Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kasus Casetify Jiplak Dbrand Melebar Libatkan iFixit

Kompas.com - 28/11/2023, 14:30 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Pabrikan aksesori casing gadget kenamaan, Casetify kini tengah menghadapi tuntutan hukum terkait tuduhan pencurian kekayaan intelektual untuk desain "kulit" (skin) dan casing ponsel.

Yang terbaru, Casetify dituduh meniru desain casing ala "X-Ray" buatan iFixit, komunitas yang gemar membongkar dan melakukan perbaikan berbagai perangkat gadget dan elektrobik lainnya.

Hal tersebut diungkap Dbrand lewat sebuah thread di X/Twitter pada Sabtu (25/11/2023). Dbrand menuduh Casetify tak hanya menjiplak desain bikinannya, tapi juga desain casing X-Ray dari iFixit.

Perlu diketahui, Dbrand adalah pabrikan skin dan casing gadget yang lebih dulu buka suara dan menuntut Casetify soal pencurian kekayaan intelektual untuk desain "kulit" (skin) dan casing "Teardown" dan "X-Ray".

Baca juga: Pabrikan Skin Gadget Dbrand Gugat Pesaingnya, Tuding Menjiplak

Perusahaan skin dan casing Casetify digugat oleh Dbrand, dituduh menjiplan desain casing Teadown Dbrand untuk produk Inside Out Casetify. Casetify kini menghapus jajaran produk casing Inside Out miliknya.Casetify web archive Perusahaan skin dan casing Casetify digugat oleh Dbrand, dituduh menjiplan desain casing Teadown Dbrand untuk produk Inside Out Casetify. Casetify kini menghapus jajaran produk casing Inside Out miliknya.

Skin dan casing "Teardown" dan "X-Ray" di sini merujuk pada desain casing gadget yang menampilkan bagian internal perangkat, sehingga ponsel, tablet, laptop seolah-olah memiliki punggung yang transparan.

Padahal kenyataannya, itu hanya stiker vinil atau casing tempat pengguna melapisi sisi punggung ponsel.

Khusus, casing model X-Ray, desainnya menampilkan bagian internal seperti di-radiasi dengan sinar X. Hasilnya mirip seperti hasil pemeriksaan x-ray atau rontgen untuk keperluan medis.

Dalam thread Dbrand, Casetify memiliki produk bernama "X-Ray Case" untuk iPhone, yang dibanderol 112 dollar AS atau sekitar Rp 1,7 juta. Dbrand menyebutkan bahwa desain casing X-Ray Case dari Casetify itu merupakan hasil jiplakan dan modifikasi dari gambar bagian internal iPhone X 2017 di laman teardown milik iFixit.

Dbrand pun menyertakan video ilustrasi pendek bagaimana Casetify menjiplak dan memodifikasi gambar internal iPhone X iFixit menjadi casing "X-Ray Case" seharga 112 dollar AS.

Dalam video itu, Casetify dituduh menggunakan gambar iFixit, lalu membalik gambar tersebut. Jadi, desain X-Ray Case Casetify benar-benar seperti cerminan gambar X-Ray dari iFixit tadi, hanya saja ditambahkan dengan pelindung modul kamera boba iPhone dan bumper di ujung-ujung sisi ponsel.

Saat ini, Casetify sudah menghapus produk X-Ray Case tersebut dari situsnya.

Casetify vs Dbrand

Skin dan casing Teardown milik Dbrand memiliki desain yang menampilkan bagian internal gadget.Dbrand Skin dan casing Teardown milik Dbrand memiliki desain yang menampilkan bagian internal gadget.
Sebelumnya, Dbrand sudah lebih dulu menggugat Casetify karena diyakini menjiplak desain skin dan casing "Teardwon" dari Dbrand.

Setelah meneliti gambar-gambar di situs web Casetify dan membeli beberapa produk Casetify, Dbrand menduga bahwa Casetify menyalin 117 desain berbeda dari produknya. Dbrand juga mengaku menemukan banyak manipulasi digital pada desain casing Caseitfy.

Proses pembuatan skin dan casing "Teardown" dan "X-Ray" yang memperlihatkan bagian internal perangkat disebut-sebut cukup rumit.

Baca juga: Cara Bersihkan Casing atau Softcase HP Berdasarkan Bahannya

Pertama-tama, Dbrand harus hati-hati membongkar perangkat yang ingin dibuatkan desain Teardown, entah itu iPhone 15, iPhone 14, Google Pixel 8, MacBook Pro, atau Galaxy Z Flip 5.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com