Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Browser Chrome Terbaru Bisa Cek Keamanan Password Secara Otomatis

Kompas.com - 24/12/2023, 10:01 WIB
Bill Clinten,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Google terus membenahi peramban (browser) internet andalan mereka Chrome. Pekan ini, mereka mengumumkan sejumlah fitur baru yang akan hadir di browser internet tersebut.

Salah satunya adalah fitur keamanan Security Check yang kini akan berjalan secara otomatis di latar belakang (background) sistem Chrome.

Sebelumnya, pengguna yang ingin mengecek keamanan mereka melalui fitur Safety Check harus melakukannya secara manual melalui menu "Settings" > "Privacy and security" > dan "Check now".

Nah, seperti namanya, fitur Safety Check memungkinkan pengguna mengecek apakah kata sandi (password) yang mereka simpan di Chrome aman (sudah pernah bocor di internet) atau tidak.

Ilustrasi fitur Safety Check terbaru di Google Chrome.Blog Google Ilustrasi fitur Safety Check terbaru di Google Chrome.

Selain itu, Safety Check juga bisa memantau beragam notifikasi mengganggu dari aneka situs web yang sudah lama tak dikunjungi lagi, serta apakah ekstensi (plug-in) Chrome yang dipakai pengguna berbahaya atau tidak.

Adapun peringatan bahaya ini akan tampil di menu pop-up yang bisa dimunculkan dengan mengeklik ikon "tiga titik" di pojok kanan atas tampilan Chrome (sebelah foto profil akun Google pengguna).

Di samping pembaruan Safety Check, fitur baru selanjutnya yang akan hadir di Chrome adalah pembaruan di mode Memory Saver. Fitur ini bisa diaktifkan di menu "Settings" > "Performance" > "Memory Saver".

Baca juga: Google Umumkan Pemblokiran Cookie Pihak Ketiga di Chrome, Ini Dampaknya

Ilustrasi fitur Memory Saver yang baru di Google Chrome.Blog Google Ilustrasi fitur Memory Saver yang baru di Google Chrome.

Kini, pengguna yang mengaktifkan mode Memory Saver akan melihat jumlah atau porsi RAM (hardware) yang digunakan oleh sebuah tab di Chrome. Informasi ini akan tampil di bagian bawah tab, tepat di bawah nama laman web yang sedang diakses.

Fitur terakhir yang akan hadir di Chrome adalah Saved Tab Groups. Dengan fitur ini, pengguna bisa menyimpan riwayat browsing mereka yang dikelompokkan dalam satu grup tab di Chrome.

Dengan begitu, pengguna bisa dengan mudah membuka banyak website yang mereka simpan di satu tab sekaligus ketika membuka Chrome kembali di lain waktu.

Ilustrasi fitur Save Group di tab Google Chrome.Blog Google Ilustrasi fitur Save Group di tab Google Chrome.

Fitur ini bisa diaktifkan ketika pengguna mengelompokkan tab di dalam Chrome. Di tampilan ini, aktifkan fitur "Save Group", seperti tampak pada gambar di atas.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari BlogGoogle, Minggu (24/12/2023), fitur-fitur baru di Chrome yang disebutkan di atas sedang digelontorkan kepada seluruh pengguna Chrome versi desktop mulai pekan ini.

Pengguna yang ingin menjajal aneka fitur baru Chrome di atas bisa memperbarui aplikasi Google Chrome mereka ke versi terbaru melalui menu "Help" > "About Google Chrome".

Baca juga: Google Chrome Terbaru Tak Lagi Dukung Android Ini, Cek Versi di Perangkat!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com