Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

WhatsApp Kini Bisa Sembunyikan Alamat IP Pengguna Saat Voice Call

Kompas.com - 09/11/2023, 13:55 WIB
Oik Yusuf,
Caroline Saskia

Tim Redaksi

Sumber GSM Arena

KOMPAS.com - Platform perpesanan instan WhatsApp memperkenalkan fitur baru yang memungkinkan pengguna menyembunyikan alamat Internet Protocol alias IP perangkat saat melakukan panggilan suara (voice call).

Alamat IP adalah serangkaian nomor unik yang berfungsi sebagai identitas sebuah perangkat di internet atau jaringan lokal. Layaknya nomor telepon rumah,IP address digunakan sebagai alamat tujuan agar perangkat-perangkat di internet bisa saling berkirim data.

“Alamat IP bisa mengandung informasi penting bagi sebagian pengguna yang sadar akan keamanan data pribadi, seperti lokasi geografis dan penyedia internet, dan sebagainya,” jelas Meta, perusahaan Induk WhatsApp, dalam keterangan di situsnya.

Baca juga: WhatsApp Siapkan Iklan dan Sistem Berlangganan di Saluran

Dengan fitur baru WhatsApp, baik pembuat maupun penerima panggilan voice call sama-sama tidak bisa melihat alamat IP lawan bicaranya. Keamanan pun meningkat karena informasi-informasi yang potensial digali dari alamat IP tadi jadi tak bisa didapatkan.

Saat menggunakan fitur untuk menyembunyikan alamat IP, panggilan suara akan dialihkan ke server WhatsApp dulu sebelum diteruskan ke perangkat tujuan, alih-alih koneksi langsung antar perangkat alias peer-to-peer. Meta Saat menggunakan fitur untuk menyembunyikan alamat IP, panggilan suara akan dialihkan ke server WhatsApp dulu sebelum diteruskan ke perangkat tujuan, alih-alih koneksi langsung antar perangkat alias peer-to-peer.

Cara kerjanya adalah dengan menggunakan server WhatsApp sebagai perantara perangkat yang melakukan voice call, alih-alih melakukan koneksi langsung antar device atau peer-to-peer (P2P), seperti umumnya panggilan suara di WhatsApp atau layanan lain.

Di saat yang sama, panggilan suara yang dialihkan ke server  WhatsApp Server juga dilindungi sistem enkripsi ujung ke ujung (E2E Encryption) sehingga pihak WhatsApp sendiri pun tak dapat mengetahui isi pembicaraan pengguna.

Baca juga: WhatsApp Siapkan Opsi Login Pakai E-mail, Bisa Masuk Tanpa Koneksi Seluler

Satu kekurangannya, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari GSM Arena, Kamis (9/11/2023), adalah fitur menyembunyikan IP ini bisa mengurangi kualitas panggilan suara karena kecepatan transfer datanya lebih lambat dari koneksi P2P.

Cara menyembunyikan alamat IP saat voice call WhatsApp

Pantauan KompasTekno, Kamis (9/11/2023), fitur ini sudah tersedia di Indonesia untuk WhatsApp Android versi 2.23.23.78. Pengguna dapat mengaktifkannya dengan mengunjungi menu "Settings", klik "Privacy", lalu gulir layar sampai menemukan tulisan “Advanced”.

Tangkapan layar (screenshot) dari fitur baru WhatsApp yang memungkinkan pengguna menyembunyikan alamat IP, ketika melakukan panggilan di WhatsAppKOMPAS.com/Caroline Saskia Tanoto Tangkapan layar (screenshot) dari fitur baru WhatsApp yang memungkinkan pengguna menyembunyikan alamat IP, ketika melakukan panggilan di WhatsApp

Dalam menu “Advanced”, akan ditemukan tulisan “Protect IP address in calls”. Anda tinggal menggeser toggle di sebelah kanan untuk mengaktifkannya.

Baca juga: 2 Cara Mengganti Tema WhatsApp, Mudah Tanpa Aplikasi Tambahan

Beberapa waktu lalu, tepatnya pada Juni 2023, WhatsApp sempat menggelontorkan fitur keamanan lain terkait voice call, yaitu “Silence Unknown Callers” (bisukan penelepon tidak dikenal).

Seperti namanya, fitur ini akan membuat ponsel pengguna tidak berdering ketika menerima panggilan suara WhatsApp dari nomor tak dikenal atau nomor yang tidak disimpan di daftar kontak.

Namun, panggilan nomor tidak dkenal tetap akan muncul di bilah notifikasi pengguna dan tab “Calls” di WhatsApp. Silence unknown callers membantu menyaring telepon spam, penipuan, dan panggilan dari orang tidak dikenal secara otomatis guna meningkatkan perlindungan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com