Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Produk Teknologi Unik yang Dipamerkan di Sharp Tech Day 2023

Kompas.com - 16/11/2023, 15:28 WIB
Yudha Pratomo,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

TOKYO, KOMPAS.com - Perusahaan elektronik asal Jepang, Sharp, akan menggelar pameran teknologi "Sharp Tech Day" pada 10 - 12 November 2023. Dalam ajang ini, Sharp akan memamerkan inovasi dan teknologi yang dibuat perusahaan.

Acara yang mengusung tema "Be a Game Changer" ini digelar di Tokyo Big Sight, Tokyo, Jepang. Jurnalis KOMPAS.com Yudha Pratomo, turut hadir dalam acara ini atas undangan Sharp Indonesia.

Dalam area Sharp Tech Day 2023 ada sejumlah booth yang digunakan untuk memamerkan teknologi dan inovasi hasil kreasi Sharp. Teknologi tersebut dituangkan dalam produk purwarupa alias prototipe.

Berikut ini adalah beberapa produk unik yang KompasTekno temukan di Sharp Tech Day 2023.

1. Mesin cuci daur ulang, sekali isi air bisa 100 kali cuci

Salah satu produk menarik yang dipamerkan di Sharp Tech Day 2023 adalah mesin cuci daur ulang air. Mesin ini cukup diberi air satu kali dan bisa digunakan hingga 100 kali cuci. KOMPAS.com/Yudha Pratomo Salah satu produk menarik yang dipamerkan di Sharp Tech Day 2023 adalah mesin cuci daur ulang air. Mesin ini cukup diberi air satu kali dan bisa digunakan hingga 100 kali cuci.

Mesin cuci ini dirancang untuk irit air. Mesin cuci cukup diisi air satu kali saja untuk dipakai berulang kali.

Menurut pihak Sharp, purwarupa mesin cuci ini dapat menampung maksimal sebanyak 50 liter air yang ditempatkan di tangki yang berada di bagian bawah mesin cuci.

Tangki tersebut berisi sejumlah lapisan filter yang berfungsi untuk menyaring air kotor.

Ketika mesin cuci digunakan, air dari tangki akan masuk melalui saluran pertama. Setelah selesai, air yang keluar dari saluran pembuangan mesin cuci, akan masuk ke dalam tangki melalui filter untuk disaring Dengan demikian, air yang ada di dalam tangki bisa digunakan berulang kali.

Baca juga: Sharp Pamer Mesin Cuci Daur Ulang, Sekali Isi Air Bisa 100 Kali Cuci

2. Televisi AI hemat listrik

Produk menarik selanjutnya yang dipamerkan Sharp adalah televisi irit daya. Televisi ini bisa mengecilkan ukuran gambar saat pengguna tidak menyaksikan acara TV. Ini diklaim bisa membuat televisi tersebut lebih hemat listrik. KOMPAS.com/Yudha Pratomo Produk menarik selanjutnya yang dipamerkan Sharp adalah televisi irit daya. Televisi ini bisa mengecilkan ukuran gambar saat pengguna tidak menyaksikan acara TV. Ini diklaim bisa membuat televisi tersebut lebih hemat listrik.

Produk berikutnya adalah televisi yang dibekali dengan kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) untuk menghemat listrik.

Sharp merancang purwarupa televisi yang bisa mendeteksi arah pandangan pengguna, menggunakan bantuan kamera mungil di atas layar, dan AI.

Saat TV menyala, namun penonton mengalihkan pandangannya untuk melakukan hal lain, seperti main HP, TV akan menyesuaikan ukuran gambar yang ditampilkan, misalnya menjadi lebih kecil, layar di sekeliling gambar layar yang kecil juga menjadi gelap.

Menurut Sharp, dengan mengecilkan gambar serta meredupkan sekeliling, panel TV menjadi lebih hemat listrik, karena daya yang dibutuhkan menjadi lebih sedikit.

Saat pengguna kembali mengarahkan perhatiannya ke layar televisi, ukuran gambar akan kembali menjadi normal. Televisi purwarupa Sharp ini juga bisa memantau jumlah energi yang digunakan menggunakan AI.

Baca juga: Sharp Pamer Prototipe TV AI Hemat Listrik

Halaman Berikutnya
Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com