Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Baldur's Gate 3" dan "Starfield" Jadi Pemenang The Steam Awards 2023

Kompas.com - 03/01/2024, 13:00 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Platform distribusi game milik Valve, Steam, mengumumkan daftar pemenang The Steam Awards 2023. Ini adalah ajang penghargaan untuk game-game yang dimainkan sepanjang 2023. 

Pemenang penghargaan game PC ini dipilih langsung oleh gamer di Steam melalui voting, sejak 22 Desember 2023 hingga 2 Januari 2024.

Ada 11 kategori penghargaan yaitu "Game of the Year Award", "VR Game of the Year", "Labor of Love", "Best Game on Steam Deck", "Better With Friends", "Outstanding Visual Style", "Most Innovative Gameplay", "Best Game You Suck At", "Best Soundtrack", "Outstanding Story-Rich Game", dan "Sit Back and Relax".

Para pemenang The Steam Awards 2023

Adapun permainan Role-Playing Game (RPG) bikinan Larian Studios, Baldur's Gate 3 menyabet penghargaan Game of the Year. Baldur's Gate 3 mengalahkan Hogwarts Legacy, EA Sports FC 24, Lethal Company, dan Resident Evil 4 Remake.

Sebagai perbandingan, The Steam Awards 2022 dimenangkan oleh game Elden Ring, yang berhasil mengungguli Dying Light 2 Stay Human, Stray, God of War, dan Call of Duty.

Selain Game of the Year, Baldur's Gate 3 juga memenangkan penghargaan Outstanding Story-Rich Game alias permainan dengan jalan cerita terbaik. Game ini unggul dibanding Love is All Around, Star Wars Jedi: Survivor, Resident Evil 4 Remake, dan Lies of P.

Baldur's Gate 3 memang menjadi buah bibir selama tahun 2023.

Sebab, game ini juga mendapat penghargaan sebagai game terbaik 2023 versi The Game Awards 2023, dan menjadi game kedua terbaik di situs agregat review game OpenCritic, tepat di bawah The Legend of Zelda: Tears of the Kingdom.

Baca juga: Baldurs Gate 3 Salip Zelda Tears of the Kingdom Jadi Game dengan Rating Tertinggi

Permainan dengan kedalaman (depth) gameplay yang baik ini juga dinobatkan sebagai Game of the Year berbagai media game kenamaan, seperti GameSpot dan GamesRadar.

Berikutnya, ada kategori VR Game of the Year untuk game virtual reality (VR) terbaik sepanjang 2023.

Kategori ini dimenangkan oleh game horor Labyrinthine yang mampu mengalahkan I Expect You To Die 3: Cog in the Machine, F1 23, Ghosts of Tabor, dan Gorilla Tag.

Penghargaan gameplay inovatif dijuarai oleh permainan sci-fi yang dikembangkan Bethesda Game Studios, yakni Starfield. Finalis lainnya dalam kategori ini mencakup Shadows of Doubt, Your Only Move is Hustle, Contraband Police, dan Remnant II.

Kemudian kategori game multiplayer terbaik (Better With Friends) dimenangkan oleh Lethal Company.

Game horor ini unggul ketimbang Sunkenland, Warhammer 40,000: Darktide, Sons of the Forest, dan bahkan salah satu game Steam yang paling diinginkan pengguna, Party Animals.

Terdapat juga penghargaan untuk gaya visual terbaik (Outstanding Visual Style) yang dimenangkan oleh Atomic Heart. Finalis kategori ini termasuk Darkest Dungeon II, High on Life, Cocoon, dan Inward.

Steam juga menghadirkan kategori game santai terbaik alias Sit Back and Relax. Game Dave the Diver keluar sebagai pemenang penghargaan tersebut, mengalahkan Cities Skylines II, Potion Craft, Train Sim World 4, dan game bikinan developer Indonesia Coral Island.

Selengkapnya, berikut ini daftar pemenang The Steam Awards 2023 untuk 11 kategori yang tersedia, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari situs resmi Steam, Rabu (3/1/2024):

Baca juga: Steam Ungkap Daftar Game Paling Laris Sepanjang 2023

Daftar pemenang The Steam Awards 2023

  1. Game of the Year - Baldur's Gate 3
  2. VR Game of the Year - Labyrinthine
  3. Labor of Love - Red Dead Redemption 2
  4. Best Game on Steam Deck - Hogwarts Legacy
  5. Better with Friends - Lethal Company
  6. Outstanding Visual Style - Atomic Heart
  7. Most Innovative Gameplay - Starfield
  8. Best Game You Suck At - Sifu
  9. Best Soundtrack - The Last of Us Part I
  10. Outstanding Story-Rich Game - Baldur's Gate 3
  11. Sit Back and Relax - Dave the Diver
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com