Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

13 Cara Memperkuat Sinyal WiFi di HP Android dengan Mudah dan Praktis

Kompas.com - 15/01/2024, 18:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Cara memperkuat sinyal WiFi di HP Android merupakan salah satu tindakan yang kiranya perlu dikuasai oleh pengguna. Pasalnya, dalam kondisi tertentu, pengguna bakal perlu untuk melakukan tindakan tersebut.

Misalnya, ketika pengguna sedang ingin mengakses internet di HP Android menggunakan jaringan WiFi dari router, tetapi Akan tetapi, sinyal dari WiFi tersebut tidak memadai atau bahkan tidak muncul sama sekali di HP Android.

Baca juga: 7 Cara Mengatasi Laptop yang Tidak Bisa Terhubung ke WiFi dengan Mudah

Alhasil, pengguna jadi kesulitan untuk mengakses internet di HP Android dengan koneksi WiFi dari router. Dalam kondisi seperti inilah, pengguna akhirnya butuh untuk melakukan cara memperkuat sinyal WiFi di HP Android.

Namun, sebelum mengetahui caranya, ada baiknya untuk memahami penyebab sinyal WiFi lemah di HP Android. Lantas, kenapa sinyal WiFi lemah di HP Android bisa terjadi? Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah penyebab sinyal WiFi lemah di HP Android.

Penyebab sinyal WiFi lemah di HP Android

Ada beberapa penyebab sinyal WiFi lemah di HP Android. Adapun penyebab yang paling umum terjadi adalah posisi HP Android terlampau jauh dengan perangkat router, sehingga tidak dapat menangkap sinyal WiFi secara optimal.

Kemudian, penyebab sinyal WiFi lemah di HP adalah terdapat gangguan pada sistem HP. Selain itu, gangguan yang bisa menimbulkan sinyal WiFi lemah di HP Android juga bisa datang dari router yang digunakan.

Gangguan-gangguan itu pada dasarnya tersebut bisa diatasi secara mandiri jika terjadi masalah sinyal WiFi lemah di HP Android. Lantas, bagaimana cara agar sinyal WiFi kuat di HP Android?

Jika tertarik untuk mengetahuinya, silakan simak penjelasan di bawah ini mengenai cara memperkuat sinyal WiFi di HP Android.

Cara memperkuat sinyal WiFi di HP Android

Ada beberapa cara mempercepat WiFi yang bisa dilakukan pengguna untuk mengatasi koneksi internet yang lemot. Misalnya, pengguna bisa memindahkan router yang memancarkan koneksi WiFi ke tempat yang terjangkau semua perangkat.

Kemudian, pengguna juga bisa memilih channel WiFi yang kiranya tidak terlalu penuh, sehingga koneksi internet minim gangguan. Adapun penjelasan yang lebih lengkap mengenai beberapa cara mempercepat WiFi adalah sebagai berikut.

1. Posisikan router dengan benar

Posisi router di sebuah ruangan sangat penting diperhatikan. Misalnya, jika router ditempatkan di sudut rumah yang jauh dari jangkauan, kemungkinan besar, sinyal WiFi bakal tidak bisa ditangkap dengan baik di perangkat.

Oleh karena itu, supaya koneksi WiFi cepat, pengguna perlu memosisikan router dengan baik. Lokasi router yang ideal adalah sedekat mungkin dengan tempat di mana pengguna banyak beraktivitas dan berada di area terbuka.

Kemudian, router sebaiknya diletakkan pada area yang jauh dari perangkat elektronik lain dan minim penghalang. Pasalnya, semakin banyak penghalang seperti dinding atau pintu, semakin tinggi pula potensi sinyal WiFi terganggu.

Semakin banyak dinding, pintu, dan penghalang lain di dekat router Anda, semakin tinggi kemungkinan sesuatu mengganggu sinyal Anda. Sebaiknya, letakkan router di area yang tinggi, sehingga dapat memaksimalkan jangkauan sinyalnya.

2. Ubah posisi antena Router

Router dilengkapi dengan salah satu dari dua jenis antena, yakni antena internal atau eksternal. Jika router memiliki dua antena eksternal, coba posisikan antena tersebut satu mengarah secara vertikal dan yang lainnya diposisikan secara horizontal.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com