Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siap-siap, Backup Chat WA di Android Tak "Gratis" Lagi

Kompas.com - 15/11/2023, 11:28 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Google mengubah kebijakan untuk platform perpesanan WhatsApp (WA) di ponsel Android. Kebijakan ini berkenaan dengan penggunaan ruang backup chat WA di Google Drive

Seperti diketahui, pengguna WA bisa mem-backup riwayat chat di Google Drive agar tidak hilang dan bisa mudah dipindahkan saat berganti ponsel.

Dalam halaman Support, Google mengumumkan bahwa backup chat WhatsApp di Android tidak akan gratis "kuota" penyimpanan Google Drive lagi mulai akhir 2023.

Selama ini, pencadangan pesan WhatsApp Android di Google Drive terbilang spesial karena tidak memakan kuota penyimpanan, baik Google cloud gratisan (15 GB) maupun berlangganan Google One (>100 GB).

Dengan kebijakan baru ini, ketika pengguna melakukan backup chat ke Google Drive, kuota penyimpanan awan (cloud) akun Google pengguna akan ikut terpakai. Hal ini sama seperti ketika pengguna melakukan backup chat di WhatsApp iOS. 

Menurut Google, kebijakan pencadangan chat WA yang baru ini akan diterapkan pertama kali ke pengguna WhatsApp Beta mulai Desember 2023. Kemudian, kebijakan ini secara bertahap berlaku untuk seluruh pengguna WhatsApp di Android mulai awal tahun 2024.

Dengan demikian, jika chat yang di-backup dalam jumlah besar, maka ruang penyimpanan Google Drive pengguna juga akan cepat menipis.

Jika tidak cukup, mau tidak mau pengguna harus membayar biaya langganan Google One per bulan untuk mendapat kapasitas penyimpanan yang lebih besar.

Saat ini, WhatsApp masih menyediakan lima opsi pencadangan chat "gratis kuota" ke Google Drive, yakni "Never" (tidak pernah), "only when I tap "Back up" (hanya ketika saya klik cadangkan), "daily" (harian), "weekly" (mingguan), dan "monthly" (bulanan).

Fitur backup WhatsApp ini bisa diakses lewat "Settings" > "Chats" > "Chat backup".

Baca juga: Aplikasi WhatsApp Khusus MacOS Sudah Ada di App Store Indonesia

cara backup chat WhatsAppKompas.com/soffyaranti cara backup chat WhatsApp
Besaran file backup chat WA 

Dengan mengaktifkan fitur backup, chat di WA, termasuk foto yang dikirim dan diterima dari WA akan disimpan ke Google Drive.

Pengguna harus mengaktifkan secara manual "include videos" untuk turut mencadangkan video di WA, tapi ukuran file cadangan WA akan bertambah besar.

Setelah dicadangkan, pengguna bisa memulihkan chat dan media ketika menginstal ulang WhatsApp di HP baru.

Bila tidak mengaktifkan fitur backup, seluruh riwayat pesan dan media WhatsApp bakal hilang ketika pengguna mengganti ponselnya dengan yang baru.

Besaran file backup chat WhatsApp berbeda-beda setiap pengguna.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com