Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Cara Menghemat Penyimpanan iPhone biar Tak Cepat Penuh dengan Mudah

Kompas.com - 14/01/2024, 11:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Pengguna kiranya perlu mengetahui cara menghemat penyimpanan iPhone. Cara ini diperlukan terutama untuk mencegah penyimpanan iPhone menjadi cepat penuh. Saat penyimpanan iPhone penuh, pengguna mungkin bakal kerepotan.

Pengguna jadi tidak bisa memperbarui sistem operasi atau mengunduh aplikasi baru yang dirasa penting ketika memori penyimpanannya sudah penuh. Oleh karena itu, supaya tak cepat penuh, pengguna penting mengetahui cara menghemat penyimpanan iPhone.

Baca juga: 2 Trik Hapus Data Sistem iPhone yang Sering Bikin Penuh Penyimpanan

Lantas, bagaimana cara agar ruang penyimpanan iPhone tidak penuh? Jika tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, silakan simak penjelasan di bawah ini mengenai

Penyebab penyimpanan iPhone penuh

Sebelum mengetahui caranya, ada baiknya pengguna memahami dulu penyebab penyimpanan iPhone penuh. Ada beberapa penyebab penyimpanan iPhone penuh yang perlu diketahui.

Penyebab penyimpanan iPhone penuh yang pertama adalah banyak aplikasi yang terinstal, tetapi tidak terpakai. Alhasil, aplikasi tak terpakai tersebut hanya membuat penuh ruang penyimpanan iPhone.

Penyebab penyimpanan iPhone penuh juga bisa timbul karena menumpuknya media di galeri, seperti foto, video, gambar, dan lainnya. Media tersebut dapat dengan cepat membuat penyimpanan iPhone penuh.

Berikutnya, penyimpanan iPhone penuh juga bisa disebabkan karena menumpuknya file-file pengguna di aplikasi File, seperti dokumen, gambar, atau file lain yang bersumber dari unduhan di browser Safari.

Penyebab penyimpanan iPhone penuh yang lainnya termasuk data di aplikasi, cache browser, dan data pesan yang sama-sama menumpuk. Itulah beberapa penyebab penyimpanan iPhone penuh.

Untuk melihat faktor apa saja yang membuat penyimpanan iPhone penuh, pengguna bisa mengunjungi menu pengaturan. Setelah itu, klik menu “General” dan pilih opsi “iPhone Storage”. Di opsi itu, pengguna bakal bisa melihat daftar pemakaian penyimpanan iPhone.

Ilustrasi cara melihat penyimpanan di iPhone.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara melihat penyimpanan di iPhone.

Dari daftar tersebut, pengguna dapat mengidentifikasi apa saja yang membuat memori penyimpanan iPhone jadi penuh. Setelah memahami penyebabnya, berikut adalah cara agar penyimpanan iPhone tidak penuh dengan mudah dan praktis.

Cara menghemat penyimpanan iPhone

Cara mengosongkan penyimpanan iPhone agar tak penuh itu cukup mudah. Terdapat beberapa cara menghemat penyimpanan iPhone yang bisa dilakukan oleh pengguna. Misalnya, pengguna bisa menghapus aplikasi yang sudah tak terpakai.

Kemudian, pengguna dapat mengeluarkan atau melepas instalasi aplikasi yang tidak terpakai. Selain itu, masih banyak lagi cara agar penyimpanan iPhone tidak penuh yang bisa dilakukan. Adapun beberapa cara menghemat penyimpanan iPhone adalah sebagai berikut.

1. Hapus aplikasi yang tidak terpakai

Cara agar penyimpanan iPhone tidak penuh yang pertama adalah menghapus aplikasi yang tidak terpakai. Kadang pengguna tanpa sadar telah menginstal cukup banyak aplikasi, padahal tidak selalu digunakan.

Aplikasi yang tidak pernah dipakai dapat berkontribusi terhadap penuhnya ruang penyimpanan di iPhone. Oleh karena itu, pengguna bisa menghapus aplikasi yang tidak terpakai untuk menghemat penyimpanan iPhone.

Untuk menghapus aplikasi, pengguna bisa dan tahan layar “home” hingga tampak logo aplikasi bergoyang-goyang. Setelah itu, klik ikon silang yang tertera di pojok kiri atas logo aplikasi yang tak terpakai lagi dan pilih opsi “Hapus” atau “Delete”.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com