Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tecno Kenalkan Konsep HP Layar Gulung Phantom Ultimate

Kompas.com - 02/09/2023, 09:00 WIB
Caroline Saskia,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber GSM Arena

KOMPAS.com - Vendor smartphone asal China, Tecno memamerkan konsep HP layar gulung untuk smartphone-nya dalam sebuah video di YouTube. HP layar gulung yang masih prototipe itu diberi nama Phantom Ultimate.

Dalam video berdurasi satu menit itu, Tecno memperlihatkan layar ponsel Phantom Ultimte  yang dapat digulung dan dibentangkan secara horinzontal (memanjang ke samping), yang dapat memperluas ukuran layar dari 6,55 inci menjadi 7,11 inci dalam waktu satu detik.

Konsep desain ini seperti dengan Vision V yang pernah diperkenalkan Tecno pada Januari lalu. Bedanya, Phantom Ultimate mengusung konsep layar gulung saja, sedangkan Vision V mengadopsi layar gulung yang dapat dilipat.

Phantom Ultimate dilengkapi satu motor penggerak tunggal yang dapat memperluas ukuran layar. Dengan memencet tombol yang berada di kanan atas ponsel, sistem akan otomatis menggerakan motor penggerak untuk membentangkan layar smartphone ke samping.

Baca juga: Samsung Pamer Layar Gulung Rollable Flex

Menariknya, untuk mengembalikan layar ke ukuran semula, pengguna tidak lagi perlu memencet tombol di atas bodi seperti sebelumnya. Demo singkat tersebut menunjukkan pengguna dapat memerintah perangkat kembali ke ukuran semula dalam satu gestur.

Pengguna hanya perlu menggeser (slide) layar dari kiri ke kanan menggunakan tiga jari. Nantinya, sistem akan merespons gestur tersebut untuk mengembalikan layar ke ukuran semula.

Saat desain kembali tergulung, smartphone hanya memiliki ukuran 6,5 inci disertai layar tambahan di belakang punggung.

Layar tambahan tersebut berfungsi sebagai Always-on-Display (AoD). Fitur ini umumnya digunakan untuk melihat informasi waktu, persentase baterai, atau notifikasi.

Baca juga: Samsung Patenkan 3 Desain HP Layar Gulung, Begini Bentuknya

Dihimpun dari GSM Arena, seperti yang dikutip KompasTekno, Sabtu (2/9/2023), layar yang diusung berpanel LTPO AMOLED 7,11 inci dengan tingkat kerapatan piksel 388 PPI. Resolusi yang ditawarkan 2,296 x 1.596 piksel dan sudah dilengkapi color gamut DCI-P3 100 persen.

Walau punya bodi yang cukup tebal, yakni 9,93 mm, Tecno mengklaim perangkat bakal tetap nyaman dibawa dalam satu genggaman.

Tampilan belakang desain layar gulung dari Phantom UltimateYouTube/Tecno Tampilan belakang desain layar gulung dari Phantom Ultimate

Perangkat sudah dilapisi kaca pelindung yang tidak disebutkan jenis dan mereknya. Di bagian belakang, cangkang didesain bertekstur garis-garus agar bisa lebih nyaman digenggam.

Konsep Phantom Ultimate ini juga memperlihatkan dua kamera belakang dan satu lampu kilat LED. Ketiganya diposisikan vertikal dan dibenamkan langsung ke punggung.

Kendati demikian, Phantom Ultimate yang dipamerkan masih bersifat konsep. Belum ada indikasi Tecno akan meluncurkan smartphone layar gulungnya dalam waktu dekat.

Namun, update ini menunjukkan bahwa Tecnno tengah berfokus membuat smartphone layar gulung. Sebab, sejauh ini perusahaan sudah memamerkan dua konsep desain ponsel berlayar gulung dan lipat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com