Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

WhatsApp Siapkan Opsi Login Pakai E-mail, Bisa Masuk Tanpa Koneksi Seluler

Kompas.com - 07/11/2023, 11:02 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber WABetaInfo

KOMPAS.com - Aplikasi pesan instan WhatsApp tengah menyiapkan fitur baru agar pengguna bisa login atau masuk ke dalam akun WA melalui e-mail.

Keberadaan fitur ini diketahui oleh situs yang kerap memberi bocoran terbaru WhatsApp, WABetaInfo.

Menurut WABetaInfo, fitur ini memungkinkan pengguna untuk menghubungkan e-mail mereka dengan WhatsApp. E-mail tersebut nantinya akan berguna untuk mendapatkan kode verifikasi one time password (OTP) yang dibutuhkan ketika login ke akun WhatsApp.

Biasanya, kode OTP ini dikirim oleh WA melalui SMS ke nomor yang didaftarkan.

Perlu dicatat, e-mail di sini bukanlah pengganti nomor telepon atau SMS. Pengguna masih diwajibkan untuk memiliki nomor telepon ketika ingin membuat akun WhatsApp.

Akun e-mail ini akan menjadi alternatif untuk mendapatkan OTP, jika pengguna tidak memungkinkan menerima SMS.

Dengan begitu, pengguna tetap bisa mendapatkan kode verifikasi tanpa harus memanfaatkan pesan SMS yang membutuhkan koneksi seluler. Kode OTP akan diberikan via e-mail yang bisa diakses lewat koneksi Wi-Fi.

Sebelumnya, kode OTP memang hanya dikirim via SMS saja. Artinya, pengguna mesti terhubung dengan koneksi seluler jika ingin menerima kode OTP dan login akun WA. Kini, e-mail menjadi alternatif yang bisa digunakan.

Baca juga: WhatsApp Bakal Sediakan Foto Profil Cadangan untuk Kontak Tak Dikenal

Fitur ini masih dalam tahap uji coba bagi pengguna WhatsApp Beta di platform iOS versi 23.23.1.77 dan Android versi 2.23.24.10.

Dalam tangkapan layar (screenshot) yang dibagikan oleh WABetaInfo, fitur ini terletak di menu baru di bawah "Account Section" (Bagian akun). Di sini, pengguna bisa mendaftarkan e-mail mereka lewat kolom yang sudah disediakan.

WhatsApp sedang mempersiapkan fitur baru yang memungkinkan pengguna login akun via e-mailWABetaInfo WhatsApp sedang mempersiapkan fitur baru yang memungkinkan pengguna login akun via e-mail
Di bagian bawah, terdapat teks berwarna hijau bertuliskan "Verified". Pengguna dapat memverifikasi e-mail dengan menekan tombol "Verify email" yang muncul begitu pengguna mengisi kolom tersebut.

Terdapat pula keterangan yang berbunyi "E-mail helps you access your account. It isn't visible to others" (E-mail membantu Anda mengakses akun Anda. E-mail tidak dapat dilihat pengguna lain).

Artinya, e-mail pengguna tetap dirahasiakan dan hanya digunakan untuk keperluan login.

Pantauan KompasTekno, fitur login via e-mail ini belum tersedia di aplikasi WhatsApp Beta yang kami gunakan. WABetaInfo sendiri mengeklaim bahwa fitur ini nantinya akan digelontorkan untuk lebih banyak pengguna.

Oleh karena itu, pengguna yang ingin mencoba fitur terbaru ini sebaiknya mengecek ketersediaan fitur di WhatsApp Beta secara berkala. Alternatifnya, pengguna bisa menunggu kehadiran fitur ini ketika dirilis resmi untuk semua pengguna.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com