Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unboxing HP Smart Tank 580, Printer Ekonomis dengan Tinta Isi Ulang

Kompas.com - 31/01/2024, 16:35 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - Pabrikan printer telah banyak menelurkan inkjet dengan tinta yang bisa diisi ulang alias refillable ink. Tak terkecuali juga HP. Salah satunya adalah produk bernama Smart Tank 580 yang diperkenalkan di Indonesia beberapa waktu lalu.

HP Smart Tank 580 merupakan tipe printer all-in-one yang turut dibekali dengan scanner flatbed untuk keperluan memindai aneka dokumen.

Baca juga: Printer: Pengertian, Fungsi, Jenis, dan Cara Kerjanya

Perangkat yang ditujukan bagi pengguna rumahan ini menjanjikan kemampuan mencetak dalam volume tinggi dengan biaya ekonomis.

Ink tank dengan sensor tinta

Kotak kemasan HP Smart Tank 580KOMPAS.com/ OIK YUSUF Kotak kemasan HP Smart Tank 580
Seperti produk-produk printer dengan refillable ink lainnya, HP Smart Tank 580 menyimpan tinta untuk mencetak dalam 4 wadah berbentuk tangki (ink tank).

Masing-masingnya adalah tangki tinta warna black, cyan, magenta, dan yellow untuk menghasilkan kombinasi warna CMYK yang umum digunakan dalam pencetakan.

Karena menggunakan sistem ink tank alih-alih cartridge konvensional, pengguna HP Smart Tank 580 pun bisa mengisi ulang sendiri tinta printer dengan membeli botol tinta refill yang dijual terpisah.

Baca juga: Mengenal Jenis-jenis Printer, Cara Kerja, serta Kelebihan dan Kekurangannya

Pengisian dilakukan dengan cara menuangkan tinta dari botol ke tangki. Ujung botol dan mulut tangki didesain sedemikian rupa dengan untuk mempermudah prosesnya sekaligus mencegah tumpahan tinta. Tutup tangki pun memiliki segel dari karet.

Serangkaian pelengkap dalam kemasan HP Smart Tank 580, mencakup botol tinta black, cyan, magenta, dan yellow, dua buah printhead, kabel USB A ke USB B, serta kabel daya. KOMPAS.com/ OIK YUSUF Serangkaian pelengkap dalam kemasan HP Smart Tank 580, mencakup botol tinta black, cyan, magenta, dan yellow, dua buah printhead, kabel USB A ke USB B, serta kabel daya.

Botol tinta hitam HP GT53XL memiliki volume 135 ml, sementara keempat botol tinta warna masing-masing bervolume 50 ml. KOMPAS.com/ OIK YUSUF Botol tinta hitam HP GT53XL memiliki volume 135 ml, sementara keempat botol tinta warna masing-masing bervolume 50 ml.

Tangki terbuat dari bahan transparan sehingga isinya bisa dilihat dengan mudah dari arah depan printer untuk mengetahui seberapa banyak tinta yang masih ada.

Selain itu HP Smart Tank 580 turut yang berpenampilan menarik dengan desain berkelir putih dan abu-abu ini dibekali dengan sensor yang akan memberitahu pengguna lewat notifikasi di aplikasi HP Smart App apabila tinta sudah menipis.

HP Smart Tank 580 memang bisa terhubung ke internet via Wi-Fi untuk koneksi ke aplikasi. Pengguna pun dapat melakukan pencetakan secara remote dari luar rumah.


Bagian depan printer bisa dibuka untuk mengakses kompartemen tangki tinta dan print head, sementara scanner diakses dengan membuka penutup sisi atas (foto kiri). Di bahu printer terdapat serangkaian tombol dan layar LCD kecil untuk keperluan pengendalian perangkat, seperti mengatur koneksi Wi-Fi.KOMPAS.com/ OIK YUSUF Bagian depan printer bisa dibuka untuk mengakses kompartemen tangki tinta dan print head, sementara scanner diakses dengan membuka penutup sisi atas (foto kiri). Di bahu printer terdapat serangkaian tombol dan layar LCD kecil untuk keperluan pengendalian perangkat, seperti mengatur koneksi Wi-Fi.

Bisa cetak ribuan halaman

Di dalam kemasan penjualan Smart Tank 580, HP menyertakan empat botol tinta black, cyan, magenta, dan yellow. Tiga botol tinta warna (GT52) memilki volume 50 ml, sementara botol tinta hitam (GT53XL) lebih besar dengan volume 135 ml.

Selain botol tinta, disediakan pula dua buah print head (untuk tinta hitam dan warna), kabel USB A ke USB B untuk koneksi dari printer ke komputer, kabel daya, serta buku manual, serta dokumentasi untuk hal-hal lain seperti garansi.

Baca juga: 6 Hal yang Perlu Anda Perhatikan Sebelum Membeli Printer Baru

Buku manual memuat cara pemasangan print head, pengisian tinta, dan pengoperasian printer untuk pertama kali berikut ilustrasinya sehingga mudah untuk diikuti.

Rangkaian dokumentasi dan panduan di dalam kemasan printer HP Smart Tank 580KOMPAS.com/ OIK YUSUF Rangkaian dokumentasi dan panduan di dalam kemasan printer HP Smart Tank 580

Tangki tinta memiliki rancangan khusus untuk mencegah tinta tumpah ketika diisi (foto kiri). Bagian tray untuk menampung kertas hasil cetakan berbentuk serupa lidah kecil yang ditarik dari bagian bawahKOMPAS.com/ OIK YUSUF Tangki tinta memiliki rancangan khusus untuk mencegah tinta tumpah ketika diisi (foto kiri). Bagian tray untuk menampung kertas hasil cetakan berbentuk serupa lidah kecil yang ditarik dari bagian bawah
HP mengklaim printer kapasitas tinta printer ini sanggup mencetak hingga 12.000 halaman hitam putih atau 6.000 halaman warna sehingga bisa melayani kebutan printing bervolume besar dengan ekonomis.

Terlebih, Smart Tank 580 memiliki duty cycle hingga 3.000 halaman A4 per bulan (volume rekomendasi 400-800 halaman per bulan).

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com