Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Fakta M5 World Championship, dari AP.Bren Juara M-Series 2 Kali hingga Valentina Jadi "Hero" Rebutan

Kompas.com - 18/12/2023, 14:02 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber Liquipedia

KOMPAS.com - Kompetisi e-sports skala dunia, Mobile Legends M5 World Championship mencatatkan sejumlah sejarah dan fakta baru.

Salah satu sejarah yang tercipta adalah tim asal Filipina, AP.Bren yang menjadi satu-satunya tim e-sports Mobile Legends yang memenangkan kompetisi M-World Series sebanyak dua kali (M2 World Championship dan M5 World Championship).

Kemudian, ada pula fakta bahwa karakter penyihir (Mage) Valentina menjadi hero yang paling diperebutkan tim-tim peserta ajang M5 World Championship.

Lantas, apa saja fakta-fakta menarik yang ada di M5 World Championship yang usai digelar kemarin? Simak daftarnya berikut, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Liquipedia, Senin (18/12/2023).

1. AP.Bren tim pertama dua kali juara M-World Series

Bren Esports menggenggam piala M2 World Championship, Minggu (24/1/2021).YouTube/MobileLegendsBangBang Bren Esports menggenggam piala M2 World Championship, Minggu (24/1/2021).
AP.Bren menjadi satu-satunya tim e-sports Mobile Legends yang mendapatkan gelar juara dunia M-World Series sebanyak dua kali.

Sebelum membawa pulang trofi M5 World Championship yang digelar di negaranya sendiri, mereka juga sempat memenangkan kompetisi M2 World Championship yang digelar di Singapura pada awal 2021 lalu.

Kala itu, AP.Bren masih berada di bawah nama Bren Esports, dan dua pemain mereka yang bertanding di M5 World Championship sudah memperkuat tim tersebut sejak M2 World Championship.

Mereka adalah "FlapTzy" dan "Pheww". Artinya, kedua pemain ini merasakan gelar juara dunia MLBB sebanyak dua kali.

Baca juga: Mobile Legends Dapat Penghargaan Game E-sports Mobile Terbaik 2023

2. Mitos "tuan rumah" tidak bisa juara M-World Series terpatahkan

Tim e-sports Mobile Legends asal Filipina, AP.Bren, menjadi juara Mobile Legends M5 World Championship. AP.Bren merebut gelar juara setelah mengalahkan wakil Indonesia, Onic Esports di grand final, Minggu (17/12/2023) dengan skor 4-3. YouTube/MPL Indonesia Tim e-sports Mobile Legends asal Filipina, AP.Bren, menjadi juara Mobile Legends M5 World Championship. AP.Bren merebut gelar juara setelah mengalahkan wakil Indonesia, Onic Esports di grand final, Minggu (17/12/2023) dengan skor 4-3.
Ada mitos di kompetisi M-Series bahwa tim yang menjadi "tuan rumah" tidak bisa menyabet gelar juara di negaranya sendiri.

Hal ini terbukti dari M1-M4 World Championship, di mana negara yang menggelar kompetisi tersebut gagal mendapatkan gelar juara.

M1 World Championship yang digelar di Malaysia dimenangkan oleh tim asal Indonesia (Evos Legends), lalu M2 World Championship dan M3 World Championship yang digelar di Singapura dimenangkan oleh tim asal Filipina (Bren Esports dan Blacklist International).

Kemudian M4 World Championship yang digelar di Indonesia juga dimenangkan oleh tim asal FIlipina, Echo Esports.

Meski demikian, mitos tersebut terpecahkan lantaran tim asal Filipina (AP.Bren) mendapatkan gelar juara M5 World Championship yang diselenggarakan di negaranya sendiri.

3. AP.Bren dan Onic Esports sejak di babak grup

Onic Esports saat berlaga di grand final MPL S12, di Mahaka Square, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Minggu (15/10/2023).KOMPAS.com/Bill Clinten Onic Esports saat berlaga di grand final MPL S12, di Mahaka Square, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Minggu (15/10/2023).
Dari M5 World Championship kemarin, bisa disimpulkan bahwa AP.Bren dan Onic Esports saat ini merupakan dua tim terkuat Mobile Legends di dunia.

Selain kedua tim itu masing-masing mendapatkan gelar juara pertama dan kedua (runner-up) di turnamen tersebut, AP.Bren dan Onic Esports tampil dominan sepanjang kompetisi.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com