Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Moonton Tunda Rilis Hero Cici di Mobile Legends, Ini Penyebabnya

Kompas.com - 22/12/2023, 15:29 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Moonton menunda (delay) perilisan karakter (hero) Mobile Legends (MLBB) terbaru yang bernama "Cici". Sebelumnya, hero dengan peran Fighter tersebut dijadwalkan dirilis pada Sabtu (23/12/2023) sore besok.

Pengumuman delay kehadiran hero Cici ini disampaikan Moonton melalui sebuah pesan yang bisa dilihat di dalam kotak masuk (inbox) game Mobile Legends.

Dalam pengumuman tersebut, disampaikan bahwa Moonton menemukan sejumlah "masalah serius" dalam mekanisme permainan (gameplay) Cici.

Tak disebutkan secara rinci apa masalah yang dianggap serius tersebut. Boleh jadi, masalah ini berkaitan dengan Cici yang terlalu kuat (overpower) atau ada kaitannya dengan penggunaan kemampuan (skill) yang tidak sesuai dengan deskripsinya.

Baca juga: Game Mobile Legends 1.8.44 Resmi, Ada Hero Baru Cici

Ilustrasi informasi Moonton terkait delay hero Cici di Mobile Legends.Kompas.com/BILL CLINTEN Ilustrasi informasi Moonton terkait delay hero Cici di Mobile Legends.

Moonton juga tak mengumbar kapan tanggal rilis Cici, setelah ditunda dan tidak jadi dirilis pada 23 Desember 2023.

Namun yang pasti, segala event di dalam game yang berkaitan dengan hero Cici juga akan diundur masa mulai dan berlakunya.

"Kami akan memberikan informasi terbaru soal tanggal rilis Cici dalam beberapa waktu ke depan, setelah masalah terkait hero ini terselesaikan," tulis Moonton.

Kemampuan Cici

Sekadar informasi, Cici bisa dibilang merupakan salah satu hero Mobile Legends yang dinanti. Sebab, ia merupakan hero Fighter dengan tipe serangan jarak jauh (ranged) yang bisa menyerang musuh sembari berjalan. 

Beberapa gamer, pro player, dan kreator konten MLBB juga banyak yang membuat konten tentang gameplay unik Cici, sehingga perilisan hero ini makin ditunggu-tunggu.

Baca juga: AP.Bren Sabet Juara Mobile Legends M5, Onic Esports Runner-up

Cici sendiri merupakan hero perempuan yang gemar membawa "senjata" favorit dia, yaitu mainan berupa yoyo. Yoyo ini akan digunakan Cici untuk menyerang musuh yang ada di hadapannya dengan cepat, meski ia sedang berjalan.

Cici memiliki tiga skill aktif dan satu skill pasif. Semua skill Cici fokus di efek pengurangan "nyawa" (hit points/HP) alias damage ke satu musuh (single target). Rincian skill Cici adalah sebagai berikut:

Ilustrasi hero Cici di Mobile Legends 1.8.44.Moonton Ilustrasi hero Cici di Mobile Legends 1.8.44.

  • Skill 1 "Yo-Yo Blitz": Cici melempar yoyo-nya ke satu musuh terdekat dan menyerangnya berkali-kali dalam durasi waktu tertentu. Cici masih bisa berjalan dengan bebas ketika menggunakan skill ini.
  • Skill 2 "Buoyant Bounce": Cici melompat ke arah tertentu. Apabila terkena musuh, Cici akan melompat sebanyak dua kali dan memberikan efek damage kepada musuh yang dilompati tersebut.
  • Skill Ultimate "Curtain Call": Cici melempar yoyo-nya ke musuh yang ada di sekitar dia. Apabila hanya ada satu musuh, maka skill ini akan memberikan efek damage dengan yoyo berkali-kali dengan cepat. Namun apabila terkena dua musuh, kedua musuh tersebut akan "tersambung" dengan sebuah energi tali, dan efek serangan yoyo Cici akan terbagi kepada dua musuh tersebut.
  • Skill Passive "Performer's Delight": Cici akan mendapatkan satu tumpuk (stack) energi yoyo ketika memberikan damage kepada musuh, dan efek ini bisa ditumpuk sebanyak 10 kali. Setiap stack akan meningkatkan kecepatan bergerak dan efek pemulihan HP alias lifesteal dari serangan Cici.

Moonton tidak menyebutkan berapa "Battle Points" atau "Diamonds" yang harus dihabiskan pemain untuk membeli Cici. Namun biasanya, aneka hero baru di Mobile Legends bisa didapatkan dengan 32.000 Battle Points atau 599 Diamonds.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com