Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Tips dari Google Agar Baterai Android Lebih Tahan Lama

Kompas.com - 01/11/2023, 15:30 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber GizChina

KOMPAS.com - Kehabisan baterai ponsel memang menyebalkan. Apalagi kalau terjadi ketika sedang tidak memegang power bank atau charger, sementara ada hal penting yang mesti dilakukan dengan perangkat tersebut.

Untungnya sebagian besar smartphone modern yang beredar sekarang memiliki fitur power saving yang bisa diaktifkan agar baterai bisa tahan lebih lama di saat kritis.

Baca juga: Cara Mengatasi Baterai TWS yang Eror Tidak Bisa Mengecas

Di luar itu, Google mengatakan bahwa sebenarnya ada beberapa setting lain di smartphone Android yang bisa Anda atur untuk menghemat daya baterai. Berikut ini penjelasannya, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Gizchina, Rabu (1/11/2023).

Cara menghemat baterai ponsel Android

1. Matikan layar lebih awal

Pilihan untuk mengatur durasi waktu sebelum layar ponsel dimatikan otomatisKOMPAS.com/ OIK YUSUF Pilihan untuk mengatur durasi waktu sebelum layar ponsel dimatikan otomatis
Smartphone secara otomatis akan mematikan layar setelah beberapa lama tidak dipakai. Jangka waktunya bisa diatur oleh pengguna, mulai dari beberapa detik sampai puluhan menit.

Sebaiknya durasi waktu sebelum mematikan layar secara otomatis diatur agar singkat saja untuk mengirit daya. Pengaturannya bisa Anda temukan di bagian "Display" di menu settings, biasanya bernama "Screen Timeout" atau "Sleep".

Selain mematikan layar, Anda juga bisa mengatur agar perangkat menampilkan fitur Always-on Display yang menampilkan aneka informasi seperti waktu dan notifikasi, tapi pemakaian dayanya masih jauh lebih hemat ketimbang layar menyala penuh.

2. Kurangi tingkat kecerahan layar

Menu pull-down biasanya ikut menampilkan slider pengatur brightness layar, serta pilihan tingkat kecerahan otomatis yang ditandai huruf A di samping slider atau berupa ikon khususKOMPAS.com/ OIK YUSUF Menu pull-down biasanya ikut menampilkan slider pengatur brightness layar, serta pilihan tingkat kecerahan otomatis yang ditandai huruf A di samping slider atau berupa ikon khusus
Masih terkait layar, karena komponen yang satu ini biasanya merupakan pemakai daya terbesar di ponsel, tingkat kecerahan berbanding lurus dengan pemakaian baterai. Makin tinggi brightness, makin boros juga listriknya.

Dengan menurunkan tingkat kecerahan layar, Anda juga akan mengurangi konsumsi daya baterai. Pengaturan brightness biasanya bisa langsung diakses dari menu pull-down Android, dengan cara menyapukan jari dari atas layar ke bawah. Bentuknya slider yang bisa digeser.

Satu catatannya, jika kecerahan diatur terlalu rendah, layar bisa sulit dilihat, terutama dalam kondisi terang atau di luar ruangan saat siang hari. Karena itu, ada kalanya tingkat kecerahan tinggi tidak dpat dihindari.

3. Aktifkan pengaturan kecerahan layar secara otomatis

Toggle untuk mengaktifkan pengaturan brightness otomatis di bagian Display di menu Settings.KOMPAS.com/ OIK YUSUF Toggle untuk mengaktifkan pengaturan brightness otomatis di bagian Display di menu Settings.
Tak ingin repot bolak-balik mengatur tingkat kecerahan layar? Jangan khawatir, Anda bisa mengaktifkan pengaturan brightness otomatis agar ponsel mengatur sendiri tingkatnya sesuai dengan kondisi cahaya di sekitar.

Baca juga: Viral Poster Disney Pixar dengan Karakter dan Nama Sendiri, Bagaimana Cara Membuatnya?

Saat sedang berada di kondisi low light, brightness akan diturunkan. Demikian juga sebaliknya, ketika sedang terang, maka kecerahan layar akan dinaikkan supaya lebih mudah dilihat.

Pengaturan opsi otomatis biasanya tersedia juga di menu pull down, bisa berupa ikon berbunyi "Auto brightness" atau huruf "A" di samping slider. Kalau tidak ada, Anda bisa menemukannya di opsi pengaturan Display di menu Settings perangkat.

4. Matikan suara atau getaran virtual keyboard

Aplikasi keyboard virtual menyediakan opsi untuk mematikan suara dan getaran alias haptic feedback ketika tombol ditekanKOMPAS.com/ OIK YUSUF Aplikasi keyboard virtual menyediakan opsi untuk mematikan suara dan getaran alias haptic feedback ketika tombol ditekan
Keyboard virtual di layar ponsel biasanya mengeluarkan bunyi atau getaran ketika pengguna memakainya untuk mengetik. Fitur feedback audio dan sentuhan ini tentu membutuhkan daya baterai pula.

Untuk lebih jauh menghemat pemakaian baterai, anda bisa mematikan vibrasi dan suara keyboard ini. Pengaturannya bisa ditemukan di menu keyboard yang biasanya terletak di bagian "Language and Input" di Settings.

Di sana, ada opsi "Manage Keyboards". Pilih keyboard virtual yang sedang Anda pakai, lalu masuk ke "Preferences" dan atur "Sound on keypress" serta "Haptic Feedback". Dalam contoh di samping, KompasTekno menggunakan Gboard. Menu keyboard lain mungkin berbeda.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com