Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengertian Modem, Fungsi, Cara Kerja, Jenis, dan Perbedaannya dengan Router

Kompas.com - 25/01/2024, 03:00 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Pengguna kiranya perlu mengetahui apa itu modem, terutama mereka yang tengah belajar mengakses internet. Modem merupakan perangkat yang umum digunakan dalam mengakses internet di berbagai perangkat seperti komputer ataupun HP.

Modem menjadi salah satu perangkat yang penting untuk mengakses internet. Lantas, apa yang dimaksud dengan modem? Artikel ini bakal menjelaskan secara lengkap mengenai model, mulai dari pengertian, fungsi, hingga perbedaannya dengan router.

Baca juga: 10 Macam Web Browser dan Cara Kerjanya dalam Mengakses Internet

Untuk lebih lengkapnya, silakan simak penjelasan soal pengertian modem, fungsi, dan lainnya di bawah ini.

Apa itu modem?

Pertama-tama, pengguna kiranya perlu mengetahui apa itu modem. Sebagai informasi, modem sejatinya merupakan singkatan dari Modulator/Demodulator, yang mewakili bagaimana perangkat tersebut mengolah data untuk mengakses internet.

Jika didefinisikan, modem adalah perangkat yang digunakan untuk menghubungkan perangkat elektronik lain seperti komputer, laptop, atau HP, ke internet. Modem memiliki kemampuan utama untuk mengubah sinyal analog dari jaringan kabel menjadi sinyal digital.

Kemampuan itu disebut juga dengan demodulasi. Dalam bentuk digital, sinyal yang telah diubah ini disimpan dalam bentuk data biner berupa bilangan 0 dan 1. Selain demodulasi, model juga bisa melakukan modulasi dengan mengubah sinyal digital ke analog.

Baca juga: 6 Macam Perangkat Keras untuk Mengakses Internet di Komputer

Modem secara umum digunakan untuk mentransfer data digital ke sistem personal, sehingga perangkat pengguna bisa berkomunikasi dengan jaringan internet. Modem punya kemampuan mengubah sinyal digital ke analog dan sebaliknya secara bersamaan.

Dengan kemampuan itu, modem juga dikenal sebagai penerjemah sinyal. Modem dapat menerjemahkan sinyal digital menjadi sinyal analog (modulasi) untuk transmisi. Lalu, secara bersamaan, bisa mengubah sinyal analog yang diterima menjadi sinyal digital (demodulasi).

Dari pemaparan di atas, dapat dipahami secara sederhana, modem adalah perangkat yang dapat menghubungkan perangkat lain ke jaringan internet melalui proses modulasi dan demodulasi.

Perlu diketahui, modem tidak serta merta dapat mentransmisikan data ke perangkat supaya bisa mengakses internet. Sebelum bisa dipakai untuk mengakses internet, modem perlu mendapatkan akses data dari penyedia layanan internet (Internet Service Provider/ISP).

Itulah penjelasan seputar pengertian modem, sebagaimana dihimpun dari laman Geeks for Geeks. Lantas, sebenarnya apa fungsi modem? Untuk lebih jelasnya, silakan simak penjelasan fungsi modem di bawah ini.

Fungsi modem

Fungsi modem yang utama secara praktis adalah menghubungkan perangkat dengan jaringan internet. Namun, selain itu, modem juga punya beberapa fungsi lain. Adapun beberapa fungsi modem adalah sebagai berikut.

1. Menghubungkan perangkat ke jaringan internet

Sebagaimana sempat disinggung di atas, fungsi modem yang pertama adalah menghubungkan perangkat seperti komputer, laptop, atau HP ke jaringan internet melalui proses transmisi data modulasi dan demodulasi.

2. Mengubah sinyal digital ke analog (modulasi)

Kedua, modem berfungsi untuk mengubah sinyal digital dari perangkat komputer atau perangkat lainnya menjadi sinyal analog yang dapat ditransmisikan melalui saluran komunikasi analog seperti jaringan kabel telepon.

3. Mengubah sinyal analog ke digital (demodulasi)

Di sisi penerima data atau perangkat pengguna, modem berfungsi untuk mengonversi sinyal analog menjadi sinyal digital agar dapat dipahami oleh perangkat komputer atau perangkat penerima lainnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com