Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Moonton Umumkan Rangkaian Turnamen Mobile Legends Sepanjang 2024

Kompas.com - 04/01/2024, 08:02 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber YouTube

KOMPAS.com - Moonton resmi mengumumkan rangkaian turnamen e-sports resmi yang akan digelar pada tahun 2024 ini.

Dari rangkaian turnamen tersebut, salah satu yang menarik adalah perubahan nama turnamen MLBB Southeast Asia Cup (MSC) menjadi Mid Season Cup mulai tahun 2024 ini.

Menurut Moonton, perubahan nama ini sejalan dengan visi dari MSC yang nantinya akan lebih mengarah ke turnamen skala internasional dengan jangkauan daerah yang lebih luas.

Pasalnya, sejak pertama kali berjalan tiap tahun pada 2017 lalu, gelaran MSC selalu fokus mempertandingkan tim-tim e-sports yang berada di lokasi atau area Asia Tenggara saja, termasuk Indonesia.

"Tujuan kami mengganti nama ini supaya turnamen e-sports ini lebih inklusif dan dapat menjangkau area yang lebih luas," kata pihak Moonton dalam sebuah video pengumuman yang diunggah di kanal YouTube resmi MLBB eSports, sebagaimana dikutip KompasTekno Kamis (4/1/2024).

Rencananya, MSC 2024 akan digelar pada Juli 2024 mendatang dan akan memiliki jumlah partisipan lebih banyak dari sebelumnya.

Selain itu, total hadiah (prize pool) yang ditawarkan kompetisi ini juga disebut akan lebih besar dan lokasi diselenggarakannya MSC 2024 akan berada di luar wilayah Asia Tenggara (sebelumnya eksklusif di Asia Tenggara).

 Baca juga: Senjata Rahasia AP.Bren di Grand Final Mobile Legends M5 yang Bikin Onic Putar Otak

Ilustrasi jadwal turnamen MLBB resmi yang akan digelar Moonton sepanjang 2024.YouTube/MLBB eSports Ilustrasi jadwal turnamen MLBB resmi yang akan digelar Moonton sepanjang 2024.

Jadwal kompetisi Mobile Legends 2024

Selain MSC 2024, Moonton juga akan menggelar sejumlah turnamen regional di masing-masing negara yang memiliki banyak tim e-sports MLBB.

Biasanya, kompetisi di masing-masing regional bernama Mobile Legends Development League (MDL) untuk level junior dan Mobile Legends Professional League (MPL) untuk level senior.

Tahap pertama MDL dan MPL akan mulai digelar sekitar Maret hingga Juni 2024, tergantung jadwal masing-masing negara.

Pada bulan Juni pula akan digelar kompetisi tahap awal ESL Snapdragon Pro Series yang mempertandingkan sejumlah tim-tim e-sports MLBB papan atas.

Lalu tahap kedua MDL dan MPL, begitu juga ESL Snapdragon Pro Series, akan digelar sekitar Agustus - Oktober 2024, beberapa minggu setelah turnamen MSC 2024 rampung.

Baca juga: 10 Rekomendasi Game MOBA Alternatif Mobile Legends

Kompetisi internasional MLBB lantas akan ditutup kejuaraan dunia IESF World Championship dan M6 World Championship yang masing-masing akan digelar pada November dan Desember 2024.

Secara total dari rangkaian turnamen e-sports ini, Moonton mengeklaim bahwa mereka akan menyajikan lebih dari 2.000 pertandingan dalam 260 hari lebih, yang akan mempertandingkan tim-tim e-sports dari yang berasal dari 30 negara lebih.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com