Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Rilis iOS 17.1.1, Atasi Masalah Apple Pay dan NFC di iPhone

Kompas.com - 08/11/2023, 14:02 WIB
Oik Yusuf,
Caroline Saskia

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Apple merilis pembaruan untuk sistem operasi iOS 17 dan iPadOS 17, yakni iOS 17.1.1 dan iPadOS 17.1.1, Selasa (7/11/2023). Update tersebut bukan menghadirkan fitur baru, melainkan ditujukan untuk memperbaiki bug yang ada pada iPhone dan iPad.

Dalam halaman Apple Support, disebutkan bahwa update iOS dan iPad versi 17.1.1 menambal bug fitur Apple Pay dan NFC di iPhone, berikut bug widget cuaca (Weather) di iPad.

Apple menjelaskan pembayaran menggunakan Apple Pay dan fitur NFC mengalami masalah setelah pengguna melakukan pengisian daya nirkabel di kendaraan mobil tertentu.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Apple Insider, Rabu (8/11/2023), masalah di atas muncul setelah pengguna melakukan pengisian daya wireless iPhone 15 di beberapa model mobil buatan BMW dan Toyota Supra.

Baca juga: Apple Tambal Bug di iOS 16 dan iOS 15, Pemilik iPhone Lawas Wajib Update

Pengguna iPhone diimbau untuk tidak menggunakan pengisian daya wireless di mobil-mobil tersebut untuk sementara waktu, sampai Apple menggelontorkan update untuk memperbaiki bug dimaksud.

Pengguna iPhone 15 juga dilaporkan mengalami masalah ketika ingin melakukan pembayaran menggunakan Apple Pay. Ponsel menampilkan tulisan “Could not set up Apple Pay”.

Sementara itu, untuk iPad, bug-nya adalah tidak dapat menampilkan ikon salju dengan benar di layar kunci (lock screen). Widget Weather hanya muncul sebagai file/folder kosong saja.

Bedasarkan pantauan KompasTekno, Rabu (8/11/2023), pengguna iPad di Indonesia sudah bisa mengunduh iPadOS 17.1.1. Caranya adalah dengan mengunjungi menu Settings, pilih "General" dan klik “Software Update”.

Perangkat Anda akan menampilkan update yang bisa diunduh oleh pengguna. Klik “Update Now”. Pastikan koneksi jaringan internet Anda stabil. Tunggu sesaat dan perangkat akan otomatis melakukan update.

Uji coba sistem operasi iOS 17.2, ada fitur-fitur baru

Diperkirakan, seri iPhone 15 masuk ke Indonesia pada rentang waktu akhir Oktober 2023 atau awal November 2023. dok. appleinsider.com Diperkirakan, seri iPhone 15 masuk ke Indonesia pada rentang waktu akhir Oktober 2023 atau awal November 2023.
Selain merilis iOS 17.1.1, Apple dilaporkan tengah menguji coba iOS 17.2 yang bakal dirilis pada Desember mendatang untuk menghadirkan sejumlah fitur dan peningkatan baru.

Update iOS 17.2 disinyalir menghadirkan Journal, yakni aplikasi yang memungkinkan pengguna merekam aktivitas seperti mencatat ide yang muncul dalam satu hari. Pengguna dapat menulis ide dengan menyertakan file gambar, rekaman suara, hingga tag lokasi.

Fitur lainnya, pelanggan Apple Music dimungkinkan membuat daftar putar bersama-sama dengan pengguna lain. Pengguna lain bisa bergabung lewat tautan/kode QR yang dibagikan.

Adapun tombol Action Button di iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max bakal menawarkan pintasan baru, yakni Translate.

Baca juga: iOS 17 Bisa Bantu Jaga Kesehatan Mata, Begini Cara Aktifkan Fiturnya

Dengan tap and hold (menekan dan menahan) tombol Aksi, iPhone 15 Pro dan Pro Max akan memunculkan jendela “Terjemahkan” di atas layar. Fitur "Translate" tersebut akan otomatis mendengarkan teks yang sedang diucapkan.

iOS 17.2 juga dikabarkan akan menghadirkan pilihan widgets cuara dan jam yang lebih beragam, pilihan gestur serta gambar bentuk tubuh yang lebih detail di fitur Memoji, dan masih banyak lagi.

Apple juga dikabarkan sedang bersiap merilis pembaruan watchOS untuk arloji pintar Apple Watch. Salah satu update-nya adalah memperbaiki kualitas baterai.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com