Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Fitur Baru di iOS 17.2, dari Diary Digital hingga Video 3D

Kompas.com - 13/12/2023, 11:01 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber TechRadar

KOMPAS.com - Apple pekan ini resmi merilis iOS 17.2 untuk para pengguna iPhone. Pembaruan (update) kali ini membawa tujuh fitur baru yang bisa didapatkan oleh pemilik iPhone yang lebih baru dari iPhone XR.

Update iOS 17.2 menghadirkan aplikasi Journal, fitur perekaman video spasial, pembaruan untuk iMessage, dan beberapa pembaruan lainnya. Beriku rincian tujuh fitur anyar di iOS 17.2, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Tech Radar, Rabu (13/12/2023).

1. Aplikasi Apple Journal

Aplikasi Journal di iOS 17.2TechRadar Aplikasi Journal di iOS 17.2
iOS 17.2 memperkenalkan aplikasi baru bernama Apple Journal. Seperti namanya, aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk menulis diary (journaling) digital seputar pengalaman sendiri dan keluh kesah yang dimiliki.

Selain teks, pengguna juga bisa menambahkan gambar, rekaman suara, tag lokasi, dan lain sebagainya. Akan tetapi, pengguna mesti mengizinkan aplikasi Journal untuk mengakses galeri gambar, kamera, mikrofon, dan lokasi.

Baca juga: Apple Rilis iOS 17.2 Bawa Aplikasi Journal

Journal dilengkapi teknologi machine learning untuk memberikan ide tulisan berdasarkan foto terbaru yang diambil pengguna, tempat yang belum lama ini dikunjungi, atau sesi olahraga yang baru saja dilakukan.

Halaman jurnal akan disinkronkan dengan layanan iCloud, sehingga pengguna dapat mengakses catatan yang dibuat di berbagai perangkat Apple yang dimiliki.

2. Perekaman video spasial 3D

Video 3D yang direkam dengan fitur perekaman video spasial bisa ditonton dengan headset AR Vision ProTechRadar Video 3D yang direkam dengan fitur perekaman video spasial bisa ditonton dengan headset AR Vision Pro
Update iOS 17.2 membawa peningkatan kamera untuk iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max, seperti kecepatan fokus kamera telefoto. Akan tetapi, peningkatan terbesar terletak pada kemampuan iPhone untuk merekam video spasial tiga dimensi (3D).

Dengan fitur ini, pengguna bisa merekam video 3D via kamera utama dan kamera ultra wide iPhone. Video ini nantinya bisa ditonton menggunakan headset augmented reality (AR) Apple, Vision Pro, yang diperkirakan meluncur awal 2024.

Baca juga: iPhone SE Generasi Pertama Kini Dianggap HP Kuno

Sementara itu, video akan terlihat normal apabila ditonton menggunakan iPhone.

Menurut Apple, pengguna bisa mendapatkan video 3D terbaik apabila merekam dengan posisi horizontal (landscape). Video ini nantinya direkam dalam resolusi 1080p pada 30 fps, dan satu menit video nantinya akan mengambil media penyimpanan (storage) 130 MB.

3. Penerjemah bahasa lewat Action Button

Action Button bisa digunakan untuk menerjemahkan bahasaMacRumors Action Button bisa digunakan untuk menerjemahkan bahasa
iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max memiliki Action Button, yakni tombol yang bisa digunakan sebagai tombol pintasan untuk membuka aplikasi sepert kamera dan senter.

Kini, Apple menambahkan fungsi Translate untuk Action Button. Ketika ditekan, poni interaktif iPhone alias Dynamic Island bisa menerjemahkan ucapan yang didengar. Jadi, pengguna tidak usah membuka aplikasi Translate untuk menerjemahkan ucapan orang lain.

Semua proses penerjemahan ini dilakukan secara lokal di perangkat berkat prosesor Neural Engine, sehingga pengguna tidak perlu khawatir suaranya diunggah ke server Apple.

4. Contact Key Verification untuk iMessage

Contact Key Verification (CKV) merupakan fitur keamanan iMessage terbaru, yang menambahkan lapisan keamanan tambahan di atas enkripsi ujung ke ujung (end to end encryption/E2EE).

Menurut Apple, fitur yang diumumkan pada Desember 2022 ini diperuntukkan bagi pengguna yang berpotensi menghadapi ancaman digital,, termasuk jurnalis, aktivis hak asasi manusia, dan pejabat pemerintahan.

Baca juga: Fitur YouTube Ini Semula Hanya di iOS, Kini Tersedia di Android

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com