Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal IP Rating di HP dan Maknanya

Kompas.com - 08/11/2023, 14:44 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - Pengguna gadget masa kini pasti pernah melihat IP rating di lembar spesifikasi ponsel. Biasanya berupa dua huruf kapital "I" dan "P" diikuti dua angka.

"IP" merupakan singkatan dari "Ingress Protection" alias proteksi rembesan, dalam hal ini mengacu pada masuknya partikel padat seperti debu atau benda cair seperti air ke perangkat.

Jadi, ponsel dengan IP rating telah diuji dan dinyatakan tahan terhadap rembesan debu atau air sampai tahap tertentu yang dijelaskan oleh dua angka di belakang. Berikut ini penjelasannya, seperti dihimpun KompasTekno dari laman IEC, Rabu (7/11/2023).

Sejarah rating IP

Standar IP rating ditentukan oleh lembaga standarisasi internasional bernama International Electrotechnical Commission atau disingkat IEC.

Aneka standar IEC bukan hanya diterapkan di bidang gadget dan perangkat elektronik saja, tapi juga berbagai jenis produk teknologi lain mulai dari home appliance, semikonduktor, kabel serat optis, hingga nanotechnology.

Baca juga: Kamera Tangguh OM System Tough TG-7 Tahan Air, Tahan Jatuh, dan Tahan Beku

IEC yang berkantor pusat di Jenewa, Swiss, antara lain ikut bertanggung jawab mengembangkan standar pengukuran gauss (untuk induksi magnet) dan hertz (untuk frekuensi).

Nah, standar IP rating diatur dalam dokumen IEC 60529 yang disusun oleh IEC Technical Committee 70. Di dalamnya terdapat penjelasan mengenai standar pengujian yang harus dilakukan untuk menentukan apakah perangkat memenuhi persyaratan rating IP.

Susunan kode IP

Seperti disebut sebelumnya, dua angka di belakang singkatan "IP" menjelaskan tingkat kekedapan perangkat terhadap rembesan benda padat dan cair.

Angka pertama mengacu pada kekedapan terhadap benda padat seperti debu, sementara angka kedua menyatakan tingkat kekedapannya terhadap benda cair.

Contoh rating gabungan kekedapan terhadap partikel padat dan cair yang banyak ditemukan di ponsel misalnya "IP55" atau "IP68".

Semakin tinggi kedua angka tersebut atau salah satunya, maka makin tinggi pula tingkat kekedapannya. Urutannya mulai dari "0" alias tidak ada kekedapan sama sekali, baik untuk benda padat maupun cair.

Angka tertinggi untuk kekedapan terhadap benda padat adalah "6" yang berarti "dust tight" alias sama sekali tidak bisa dimasuki oleh debu.

Baca juga: Microsoft Project Silica Simpan Data 7 TB di Kaca, Tahan hingga 10.000 Tahun

Untuk kekedapan benda cair, angka tertingginya adalah "9" yang maknanya tahan terhadap semburan air bertekanan dan bersuhu tinggi dari segala arah. Pengujian untuk masing-masing angka rating dirinci lagi sesuai dengan persyaratan.

Misalnya, untuk rating kekedapan "9" terhadap benda cair, pengujiannya mesti menggunakan semburan air dengan volume 14-16 liter per menit dengan tekanan 8–10 MPa (80–100 bar) dalam jarak 0,10–0,15 meter dan suhu 80 derajat Celsius.

Rating kekedapan "8" yang lebih rendah dan umum diterapkan di ponsel punya persyaratan lebih ringan. Biasanya berupa rendaman di air dengan kedalaman dan durasi waktu yang disepakati terlebih dahulu.

Selain angka, ada juga huruf "X" yang menandakan bahwa perangkat belum memiliki data kekedapan terhadap partikel benda padat atau cair.

Selengkapnya, penjelasan kode IP rating dan maknanya dapat dilihat dalam tabel di bawah.

Rating IP pada HP dan maknanya

Kekedapan terhadap partikel benda padat

Rating

Makna

0 Tidak ada proteksi.
1 Proteksi terhadap benda padat dengan diameter lebih dari 50 mm, misalnya bagian tubuh yang berukuran besar.
2 Proteksi terhadap benda padat dengan diameter 12,5 mm atau lebih dan panjang tak lebih dari 80 mm, misalnya jari tangan.
3 Proteksi terhadap benda padat dengan diameter 2,5 mm atau lebih, misalnya peralatan seperti obeng.
4 Proteksi terhadap benda padat dengan diameter 1 mm atau lebih, misalnya kawat atau semut besar.
5 Proteksi terhadap debu, tetapi tidak sepenuhnya. Jumlah debu yang bisa masuk harus tidak mengganggu kerja perangkat yang bersangkutan.
6 Proteksi sepenuhnya terhadap debu. Rating ini mensyaratkan pengujian di kondisi vakum dengan durasi hingga 8 jam.

Kekedapan terhadap benda cair

Rating

Makna

0 Tidak ada proteksi.
1 Proteksi terhadap tetesan air yang jatuh secara vertikal ke perangkat, ekuivalen dengan 1 mm air hujan per menit.
2 Proteksi terhadap tetesan air saat perangkat dimiringkan 15 derajat ke sudut manapun, ekuivalen dengan 3 mm air hujan per menit selama total 10 menit.
3 Proteksi terhadap semprotan kecil air (spray) dengan sudut hingga 60 derajat dari sumbu vertikal, dengan volume 10 liter per menit, tekanan 50–150 kPa (7.3–21.8 psi), dan durasi 1 menit per meter persegi selama setidaknya 5 menit.
4 Proteksi terhadap cipratan air dari arah manapun. Pengujian dilakukan dengan tabung berosilasi selama 10 menit.
5 Proteksi terhadap semburan air dari arah manapun. Pengujian dilakukan dengan volume air 12,5 liter per menit dengan tekanan 30 kPa (4.4 psi) dari jarak 3 meter selama 1 menit per meter persegi dengan durasi total setidaknya 3 menit.
6 Proteksi terhadap semburan air (jet) kuat dari arah manapun. pengujian dilakukan dengan volume air 100 liter per menit dengan tekanan 100 kPa (15 psi) dari jarak 3 meter selama 1 menit per meter persegi dengan durasi total setidaknya 3 menit.
7 Proteksi terhadap rendaman sementara di air sesuai kondisi tekanan dan durasi yang disepakati, hingga kedalaman 1 meter. Pengujian dilakukan dengan titik terendah perangkat berada 1.000 mm di bawah permukaan air, atau titik tertingginya 150 mm di bawah permukaan air (tergantung mana yang lebih dalam), selama 30 menit.
8 Proteksi terhadap rendaman terus menerus di air dengan kondisi yang ditentukan pembuat perangkat, tapi harus lebih berat dari persyaratan rating 7, dengan kedalaman air umumnya hingga 3 meter.
9 Proteksi terhadap semburan kuat air (jet) dengan tekanan dan temperatur tinggi dari jarak dekat. Pengujian dilakukan dengan volume air 14-16 liter per menit dengan tekanan 8–10 MPa (80–100 bar) dalam jarak 0,10–0,15 meter dan suhu 80 derajat Celsius, selama 30 detik dari masing-masing sudut dengan total 4 sudut dan durasi 2 menit.

Baca juga: Video Galaxy Z Fold 5 dan Z Flip 5 Dibanting dan Direndam Air dalam Uji Ketahanan

Satu hal yang meski diingat, meskipun memiliki IP rating, bukan berarti perangkat sepenuhnya kebal terhadap kondisi seperti dijelaskan oleh sertifikasi tersebut karena kondisi di dunia nyata berbeda dari situasi di lab pengujian.

Misalnya, membawa ponsel berenang tidak dianjurkan karena gelombang air di kolam menyebabkan perbedaan tekanan. Air laut yang mengandung garam bisa menyebabkan karat yang merusak konektor USB atau komponen berbahan logam lain yang terekspos.

Kemudian, seiring waktu, bahan sealant yang digunakan untuk mengedapkan perangkat juga mengalami penuaan sehingga dapat mengurangi tingkat ketahanannya.

Jadi, IP rating di ponsel sifatnya hanya untuk mengamankan perangkat dari kondisi yang tidak disengaja saja. Misalnya, jika kehujanan atau terjatuh ke air yang tak terlalu dalam, ponsel masih bisa berfungsi dengan normal.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com