Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mengembalikan Tampilan Status WA seperti Semula Setelah Ada Saluran

Kompas.com - 24/10/2023, 12:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Pengguna kiranya perlu untuk mengetahui cara mengembalikan tampilan status WA (WhatsApp) seperti semula setelah ada saluran. Beberapa pengguna mungkin bakal terganggu dengan tampilan saluran WhatsApp.

Sebagai informasi, beberapa waktu lalu WhatsApp menambahkan fitur saluran atau channel di aplikasi perpesanannya. Fitur saluran WhatsApp atau channel WhatsApp ini memungkinkan pengguna mendapat informasi terkini dari akun yang diikutinya.

Baca juga: 2 Cara Mengatasi Nomor WA yang Diblokir WhatsApp sesuai Prosedur

Kehadiran saluran WhatsApp telah mengubah tampilan aplikasi WhatsApp, terutama tampilan pada status. Channel WhatsApp terletak pada menu pembaruan WhatsApp yang hadir menggantikan menu status.

Di menu pembaruan WhatsApp, pengguna bakal menjumpai dua fitur sekaligus, yakni daftar channel WhatsApp dan daftar status WA. Jika pengguna menambahkan akun channel, tampilan daftar status WA bakal berubah jadi menyamping mirip daftar Story di Instagram.

Tampilan daftar status WA yang berubah jadi menyamping setelah ada saluran itu dapat dilihat lebih jelas pada gambar di bawah ini.

Tampilan daftar status WhatsApp yang berubah jadi hroizontal mirip IG Story karena terdapat menu Saluran.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Tampilan daftar status WhatsApp yang berubah jadi hroizontal mirip IG Story karena terdapat menu Saluran.

Sebelum ada saluran, sebagaimana yang cukup umum diketahui, daftar status WA tersusun vertikal. Perubahan tampilan status WA menjadi menyamping setelah ada saluran itulah yang barangkali dapat cukup mengganggu pengguna.

Pasalnya, tampilan daftar status WA bisa menjadi kurang lega karena dipenuhi akun channel. Dengan demikian, pengguna yang cuma ingin melihat status WA mungkin bakal terganggu dengan keberadaan daftar saluran dan isi pesannya.

Bila terganggu, pengguna sejatinya bisa mengembalikan tampilan status WA seperti semula yang tersusun vertikal dan cukup lega untuk dipandang. Lantas, bagaimana cara mengembalikan tampilan status WA seperti semula?

Cara mengembalikan tampilan status WA seperti semula

Cara mengembalikan tampilan status WA seperti semula setelah ada saluran atau channel itu cukup mudah. Pengguna hanya perlu menghapus semua akun channel yang telah diikuti menu pembaruan WhatsApp dan tampilan status WA bakal kembali seperti semula.

Adapun penjelasan mengenai cara mengembalikan tampilan status WA seperti semula setelah ada saluran adalah sebagai berikut:

  • Klik menu pembaruan WhatsApp.
  • Jika sebelumnya telah mengikuti (follow) akun saluran WhatsApp maka bakal muncul kolom daftar channel yang berada tepat di bawah daftar status pada menu pembaruan WhatsApp.
  • Pada daftar channel yang diikuti, klik dan buka ruang obrolan akun saluran yang hendak dihapus.
  • Pada ruang obrolan akun saluran itu, klik ikon titik tiga dan pilih opsi “Batal Mengikuti”.
  • Setelah klik opsi tersebut atau di-unfollow, akun saluran bakal terhapus dari daftar saluran dan pengguna tak bakal mendapat kiriman informasi atau pesan lagi darinya.
  • Kemudian ketika semua akun saluran sudah di-unfollow, tampilan daftar status WA bakal kembali seperti semula dan bisa dilihat dengan lebih lega lagi.

Ilustrasi cara menghapus saluran WhatsApp untuk mengembalikan tampilan status WA.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara menghapus saluran WhatsApp untuk mengembalikan tampilan status WA.

Cukup mudah bukan cara mengembalikan tampilan status WA seperti semula setelah ada saluran? Dengan cara di atas, pengguna tak akan terganggu lagi dengan tampilan saluran di WhatsApp. Pengguna jadi bisa melihat daftar status WA dengan tampilan yang lebih lega.

Demikianlah penjelasan lengkap mengenai cara mengembalikan tampilan status WA seperti semula setelah ada saluran dengan menghapus semua akun channel yang diikuti di menu pembaruan WhatsApp.

Sebagai informasi tambahan, tidak semua pengguna mungkin telah mengerti soal fitur saluran WhatsApp atau channel WhatsApp ini. Jika tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, berikut adalah penjelasan mengenai apa itu saluran WhatsApp.

Baca juga: Apakah Orang yang Diblokir di WhatsApp Bakal Tahu? Begini Penjelasannya

Fitur channel WhatsApp

Saluran WhatsApp atau channel WhatsApp merupakan fitur baru yang memungkinkan pengguna untuk mengikuti atau follow kanal informasi dari akun terverifikasi bercentang hijau dari berbagai wilayah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com