ketiga, tetapi harus sesuai dengan spesifikasi iPhone dan standar Apple.

Untuk diketahui, charger iPhone saat ini terbagi menjadi dua jenis berdasarkan besar daya dalam menghantarkan listrik, yakni charger 18 W dan 20 W dengan port USB-C. Charger 18 W dipakai untuk mengisi daya di iPhone 8 series dan yang lebih baru.

Sementara itu, charger 20 W digunakan untuk mengisi daya di iPhone 12 series dan yang lebih baru. Dikutip dari laman resmi Apple, jika pengguna memilih charger buatan pihak ketiga, charger itu harus memiliki spesifikasi sebagai berikut:

Spesifikasi charger iPhone 18 W

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com