Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tampilan Warna WhatsApp Bakal Bisa Diganti, Tidak Hanya Hijau

Kompas.com - 10/01/2024, 19:05 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber GizChina

KOMPAS.com - Aplikasi perpesanan instan WhatsApp (WA) menyiapkan fitur baru yang memungkinkan pengguna untuk mengubah tampilan warna antarmuka (UI) aplikasi.

Pengguna nantinya akan diberikan lima opsi warna antarmuka, yaitu hijau, biru, putih, pink, dan ungu. Perubahan warna ini berlaku pada berbagai elemen antarmuka WA seperti tombol "New Chat", tombol menelepon, dan lain sebagainya.

Fitur untuk mengganti warna WA ini sebenarnya sudah dirumorkan sejak tiga tahun yang lalu. Namun, kehadirannya baru terendus oleh situs yang kerap membocorkan fitur-fitur baru WhatsApp, WABetaInfo.

Menurut WABetaInfo, fitur untuk mengganti warna WA ini muncul di WhatsApp iOS versi beta 24.21.1.70 di Testflight. Testflight merupakan program uji coba WhatsApp yang dibuka untuk pengguna perangkat Apple.

Dalam tangkapan layar yang dibagikan oleh WABetaInfo, terlihat bahwa adanya menu baru bernama "Appearance" (Tampilan) di dalam WhatsApp. Menu ini terlihat cukup minimalis karena hanya mencakup satu sub menu saja, yakni "App Color" (Warna aplikasi).

Baca juga: Cara Keluar Grup WhatsApp Diam-diam agar Tidak Diketahui Anggota Lain

WhatsApp tengah menyiapkan fitur baru yang memungkinkan pengguna memilih warna antarmuka (UI) aplikasi.GizChina WhatsApp tengah menyiapkan fitur baru yang memungkinkan pengguna memilih warna antarmuka (UI) aplikasi.
Menu ini memungkinkan pengguna untuk memilih lima warna yang sudah disebutkan sebelumnya. Warna yang dipilih hanya berpengaruh pada antarmuka pribadi pengguna saja, sehingga orang lainnya tidak akan melihat preferensi warna pengguna.

Selanjutnya, bagian bawah sub menu App Color mencakup tulisan "This only updates the main branding color of the app" (Ini hanya memperbarui warna brand utama aplikasi).

Fitur baru WhatsApp ini tidak hanya membuat tampilan aplikasi sesuai dengan selera pengguna, tetapi juga membuat aplikasi lebih aksesibel bagi pengguna yang kesulitan melihat warna tertentu.

Berdasarkan kritik pengguna

Kehadiran fitur pengganti warna ini konon karena banyaknya masukan pengguna WhatsApp di iOS.

WhatsApp sebelumnya merilis antarmuka baru di versi 23.21.1.70 untuk iOS. Dalam versiini WA memperkenalkan warna hijau untuk antarmuka dan ikon WhatsApp iOS.

Tidak semua pengguna menyukai warna hijau ini, karena mereka lebih senang dengan warna antarmuka biru di WhatsApp iOS versi sebelumnya. WhatsApp pun mendengarkan kritik pengguna dan berinisiatif untuk membuat fitur kustomisasi yang baru.

Baca juga: 5 Trik Batasi WhatsApp dan Telepon agar Tidak Diganggu Saat Cuti Kerja

Nantinya, WhatsApp dikabarkan juga akan mengizinkan pengguna untuk melakukan kustomisasi lebih lanjut. Pengguna kemungkinan bisa mengubah warna bubble pesan (chat) layaknya platform perpesanan lainnya.

Dengan demikian, pengguna tidak perlu menggunakan software atau modifikasi pihak ketiga untuk mengubah tampilan WhatsApp, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari GizChina, Rabu (10/1/2024).

Tidak diketahui kapan fitur kustomisasi warna WhatsApp bakal digelontorkan untuk semua pengguna. Belum diketahui juga apakah fitur ini nantinya hanya tersedia untuk iOS atau bisa digunakan pula oleh pengguna Android.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com