Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Android Lawas Ini Tak Kebagian Google Chrome Versi Terbaru

Kompas.com - 02/11/2023, 14:32 WIB
Oik Yusuf,
Caroline Saskia

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Google akan merilis Chrome versi 120 dalam waktu dekat. Namun,versi teranyar ini hanya tersedia untuk perangkat Android yang menjalankan sistem operasi Android 8.0 (Oreo) atau versi yang lebih baru.

Perangkat dengan OS Android 7.0 (Nougat) tidak kebagian Chrome 120. Sebab, menurut pengumuman yang disampaikan Google di laman "Chrome Enterprise and Education Releases Notes", ponsel dengan OS Android Nougat hanya mentok di versi sebelumnya. 

"Versi Chrome terakhir yang mendukung Android Nougat adalah Chrome 119. (Kami) akan memberikan pesan kepada pengguna yang terdampak untuk mengimbau mereka melakukan pembaruan pada sistem operasi," tulis Google di blog resminya.

Baca juga: Daftar 31 HP Samsung yang Kebagian OneUI 6.0 Android 14

Walau tidak mendapatkan pembaruan Chrome versi 120, smartphone dengan OS Android Nougat masih dapat mengakses atau menggunakan Chrome versi terdahulu seperti sedia kala.

Apabila ingin mendapatkan update serta fitur baru di Chrome versi 120 dan setelahnya, OS Android pun diperbarui. Anda dapat mengecek ketersediaan pembaruanOS dengan mencari opsi "Update" di menu Settings. Jika ada, Anda bisa mengunduh dan memasangnya.

Namun, tidak semua perangkat yang menjalankan Android Nougat dapat diperbarui ke Oreo atau yang lebih baru. Dalam hal ini, satu-satunya cara untuk bisa mendapatkan Chrome versi selanjutnya adalah dengan mengganti ponsel.

Penghentian dukungan software versi teranyar untuk sistem operasi tua adalah hal yang lazim dilakukan. Sebelumnya, pada tahun lalu, Android 6.0 Marshmallow sudah lebih dulu tak kebagian browser Chrome versi baru.

Baca juga: Apa Arti Tanda Lingkaran Titik-titik di Tab Google Chrome?

Android 7.0 Nougat yang ditinggal Chrome kali ini adalah OS gadget yang diluncurkan pada 2016, di tahun yang sama dengan kemunculan ponsel Google Pixel generasi pertama. Pembaruan terakhirnya adalah versi 7.1.2 yang dirilis empat tahun lalu pada Oktober 2019.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Android Police, Kamis (2/11/2023), sekarang hanya segelintir perangkat yang masih menjalankan OS Android Nougat, yakni sekitar 2,76 persen dari total populasi Android.

Versi Android terbanyak saat ini adalah Android 13 Tiramisu yang dijalankan oleh 22,4 persen perangkat Android.

Baca juga: Android 13 Tiramisu Paling Populer Saat Ini, Lollipop Masih Ada yang Pakai

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com