Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tecno Spark 20 Pro Plus Meluncur dengan Chip Helio G99 Ultimate

Kompas.com - 02/01/2024, 07:02 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber gsmarena

.KOMPAS.com - Pabrikan smartphone Tecno telah mengumumkan ponsel terbarunya, Tecno Spark 20 Pro Plus. Ponsel ini sudah muncul di situs resmi Tecno Mobile Global.

Seperti namanya, Tecno Spark 20 Pro Plus merupakan model terbaru dari lini Tecno Spark 20. Smartphone anyar ini melengkapi Tecno Spark 20C keluaran November 2023, serta Tecno Spark 20 dan Tecno Spark 20 Pro yang rilis pada Desember 2023.

Adapun Tecno Spark 20 Pro Plus merupakan model yang paling mumpuni di lini ponsel tersebut. Gawai ini hadir dengan sejumlah perbedaan dari model-model lain, termasuk dari segi System-on-Chip yang digunakan, kamera, dan layar.

Tecno Spark 20 Pro Plus ditenagai MediaTek Helio G99 Ultimate yang kemungkinan merupakan versi overclock dari Helio G99. 

Baca juga: Tecno Spark 20 Pro Meluncur dengan Kamera 108 MP dan Helio G99

Chip delapan inti (octa-core) tersebut memiliki dua unit CPU Cortex-A76 (clockspeed 2,2 GHz) dan enam unit CPU Cortex-A55 (2 GHz). Pengolah grafis (GPU) yang digunakan adalah Mali-G57 MC2. Kinerja chip ini di atas Helio G85 yang digunakan oleh Tecno Spark 20 standar.

Tecno Spark 20 Pro Plus memadukan Helio G99 Ultimate dengan RAM 8 GB dan media  penyimpanan (storage) 256 GB.

Di sektor fotografi, gawai ini membawa kamera utama yang resolusinya meningkat dari 50 MP di model "reguler" menjadi 108 MP (f/1.75), dengan in-sensor zoom 3x.

Terdapat dua kamera lain di bagian punggung, tapi spesifikasinya belum diumbar oleh Tecno. Trio kamera ini dimuat dalam modul berbentuk bulat yang diletakkan di kiri atas ponsel. Di sebelah kiri modul, terdapat lampu Dual LED flash.

Fitur fotografi yang didukung kamera utama tersebut terbagi menjadi Super Flash Light, Dual Video, Slow Motion, dan 2K Video. Dual Video merupakan salah satu fitur yang menarik karena memungkinkan pengguna memanfaatkan kamera depan dan belakang secara bersamaan.

Punya fitur mirip Dynamic Island iPhone

Kamera selfie Tecno Spark 20 Pro Plus memiliki resolusi 32 MP (f/2.2) yang dibekali pula dengan Dual LED Flash. Kamera ini dimuat dalam punch hole di tengah atas layar, yang dilengkapi fitur Dynamic Port.

Baca juga: Tecno Spark 20 Meluncur dengan Dynamic Island Mirip iPhone 14 Pro

Poni tersebut dapat berubah ukuran menyesuaikan aktivitas pengguna ala Dynamic Island yang hadir di iPhone mulai seri iPhone 14 Pro. Sebagai contoh, poni dinamis bisa melebar ketika menerima notifikasi panggilan, pesan, status pengisian baterai, dan lain sebagainya.

Spesifikasi Tecno Spark 20 Pro Plus lainnya termasuk layar AMOLED 6,78 inci dengan resolusi Full HD Plus (1.080 x 2.436 piksel), refresh rate adaptif 120 Hz, sisi melengkung (curved), PWM dimming 2.160 Hz, dukungan warna 1,07 miliar, dan kecerahan maksimum 1.000 nits.

Tecno Spark 20 Pro PlusGizmoChina Tecno Spark 20 Pro Plus

Sebagai perbandingan, Tecno Spark 20 "reguler" membawa layar LCD 6,56 inci dengan resolusi HD Plus, dan refresh rate 90 Hz.

Tecno Spark 20 Pro Plus ditopang oleh baterai "jumbo" 5.000 mAh dengan teknologi pengisian cepat (fast charging) berdaya 33 Watt. Output fast charging ini meningkat dari 18 Watt milik Tecno Spark 20 "reguler".

Ponsel ini menjalankan sistem operasi (OS) Android 14 yang dipoles tampilan antarmuka (UI) HiOS 14. Fitur pendukung lainnya mencakup pemindai sidik jari (fingerprint) dalam layar (in-display), Bluetooth 5.2, USB Type-C, NFC, dan konektivitas 4G.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com