Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Fungsi Repeater dalam Jaringan Komputer dan Jenis-jenisnya

Kompas.com - 28/01/2024, 14:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Repeater dan jaringan komputer merupakan dua hal yang saling berkaitan. Oleh karena itu, pengguna kiranya penting untuk mengetahui fungsi repeater, terutama pengguna yang tengah belajar soal jaringan komputer.

Dalam jaringan komputer, repeater memiliki fungsi yang cukup penting. Repeater mungkin umum dikenal sebagai alat untuk memperluas sinyal jaringan WiFi. Pengertian itu tidak salah. Namun, repeater punya fungsi yang lebih luas.

Baca juga: 7 Jenis Perangkat Keras Jaringan Komputer dan Penjelasan Fungsinya

Lantas, apa fungsi repeater dalam jaringan komputer? Jika tertarik untuk mempelajari lebih lanjut, silakan simak penjelasan lengkap di bawah ini mengenai beberapa fungsi repeater yang perlu diketahui.

Apa itu repeater?

Pertama-tama, sebelum mengetahui fungsinya, pengguna kiranya perlu mengetahui dulu soal apa itu repeater. Pengertian ini bakal lebih memudahkan pengguna untuk mengenali repeater dan fungsinya.

Lantas, apa yang dimaksud dengan repeater? Jika didefinisikan, repeater adalah perangkat jaringan yang memiliki kemampuan utama untuk memperkuat dan menghasilkan kembali sinyal masuk tertentu seperti WiFi.

Repeater bekerja pada lapisan fisik arsitektur jaringan atau model OSI (Open System Interconnection). Tujuan utama penggunaan repeater adalah untuk memperluas jangkauan jaringan dengan meningkatkan kekuatan dan kualitas sinyal.

Repeater dapat digunakan pada jenis jaringan Local Area Network (LAN) dan Wide Area Netword (WAN). Untuk diketahui, sinyal pada sebuah jaringan bisa saja terhalangi oleh dinding, jarak, dan bangunan. Penghalang itu bisa mempersulit pengiriman sumber daya.

Repeater digunakan untuk membantu mengurangi kesalahan dan kehilangan data serta menyediakan pengiriman sumber daya. Dengan repeater, sumber daya jaringan seperti data atau koneksi internet bisa ditransfer dengan lebih aman dan jangkauan yang lebih luas.

Itulah penjelasan mengenai pengertian repeater, sebagaimana dilansir laman Geeks for Geeks. Dari pengertian tersebut, penjelasan fungsi repeater yang lebih detail bisa dibaca di bawah ini.

Fungsi repeater

Dalam sebuah jaringan, repeater memiliki beberapa fungsi penting. Salah satunya yang utama adalah repeater berfungsi untuk memperluas jangkauan sinyal pada sebuah jaringan. Kemudian, repeater juga berfungsi untuk memperkuat sinyal.

Selain itu, masih terdapat beberapa fungsi repeater lainnya dalam jaringan komputer. Adapun beberapa fungsi repeater yang perlu diketahui adalah sebagai berikut.

1. Memperkuat sinyal

Repeater berfungsi untuk memperkuat sinyal yang lemah. Sinyal-sinyal dapat melemah karena jarak yang jauh dari pemancar utama dalam jaringan karena ada hambatan seperti dinding atau struktur bangunan. Repeat bisa memperkuat sinyal dari hambatan itu.

2. Memperluas jangkauan jaringan

Fungsi repeater yang berikutnya adalah memperluas jangkauan jaringan. Dengan menguatkan sinyal, repeater memungkinkan perangkat yang berada di daerah yang lebih jauh atau terhalang hambatan untuk bisa tetap terhubung dengan jaringan.

3. Mengatasi hambatan sinyal

Fungsi repeater yang ketiga adalah membantu mengatasi hal-hal yang menghambat sinyal seperti dinding atau struktur gedung, sehingga sulit diterima di perangkat lain. Dengan memasang repeater, sinyal dapat diteruskan dengan lebih baik.

4. Memudahkan pengiriman sumber daya

Keempat, fungsi repeater adalah memudahkan pengiriman sumber daya. Sumber daya jaringan seperti data atau koneksi internet bisa ditransfer secara mudah dengan bantuan repeater. Kemudahan ini disebabkan karena repeater dapat mengurangi hambatan sinyal.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com