Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tecno Spark 20C Rilis dengan Fitur "Dynamic Island" ala iPhone

Kompas.com - 22/11/2023, 09:30 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber Gizmochina

KOMPAS.com - Produsen smartphone Tecno resmi meluncurkan ponsel murah (entry-level) terbarunya di pasar global yaitu Tecno Spark 20C. Sesuai namanya, ponsel ini merupakan penerus dari Tecno Spark 10C yang diperkenalkan sekitar Maret lalu.

Sebagai generasi yang lebih anyar, Tecno Spark 20C hadir dengan pembaruan lubang kamera alias punch hole yang terletak di tengah atas layar. Sebelumnya, Tecno Spark 10C masih menggunakan "poni" konvensional bergaya ala tetesan air (waterdrop).

Berkat punch hole, Tecno Spark 20C bisa dibekali dengan fitur poni dinamis yang mirip dengan fitur Dynamic Island di iPhone 14 Pro.

Poni tersebut diberi nama Dynamic Port dan dapat berubah ukuran menyesuaikan aktivitas pengguna.

Dengan Dynamic Port, lubang punch hole nantinya akan berubah memanjang ke kanan dan kiri ketika menerima notifikasi panggilan masuk, menunjukkan status baterai, dan sebagainya.

Baca juga: Tecno Pop 8 Resmi, HP 1 Jutaan dengan Dynamic Island ala iPhone

Masih soal layar, Tecno Spark 20C mengadopsi layar LCD 6,6 inci dengan resolusi HD Plus dan refresh rate 90 Hz.

Pada sektor kamera, ponsel ini dibekali dengan dua kamera belakang, di mana kamera utamanya memiliki resolusi 50 MP. Tidak disebutkan berapa resolusi kamera kedua, namun Tecno menyebut kamera ini sebagai kamera AI.

Fitur-fitur unggulan Tecno Spark 20C.Gizmochina Fitur-fitur unggulan Tecno Spark 20C.

Kedua kamera ini disusun secara zig-zag dengan modul LED flash, sehingga bentuknya mirip seperti jajaran iPhone terbaru untuk varian "Pro". Selain bagian belakang, bagian depan ponsel, tepatnya di lubang punch hole tadi, juga memuat kamera selfie dengan resolusi 8 MP.

Untuk sektor performa, Tecno tak mengumbar apa chipset yang dipakai Tecno Spark 20C ini. Namun, mereka menguak bahwa ponsel ini dibekali dengan dua opsi RAM 4 GB atau 8 GB, serta media penympanan (storage) 128 GB.

Fitur pendukung lainnya yang ada di ponsel ini mencakup sistem operasi Android 13, baterai berkapasitas jumbo 5.000 mAh yang mendukung pengisian cepat 18 watt, dual speaker, fingerprint, dan masih banyak lagi.

Baca juga: Poni Layar Dynamic Island iPhone Disebut Menjiplak Honor

Meski spesifikasinya sudah diumbar, Tecno belum membagikan informasi harga Tecno Spark 20C. Mereka juga belum membagikan informasi terkait ketersediaan ponsel ini di beberapa negara.

Namun yang jelas, ponsel ini nantinya akan hadir dalam sejumlah varian warna seperti Gravity Black, Mystery White, Alpenglow Gold, dan Magic Skin, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Gizmochina, Rabu (22/11/2023).

Siap meluncur di Indonesia?

Ilustrasi nilai TKDN ponsel terbaru merek Tecno di laman TKDN Kemenperin.TKDN Kemenperin Ilustrasi nilai TKDN ponsel terbaru merek Tecno di laman TKDN Kemenperin.

Kendati ketersediaannya belum pasti, ada kemungkinan Tecno Spark 20C nantinya akan masuk ke pasar Indonesia.

Sebab, ponsel baru Tecno dengan nomor model "BG7n", yang konon merupakan Tecno Spark 20C, sudah mendapatkan sertifikat Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) dari Kementerian Perindustrian (Kemenperin) dengan nilai TKDN 35,95 persen.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com