Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menilik Teknologi Flexion Hinge di Oppo Find N3, Bisa Bikin Lipatan Nyaris Samar

Kompas.com - 17/12/2023, 18:08 WIB
Bill Clinten,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Oppo Find N3 hadir dengan teknologi engsel dan material engsel yang diklaim lebih tangguh dari pendahulunya Oppo Find N2.

Selain kokoh, teknologi engsel di ponsel lipat dengan metode lipatan bak "buku" ini juga bisa membuat lipatan di layar utama perangkat tersebut nyaris tak terlihat.

Hal ini berkat material engsel Flexion Hinge yang besar atau volumenya dikurangi 15 persen dari generasi sebelumnya. Dengan begitu, bentuk engsel tidak akan begitu berbekas di layar ketika Oppo Find N3 dibentangkan.

Di samping bisa membuat bekas lipatan nyaris samar, teknologi Flexion Hinge di ponsel ini juga diklaim dapat merapatkan layar utama ponsel ketika Oppo Find N3 dalam keadaan dilipat.

Sehingga, debu, material, atau partikel kecil lainnya tak mudah masuk ke celah engsel dan mengisi celah bekas lipatan layar utama.

Pada aspek ketahanan engsel, Oppo menyebut Flexion Hinge di Oppo Find N3 kini lebih kuat dari Oppo Find N2.

Baca juga: Mengabadikan Keringat eaJ dan David Bayu di Joyland Fest 2023 dengan Kamera Hasselblad Oppo Find N3

Ilusrasi engsel Oppo Find N3.Oppo Ilusrasi engsel Oppo Find N3.

Hal ini disebabkan karena engsel tersebut mengusung material besi baja yang biasa digunakan di pesawat. Bahkan, Oppo mengeklaim besi ini lima kali lebih kuat dari besi baja anti karat (stainless steel) yang ada di kebanyakan ponsel.

Ketangguhan material engsel ini membuat Oppo Find N3 mendapatkan sertifikat uji ketahanan ponsel lipat dari TUV Rheinland.

Dengan sertifikat ini, ponsel lipat tersebut terbukti kuat dan bisa dibuka tutup hingga 1 juta kali, lebih dari dua kali lipat lebih kuat dari Oppo Find N2 yang "hanya" mampu dibuka tutup hingga 400.000 kali.

Untuk kemampuan lain, engsel Flexion Hinge di Oppo Find N3 juga diklaim mampu menahan efek buka tutup ponsel sebanyak 100.000 kali di kondisi cuaca ekstrem (-20 derajat Celcius hingga 50 derajat Celcius).

Engsel ponsel lipat terbaru Oppo juga disebtu mampu menahan beragam cipratan air yang bisa mengganggu sistem kerja engsel.

Penasaran dengan ketangguhan engsel Oppo Find N3? Pengguna Indonesia yang tertarik mencoba ketangguhan engsel Flexion Hinge di Oppo Find N3 bisa membeli ponsel lipat tersebut di berbagai toko resmi Oppo dengan harga Rp 30 juta (16 GB/512 GB).

Baca juga: Oppo Find N3: Harga dan Spesifikasi di Indonesia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com