Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bocoran Tampang iPhone 16, Kamera Mirip iPhone X dan Ada Action Button

Kompas.com - 15/12/2023, 13:15 WIB
Caroline Saskia,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber Mac Rumors

KOMPAS.com - iPhone 15 series baru saja diluncurkan Apple pada September lalu. Namun, kabar soal penerusnya yang konon bernama iPhone 16 sudah mencuat di media maya.

Sebuah gambar bocoran mengungkap wujud tiga purwarupa perangkat yang disebut dengan kode nama "DeLorean" di kalangan internal Apple. Salahsatu dari ketiga prototype ini disinyalir bakal terpilih menjadi rancangan final iPhone 16 standar alias non-Pro.

Baca juga: Ini Alasan Nunggu Beli iPhone 16 Tahun Depan

Menariknya, salah satu purwarupa terlihat memiliki desain kamera belakang yang mirip dengan iPhone X keluaran 2017 dulu, dengan dua lensa kamera yang disusun vertikal dalam satu penampang berbentuk kapsul.

Tiga protipe awal yang akan menjadi desain dari punggung iPhone 16MacRumors Tiga protipe awal yang akan menjadi desain dari punggung iPhone 16

Bagian layar iPhone 16. Desainnya masih sama seperti iPhone 15. Sama-sama dilengkapi poni dinamis ala Apple, yakni Dynamic IslandMacRumors Bagian layar iPhone 16. Desainnya masih sama seperti iPhone 15. Sama-sama dilengkapi poni dinamis ala Apple, yakni Dynamic Island

Dua prototype lainnya tampak lebih mirip dengan iPhone 15. Hanya saja, kedua kamera belakangnya disusun sejajar -bukan diagonal-dalam modul berbentuk persegi.

Jika diingat kembali, dua purwarupa yang berwarna merah jambu dan hitam ini mirip dengan iPhone 12 yang juga memiliki kamera belakang yang disusun sejajar secara vertikal, sebelum berubah menjadi diagonal mulai iPhone 13 hingga iPhone 15.

Sementara itu, tampilan ketiga purwarupa iPhone 16 dari depan terbilang masih sama dengan iPhone 16 sebelumnya. Ada Dynamic Island di bagian atas yang berbentuk kapsul dan ukurannya bisa berubah-ubah mengkuti widget aplikasi yang dijalankan.

Ada Action Button seperti iPhone versi Pro

Selain tampak depan dan belakang belakang, bocoran gambar ikut memperlihatkan sosok ketiga purwarupa perangkat yang diduga merupakan calon iPhone 16 ini. Satu hal yang paling menarik adalah keberadaan sebuah tombol baru di sebelah kedua tombol volume.

Baca juga: Bocoran Spek iPhone 16 Pro, Kamera Ultrawide Jadi 48 MP dan Layar Lebih Besar

Tombol baru tersebut disinyalir tak lain adalah Action Button, yakni tombol yang bisa digunakan sebagai pintasan untuk menjalankan fungsi atau aplikasi tertentu.

Action Button sebenarnya sudah hadir di lini iPhone 15, tapi hanya di model iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max, sementara iPhone 15 standar dan iPhone 15 Plus belum kebagian.

Apabila gambar bocoran di bawah memang benar, maka kemungkinan semua model di lini iPhone 16 nanti bakal memiliki Action Button, termasuk iPhone 16 dan iPhone 16 Plus. Sebelumnya memang sempat beredar rumor yang mengungkapkan kemungkinan tersebut.

Bocoran desain bodi kiri dari iPhone 16MacRumors Bocoran desain bodi kiri dari iPhone 16
Terlihat bahwa ketiga purwarupa perangkat memiliki desain "Action Button" berbeda. Prototype warna kuning dan merah jambu memiliki tombol berukuran kecil. Sementara, tombol pada perangkat warna hitam berukuran lebih besar dan panjang.

Desain tombol volumenya juga terlihat berbeda, yakni menyatu pada perangkat berwarna kuning dan terpisah pada perangkat merah jambu dan hitam.

Ada tombol capacitive baru

Menariknya lagi, dari bocoran gambar, selain Action Button, Apple agaknya sedang bereksperimen untuk menambah tombol baru yang bersifat capacitive alias diaktifkan dengan sentuhan, alih-alih ditekan seperti tombol fisik.

Baca juga: Bocoran Tampang iPhone 16 Pro Max, Layar Lebih Luas

Tombol capacitive itu terlihat berbentuk memanjang seperti tombol daya dan diletakkan di sisi yang sama, yakni sebelah kanan di purwarupa berwarna hitam.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari MacRumors, Jumat (15/12/2023), antena mmWave yang sebelumnya terdapat di sisi ini pun dipindah ke sisi kiri bersama dua tombol volume dan Action Button.

Desain bodi kanan iPhone 16. Warna Kuning (kiri) dan Pink (tengah) didesain serupa, sama-sama punya satu tombol daya dan antena mmWave di bawahnya. Sementara itu, desain warna Hitam (kanan) dibekali satu tombol daya dan satu tombol khusus baru, yang diyakini bernama Capture ButtonMacRumors Desain bodi kanan iPhone 16. Warna Kuning (kiri) dan Pink (tengah) didesain serupa, sama-sama punya satu tombol daya dan antena mmWave di bawahnya. Sementara itu, desain warna Hitam (kanan) dibekali satu tombol daya dan satu tombol khusus baru, yang diyakini bernama Capture Button
Adapun tombol capacitive baru yang dikenal dengan nama "Project Nova" itu disinyalir berfungsi sebagai pintasan shutter button atau tombol untuk menjepret foto ketika menggunakan aplikasi kamera.

Masih ada kemungkinan Apple tak benar-benar akan menerapkan tombol capacitive ini. Sebab, purwarupa iPhone 16 berwarna kuning dan merah jambu tak terlihat memilikinya.

Tentu saja, ketiga prototype dalam rangkaian gambar di atas pun belum tentu mewakili wujud iPhone 16 yang sesungguhnya karena masih bersifat rumor. Kepastian desain iPhone 16 agaknya baru akan diketahui menjelang acara peluncurannya di 2024 nanti.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com