Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pro Player Geek Fam ID "Nnael" Dihukum Moonton, Dilarang Tampil di 2 Pertandingan Mobile Legends M5

Kompas.com - 06/12/2023, 13:42 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Atlet e-sports Mobile Legends dari timGeek Fam ID yaitu Manuel "Nnael" Simbolon, dijatuhi hukuman oleh Moonton. Nnael yang saat ini mewakili Indonesia di kompetisi internasional Mobile Legends M5 World Championship, dilarang tampil di dua pertandingan berikutnya.

Melalui akun @mpl.id.official, Moonton mengatakan bahwa Nnael dihukum karena melakukan gestur yang tidak pantas dan menghina setelah pertandingan melawan tim asal Rusia, DeusVult, di babak Group Stage M5 World Championship.

Hal ini disampaikan penyelenggara turnamen tersebut melalui pengumuman resmi yang diunggah di kanal resmi MPL Indonesia (kompetisi lokal MLBB resmi di Indonesia) di Instagram pada Selasa (5/12/2023) malam.

Geek Fam ID sendiri masih memiliki peluang lolos ke babak playoff Mobile Legends M5, sehingga Nnael akan absen di babak tersebut. 

"Kami menyadari perilaku tidak dapat diterima yang dilakukan oleh Jungler Geek Fam, Nnael, saat bertanding melawan DeusVult hari ini, 5 Desember 2023. Berdasarkan peraturan turnamen, Nnael telah melanggar aturan turnamen yang melarang peserta atau anggota tim mana pun untuk melakukan gerakan yang tidak pantas dan menghina," jelas Moonton di akun MPL Indonesia.

Baca juga: Mobile Legends Dapat Penghargaan Game E-sports Mobile Terbaik 2023

Tak menjelaskan secara rinci bagaimana atau apa jenis gerakan tak pantas yang dilakukan Nnael.

"Panitia telah memutuskan untuk menjatuhkan skorsing dua pertandingan terhadap Nnael. Kami akan memantau dengan cermat setiap skenario serupa dan memastikan semua tim diingatkan akan peraturan tentang profesionalisme," jelas Moonton.

"Kami berupaya menjunjung tinggi profesionalisme dan tidak akan menoleransi segala bentuk perilaku negatif. Kami juga mengharapkan para pemain profesional untuk mengikuti kode etik yang ketat. Mari kita saksikan pertandingan-pertandingan seru M5!," imbuh Moonton.

Dengan hukuman ini, Nnael berarti tidak boleh bermain di dua pertandingan pertama di babak penyisihan (Playoff/Knockout Stage) M5 World Championship, apabila Geek Fam ID lolos ke babak tersebut. 

Pasalnya, Geek Fam ID sudah menyelesaikan tiga jatah pertandingan di babak Group Stage M5 World Championship. Saat ini, tim tersebut sedang berada di posisi atas klasemen Group D, sehingga mereka berkesempatan untuk masuk ke babak Playoff M5 World Championship.

Geek Fam taklukkan DeusVult 2-1

Ilustrasi GeekFam yang menang lawan DeusVult di Group Stage M5 World Championship.YouTube/MPLIndonesia Ilustrasi GeekFam yang menang lawan DeusVult di Group Stage M5 World Championship.

Laga melawan tim asal Rusia DeusVult bisa dibilang merupakan laga "terpanas" Geek Fam ID sejauh ini di kompetisi M5 World Championship.

Sebab di game tersebut, mereka harus bermain di tiga game yang tersedia, dan masing-masing game cukup alot karena memakan waktu hingga 20 menit.

Game pertama sendiri dimenangkan oleh Geek Fam ID, sehingga skor menjadi 1-0. Namun di game kedua, DeusVult kembali bangkit (comeback) dan menyamakan kedudukan menjadi 1-1.

Pada game ketiga, Geek Fam ID berusaha sekuat tenaga untuk menahan dominasi dari DeusVult dalam durasi game sekitar 23 menit.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com