Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ponsel Lipat "Flip" Pertama ZTE Resmi Meluncur, Harga Rp 6 Jutaan

Kompas.com - 21/02/2024, 08:02 WIB
Bill Clinten,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

Sumber Gizmochina

KOMPAS.com - Vendor asal China ZTE, bersama dengan operator seluler Jepang Y!Mobile, resmi meluncurkan ponsel lipat "Flip" pertamanya yang mengusung mekanisme lipatan ala "kulit kerang" (clamshell).

Perangkat tersebut adalah Libero Flip dan merupakan ponsel lipat yang menyasar pasar ponsel kelas menengah di Jepang. Bisa dibilang demikian karena ponsel ini ditenagai dengan chipset Snapdragon 7 Gen 1 dan dibanderol dengan harga 63.00 yen (sekitar Rp 6,5 juta).

Secara desain, Libero Flip mirip seperti Phantom V Flip buatan Tecno. Sebab, bagian punggung ponsel ini dibekali dengan layar sekunder bulat yang memiliki ukuran 1,43 inci.

Baca juga: HP Tecno Phantom V Flip: Spesifikasi dan Harga di Indonesia

Layar ini bisa digunakan untuk banyak hal, mulai dari menampilkan viewfinder kamera untuk swafoto menggunakan kamera belakang, memantau total langkah perjalanan, menampilkan cuaca, mengontrol musik, dan lain sebagainya.

Di sekeliling layar bulat ini, terdapat dua kamera dan satu modul flash untuk berfoto di kondisi gelap. Kedua kamera belakang di ponsel lipat ini masing-masing memiliki resolusi 50 MP dan 2 MP (depth sensor).

Terkait kamera, bagian depan ZTE Libero Flip juga dihiasi dengan kamera selfie 16 MP yang dimuat dalam lubang punch hole yang terletak di tengah atas layar. Soal layar, ponsel lipat ini mengusung layar utama 6,9 inci yang memiliki resolusi 2.790 x 1.188 piksel.

Ilustrasi layar sekunder di ZTE Libero Flip.Gizmochina Ilustrasi layar sekunder di ZTE Libero Flip.

Beralih ke aspek performa, seperti disebutkan di atas, ponsel lipat Flip perdana ZTE ini ditenagai dengan chipset Snapdragon 7 Gen 1 dari Qualcomm. "Otak" ponsel tersebut dipadukan dengan RAM 6 GB dan media penyimpanan (storage) 128 GB.

Pada segi daya, ZTE Libero Flip ditopang dengan baterai berkapasitas 4.310 mAh yang mendukung teknologi pengisian cepat berdaya 33 watt. ZTE mengeklaim baterai ponsel lipat ini bisa diisi penuh (0-100 persen) dalam waktu sekitar 73 menit.

Untuk aspek software, ZTE Libero Flip menjalankan sistem operasi (OS) Android 13. Tidak disebutkan tampilan antarmuka (UI) apa yang digunakan ponsel lipat ini.

Baca juga: Apple Diam-diam Siapkan 2 iPhone Lipat

Fitur pendukung yang ada di ponsel yang memiliki dimensi ketebalan 7,3 mm (ketika dibentangkan) dan bobot 214 gram ini meliputi tingkat ketahanan terhadap air dan debu dengan IP rating IP42, NFC, Bluetooth 5.2, serta pemindai sidik jari (fingerprint) yang ada di bingkai perangkat.

Ada pula mode lipatan "setengah" dengan sudut 60-110 derajat, yang memungkinkan pengguna menaruh ponsel di atas permukaan datar untuk berfoto tanpa bantuan tripod, atau merekam video dengan gaya menggenggam ala perekam video handycam.

Di pasar Jepang, ZTE Libero Flip hadir dengan tiga varian warna, yaitu Gold, White, dan Blue. Ponsel ini, seperti disebutkan di atas, dijual dengan harga 63.000 yen (sekitar Rp 6,5 juta) dan bisa dibeli di Jepang mulai pekan depan, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Gizmochina, Rabu (21/2/2024).

Belum ada informasi apakah ponsel lipat ini akan meluncur di luar pasar Jepang atau tidak.

Baca juga: ZTE Axon 50 Lite 5G Meluncur, Punya Kamera Boba ala iPhone

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com