Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Senjata Rahasia" AP.Bren di Grand Final Mobile Legends M5 yang Bikin Onic Putar Otak

Kompas.com - 19/12/2023, 13:08 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tim e-sports asal Filipina, AP.Bren menjadi juara kompetisi Mobile Legends dunia M5 World Championship usai mengalahkan tim asal Indonesia, Onic Esports dengan skor 4-3.

Dalam perjalanan menjadi juara dunia Mobile Legends untuk kedua kalinya, ada satu strategi unik atau "senjata rahasi" yang kerap dipakai AP.Bren, yaitu penggunaan hero inti (core/jungler) yang memiliki karakteristik Tank.

Adapun jungler merupakan posisi terpenting di suatu tim Mobile Legends. Sebab, jungler berperan sebagai orang yang mengontrol peta (map) dan menyerang sekaligus menjebak hero musuh secara tiba-tiba.

Posisi jungler biasanya diisi oleh hero-hero dengan karakteristik Assassin yang memiliki kemampuan menyerang lebih tinggi dan bisa membasmi musuh dengan cepat dan instan.

Sementara karakter atau hero Mobile Legends yang memiliki peran Tank, biasanya memiliki "nyawa" atau hit points (HP) dan pertahanan (defense) yang cukup besar. Sehingga biasanya karakter tersebut tidak digunakan untuk menyerang, melainkan bertahan menghadapi hero musuh.

Nah, karakteristik hero Assassin yang biasanya digunakan sebagai jungler, bertolak belakang dengan hero Tank. Lantas bagaimana apakah AP.Bren selalu memakai jungler Tank sebagai strategi kemenangan mereka di M5 World Championship?

Sempat pakai jungler Assassin, tapi ...

Ilustrasi hero Nolan di Mobole Legends.Moonton Games Ilustrasi hero Nolan di Mobole Legends.

Pada awal babak Knockout Stage M5 World Championship, jungler AP.Bren, yaitu KyleTzy sebenarnya tidak menggunakan jungler berjenis Tank, melainkan berjenis Assassin.

Baca juga: AP.Bren Sabet Juara Mobile Legends M5, Onic Esports Runner-up

Hal ini dibuktikan ketika melawan tim asal Kamboja, See You Soon yang dimenangkan AP.Bren dengan skor 3-1.

Pada tiga game pertama, KyleTzy memakai hero yang bukan Tank, seperti Nolan, Guinevere, dan Nolan. Namun di game terakhir, dia memakai hero Tank Akai.

Setelah melawan See You Soon, AP.Bren kembali menggunakan hero Tank ketika melawan Geek Fam ID.

Pada pertandingan yang mereka menangkan dengan skor 3-1, mereka memakai hero core Tank berupa Baxia, Martis, Fredrinn, dan Fredrinn.

Martis di sini sebenarnya merupakan hero Fighter. Namun, ia memiliki jumlah HP yang besar sehingga bisa dibilang setara dengan Tank.

Nah, ketika melawan Onic Esports di Upper Bracket Final, AP.Bren tampaknya kembali bereksperimen menggunakan hero yang bukan berjenis Tank. Namun, mereka kalah telak dari Onic Esports dengan skor 3-0.

Dalam pertandingan ini, AP.Bren menggunakan hero Guinevere, Guinevere, dan Joy. Di sisi lain, jungler dari Onic Esports yang suka memainkan hero bertipe Assassin, yaitu Kairi menggunakan hero Assassin bernama Nolan di tiga game berturut-turut.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com