Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Turnamen Internasional Mobile Legends Digelar di Arab Saudi, Hadiah Naik 10 Kali Lipat

Kompas.com - 24/01/2024, 18:06 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber Liquipedia

KOMPAS.com - Moonton resmi menjalin kerja sama jangka panjang untuk jangka beberapa tahun ke depan (multi-year partnership) dengan lembaga kompetisi e-sports Arab Saudi, Esports World Cup Foundation.

Kemitraan ini membuat dua turnamen resmi Mobile Legends: Bang Bang (MLBB) skala internasional, yaitu Mid Season Cup (MSC) dan MLBB Women's Invitational (MWI), menjadi bagian dari Esports World Cup (EWC) mulai tahun ini.

Artinya, panggung MSC dan MWI 2024 akan berpindah dari wilayah Asia Tenggara ke Timur Tengah, tepatnya ke markas EWC di Riyadh, Arab Saudi.

EWC sendiri adalah turnamen internasional terbesar di Arab Saudi yang diselenggarakan oleh Federasi Esports Arab Saudi. EWC merupakan rebrand dari kompetisi bernama Gamer8 yang pertama kali digelar pada tahun 2022.

Pengumuman resmi terkait kemitraan ini disampaikan akun resmi MLBB di Instagram dengan handle @mlbbesports_official dan @mobilelegendsgame.

Baca juga: Arab Saudi Gelar E-sports World Cup 2024, Berhadiah Rp 150 Miliar

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by MLBB Esports Official Account (@mlbbesports_official)

Dalam posting tersebut, selain pindah kawasan, total hadiah (prize pool) kedua kompetisi resmi MLBB skala internasional yang disebutkan di atas juga akan ditingkatkan berkali-kali lipat.

Total hadiah MSC 2024 nanti adalah 3 juta dollar AS (sekitar Rp 47,1 miliar), sementara untuk MWI 2024 adalah 500.000 dollar AS (sekitar Rp 7,8 miliar).

Sebelumnya, MSC 2023 "hanya" memiliki total hadiah 300.000 dollar AS (sekitar Rp 4,7 miliar). Artinya, hadiah kompetisi ini naik 10 kali lipat. Sedangkan MWI 2023 total hadiahnya hanya dipatok di angka 30.000 dollar AS (sekitar Rp 471 juta).

Rencananya, MSC 2024 akan digelar mulai 1 Juli mendatang dan akan mempertandingkan 16 tim e-sports MLBB dari berbagai negara, mulai dari Indonesia, Filipina, Malaysia, China, Timur Tengah, AS, dan lain sebagainya.

Konon, Indonesia akan kebagian dua slot tim, dan kedua tim ini adalah mereka yang menjadi juara pertama dan kedua di kompetisi lokal MLBB Professional League Indonesia Season 13 (MPL ID S13).

Baca juga: 2 Tim E-sports Indonesia Ikuti Turnamen Mobile Legends Rusia

Moonton tak mengumbar kapan MWI 2024 akan digelar. Namun, mereka mengonfirmasi bahwa jumlah tim yang akan bertanding di kompetisi ini adalah 12 tim, dan Indonesia mendapatkan satu slot tim.

Kabarnya, kompetisi yang fokus mempertendingkan tim-tim perempuan ini kemungkinan akan dihelat setelah MSC 2024 rampung, atau sekitar bulan Agustus mendatang, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Liquipedia, Rabu (24/1/2024).

Informasi lebih lengkap mengenai MSC 2024 dan MWI 2024, seperti format, daftar tim yang ikut, jadwal pertandingan, dan lain sebagainya akan disampaikan pihak Moonton dalam beberapa waktu ke depan. Kita nantikan saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com