Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pendiri Facebook Zuckerberg Cedera Lutut gara-gara Martial Arts

Kompas.com - Diperbarui 05/11/2023, 06:33 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - CEO Meta (induk dari Facebook, Instagram, dan WhatsApp) Mark Zuckerberg menjalani operasi lutut setelah mengalami cedera robek ligamen atau ACL. Cedera dialami Zuckerberg saat latihan seni bela diri campuran (Mixed Martial Arts/MMA).

Pria yang akrab dipanggil dengan nama Zuck itu rencananya akan berpartisipasi dalam pertarungan MMA kompetitif tahun depan. Namun, rencana itu mesti ditunda akibat cedera robek ACL di lutut.

Adapun Anterior Cruciate Ligament (ACL) merupakan ligamen yang menghubungkan tulang paha dan tulang kering.

Cedera ACL umum terjadi dalam cabang olahraga yang berhubungan dengan gerakan melompat atau mendarat seperti sepak bola, bola basket, dan lain sebagainya.

Kabar operasi ini disampaikan langsung oleh Zuckerberg lewat media sosial di bawah naungan Meta, Instagram. Dalam foto itu, terlihat Zuck sedang berbaring di ranjang pasien, kaki kirinya dibungkus oleh gips. Istri Zuckerberg, Priscilla Chan turut menemaninya.

Baca juga: Ditantang Duel pada 26 Agustus, Elon Musk Bilang Masih Sakit Punggung

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Mark Zuckerberg (@zuck)

"Ligamen ACL saya robek saat sedang latihan MMA. Saya baru saja selesai operasi lutut untuk mengganti ACL. (Saya) sangat bersyukur kepada dokter dan tim yang merawat saya," tulis Zuck lewat postingnya di Instagram.

"Saat itu saya sedang latihan untuk pertarungan MMA kompetitif yang digelar awal tahun depan. Namun, sekarang pertarungan tersebut akan ditunda," imbuhnya.

Zuckerberg pun menyampaikan bahwa ia masih menantikan duel tersebut setelah pulih. Pendiri Facebook menutup posting tersebut dengan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang memberikan dukungannya.

Pantauan KompasTekno, unggahan Zuckerberg yang diunggah pada Sabtu (4/11/2023) mendapatkan komentar dari mantan juara kompetisi MMA Ultimate Fighting Championship (UFC), Henry Cejudo. Ia menyampaikan dukungannya kepada Zuck.

"Semoga cepat sembuh, Mark!" tulisnya lewat akun dengan handle @henry_cejudo.

Baca juga: Zuckerberg: Elon Musk Tidak Serius soal Tantangan Duel

Hobi MMA

Mark Zuckerberg memang sudah memiliki kecintaan terhadap olahraga seni bela diri campuran sejak pandemi Covid-19. Adapun jenis MMA yang disukai adalah jiu jitsu, yakni seni bela diri dengan fokus pertarungan di atas lantai (ground fight).

Zuckerberg mengatakan bahwa kegiatan yang menjadi hobi tersebut mulai ia lakukan sejak pandemi Covid-19. Hobi itu juga dapat membantu meningkatkan fokus dan semangat untuk menjalani aktivitas sehari-hari.

"Setelah latihan jiu jitsu selama beberapa jam, atau bergelut bersama rekan saya atau orang lain di lantai, saya merasa bisa melawan dan menyelesaikan semua masalah yang ada di kantor," kata Zuck dalam acara siniar (podcast) The Joe Rogan Experience pada Agustus 2022.

Hobi ini pun memungkinkan Zuck untuk mendulang prestasi di turnamen jiu jitsu. Ia sukses mengamankan medali emas dalam turnamen jiu jitsu pertamanya yang dihelat pada Mei 2023.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com