Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kabar Baik untuk Kreator, Ubah Video Panjang YouTube ke Shorts Kini Makin Gampang

Kompas.com - 21/12/2023, 12:04 WIB
Caroline Saskia,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kabar baik bagi kreator konten di YouTube. Pasalnya, YouTube baru-baru ini memperkenalkan fitur baru yang mempermudah kreator konten membuat video di YouTube Shorts.

Fitur baru ini merupakan peningkatan dari fitur “Edit into a Shorts” yang sudah diperkenalkan pada Agustus 2022.

Dengan fitur ini, kreator dapat memenggal video panjang menjadi video pendek Shorts secara lebih mudah hanya dalam beberapa langkah. Fitur baru ini juga memungkinkan kreator untuk memilih tata letak (layout) video panjang Shorts yang mau diunggah.

Berdasarkan demo singkat yang dipaparkan di kanal YouTube Creators, cara mengakses fitur ini sama seperti saat memotong cuplikan Shorts dari video panjang.

Pertama-tama, kreator mengeklik tombol “Remix”. Tombol ini sejajar dengan tombol “Like” dan “Share”, tepat di bawah video panjang yang sedang diputar. Aplikasi akan mengarahkan pengguna ke ruang editing.

Baca juga: Makin Populer, YouTube Shorts Malah Bikin Khawatir?

YouTube menghadirkan opsi Layout baru untuk memudahkan kreator mengunggah konten ShortsYouTube Creators YouTube menghadirkan opsi Layout baru untuk memudahkan kreator mengunggah konten Shorts
Di sana, video panjang dengan rasio 16:9 akan diubah menjadi 9:16. YouTube akan memberi panduan berupa garis bantu (guidelines) untuk memudahkan kreator menentukan bagian video mana yang ingin masuk ke dalam frame.

Setelah melakukan sejumlah pengaturan soal durasi dan bagian video yang ingin dimasukkan ke dalam frame, kreator akan menemukan opsi edit baru, yakni “Layout”. Terdapat lima opsi tata letak yang dapat dipakai. Kelima opsi mencakup Single, Split 1, Split 2, Split 3, dan Square.

Opsi Single terdiri dari satu video dengan format yang sudah berubah dari horizontal menjadi vertikal, sedangkan opsi Square memungkinkan video yang diunggah menggunakan rasio 1:1 alias kotak.

Opsi layout video Shorts yang bisa digunakan kreator kontenYouTube Creators Opsi layout video Shorts yang bisa digunakan kreator konten
Sementara itu, layout Split 1, Split 2, dan Split 3 adalah format membagi video menjadi dua bagian dalam satu frame, disertai rasio yang berbeda-beda. Di layout Split 2, sistem akan membagi dua frame sama besar.

Satu frame bisa dipakai untuk menampilkan wajah kreator yang sedang menonton atau bermain game.

Kemudian, frame kedua menampilkan game atau video yang sedang dimainkan/ditonton. Opsi ini tampaknya cocok untuk kreator yang kerap membagikan video reaksi, atau video sedang bermain games.

Untuk layout Split 1, YouTube membagi video ke dalam dua frame dengan rasio yang berbeda. Ada satu fame berukuran lebih kecil yang diposisikan di atas, dan satunya yang berukuran lebih besar berada di bawah.

Format layout ini sama seperti di opsi Split 3. Hanya saja, frame-nya disusun berbeda. Frame lebih kecil ada di bagian bawah, sedangkan frame lebih besar ada di bagian atas.

Baca juga: YouTuber Ungkap Pendapatan Sebulan dari Video Shorts

Kreator pun dapat melakukan gestur mencubit layar ke arah dalam atau luar (pinch in atau pinch out) untuk memperbesar/memperkecil gambar yang ingin ditampilkan di tiap frame.

Adanya fitur edit tata letak ini, pengguna tidak perlu repot pindah ke aplikasi pihak ketiga. Proses editing bisa langsung dilakukan di YouTube sehingga memakan waktu yang lebih singkat.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com