Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Game Buatan Indonesia Mendominasi Steam, Terbanyak Se-Asia Tenggara

Kompas.com - 10/01/2024, 07:02 WIB
Bill Clinten,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Indonesia dinobatkan sebagai negara nomor satu di Asia Tenggara yang paling banyak menyumbang game ke platform distribusi game PC Steam.

Hal ini disimpulkan oleh salah satu kurator kenamaan di platform Steam yang biasa mengulas sejumlah game-game independen (indie) yang berasal dari Asia Tenggara, VirtualSEA.

Berdasarkan data mereka per awal Januari 2024 yang dibagikan via akun X (dahulu Twitter) dengan handle @VirtualSEAsia, jumlah game buatan para pengembang (developer) indie asal Indonesia di Steam sudah berjumlah sekitar 256 game.

Angka ini terbanyak dibandingkan game buatan developer indie negara-negara lainnya, seperti Thailand dan Singapura yang berada di posisi kedua dan ketiga sebagai penyumbang game terbanyak di Steam.

Menurut VirtualSEA, jumlah game buatan Thailand dan Singapura yang ada di Steam berjumlah sekitar 158 dan 134 game.

Adapun angka ini merupakan pencapaian bagi Thailand, lantaran sebelumnya posisi kedua diduduki oleh Singapura. Artinya, Thailand kini memiliki game yang lebih banyak dari Singapura, namun tak lebih banyak dari Indonesia.

Baca juga: Rekor Baru, 33 Juta Gamer Main Bersamaan di Steam

Selengkapnya, simak daftar negara Asia Tenggara penyumbang game terbanyak di platform distribusi game Steam, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari X.com, Rabu (10/1/2024).

Perlu dicatat, jumlah ini merupakan total akumulasi game yang sudah terdaftar di database Steam, baik itu yang sudah dirilis, batal atau ditunda perilisannya, masih dalam tahap awal (early access), hingga game yang akan dirilis di masa depan.

  • Indonesia: 256 game
  • Thailand: 158 game
  • Singapura: 134 game
  • Filipina: 92 game
  • Malaysia: 80 game
  • Vietnam: 40 game
  • Brunei: 7 game
  • Myanmar: 5 game

VirtualSEA tak menyebutkan peringkat berapa Indonesia apabila dibandingkan dengan negara-negara lainnya yang berada di luar Asia Tenggara.

Namun yang jelas, dengan data di atas, bisa disimpulkan bahwa industri game Tanah Air terus berkembang hingga saat ini, dan Indonesia berhasil menjadi salah satu produsen game terpenting di Asia Tenggara, setidaknya untuk platform Steam.

Beberapa developer indie asal Indonesia saat ini bahkan memiliki beberapa game yang meraih sukes di mancanegara, salah satunya seperti A Space for The Unbound (Mojiken Studios) yang memenangkan beragam penghargaan lokal dan internasional.

Sejumlah game buatan developer indie lokal lain yang cukup terkenal adalah Coffee Talk (Toge Productions), Troublemaker (Gamecom Team), Dreadout (Digital Happiness), Coral Island (Stairway Games), Grammarian Ltd (Algorocks), dan masih banyak lagi.

Baca juga: Rekor Baru, 14.000 Game PC Rilis di Steam pada 2023

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com