Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

WhatsApp Punya Fitur "Pin", Bisa Taruh Pesan Penting Teratas di Chat Pribadi dan Grup

Kompas.com - Diperbarui 14/12/2023, 09:29 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - WhatsApp merilis fitur baru bernama "Pin". Sesuai namanya, fitur ini bisa digunakan untuk menyematkan atau menempatkan sebuah pesan WhatsApp di tempat teratas dalam jendela percakapan.

Kehadiran fitur ini diumumkan WhatsApp melalui halaman resminya. Sebelumnya, pengguna yang ingin menyematkan sebuah pesan di WhatsApp dan harus menggunakan fitur Starred Message untuk menandai berbagai pesan penting di WA.

Penggunaan fitur "Pin" ini lebih praktis dari Starred Message. Dengan "Pin", pesan atau chat akan lebih mudah ditemukan karena langsung berada di bagian atas ruang percakapan. Sementara untuk pesan yang ditandai dengan fitur Starred Message harus dicari terlebih dahulu melalui beberapa langkah.

Selain itu, fitur "Pin" yang terbaru ini juga berbeda dengan fitur "Pinned Chat" yang sudah lebih dulu hadir pada awal 2023 lalu.

Bedanya, fitur "Pin" terbaru ini berguna untuk menyematkan pesan yang dikirim seseorang dalam percakapan pribadi atau di dalam grup, sehingga pesan tersebut mudah ditemukan. Seperti gambar di bawah ini:

Ilustrasi Pin Message di WhatsApp.WhatsApp Ilustrasi Pin Message di WhatsApp.

 

Sedangkan "Pinned Message" berfungsi untuk menyematkan atau menancapkan chat prioritas agar lebih mudah diakses kapan saja dan tidak "terkubur".

Fungsi fitur "Pin" WhatsApp

 

Nah dengan fitur Pin, pesan yang disematkan di bagian paling atas jendela percakapan tersebut bisa dilihat dengan mudah.

Dalam penggunaannya, fitur ini tentunya bisa dimanfaatkan untuk beragam hal, seperti untuk menyematkan pesan yang berisi alamat rumah, jadwal suatu kegiatan, dan beragam informasi penting lainnya.

Baca juga: WhatsApp Kini Bisa Kirim Pesan Suara Rahasia, Bisa Terhapus Otomatis

Dengan kata lain, pengguna tak perlu repot-repot menggulirkan (scroll) layar mereka, atau mencari pesan tersebut dengan fitur Search, apabila ingin mencari pesan penting di suatu percakapan WhatsApp.

Hal-hal yang perlu diperhatikan ketika memakai fitur ini adalah pengguna hanya bisa menyematkan satu pesan saja untuk setiap jendela percakapan.

Kemudian, apabila ingin menyematkan suatu pesan di grup, hal ini bergantung pada peraturan yang ada di grup tersebut. Pasalnya, setiap admin grup bisa menentukan apakah anggota di dalam grupnya bisa menggunakan fitur Pin di dalam grup atau tidak.

Selain itu, pesan yang disematkan juga akan hilang dari tampilan atas jendela percakapan dalam batas waktu yang telah ditentukan pengguna, mulai dari 24 jam, 7 hari, hingga 30 hari. Dengan begitu, suatu pesan tidak bisa di-pin selamanya.

Sudah bisa dijajal di Indonesia

Ilustrasi fitur Pin di WhatsApp.Kompas.com/BILL CLINTEN Ilustrasi fitur Pin di WhatsApp.

Meta mengatakan fitur Pin ini sudah digelontorkan kepada seluruh pengguna WhatsApp di dunia secara bertahap.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com