Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

WhatsApp Rilis Format Teks Baru, Bisa Bikin Daftar Poin, Nomor, dan Kutipan

Kompas.com - Diperbarui 23/02/2024, 06:11 WIB
Lely Maulida,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - WhatsApp merilis sejumlah fitur baru untuk memudahkan penulisan di aplikasi. Fitur baru WhatsApp kali ini fokus pada format penulisan teks dalam sebuah pesan.

WhatsApp menambahkan empat opsi pemformatan teks dalam aplikasi. Keempat opsi itu antara lain "Daftar berpoin", "Daftar bernomor", "Blok kutipan" dan "Kode berderet".

Kehadiran fitur baru WhatsApp ini diumumkan langsung oleh CEO Meta, Mark Zuckerberg.

"Lakukan ini (buat pesan) dengan opsi pemformatan baru kami di WhatsApp," kata Zuckerberg lewat saluran WhatsApp-nya, sambil memamerkan pesan dengan format baru.

Dengan opsi itu, pengguna bisa lebih mudah menyusun pesan agar lebih rapi dan lebih mudah dipahami pengguna lainnya.

Bagi pengguna yang sering bersinggungan dengan dokumen berbasis teks, opsi format itu mungkin tidak asing lagi.

Hanya saja, cara penggunaan format ini di WhatsApp agak berbeda dengan aplikasi dokumen lain macam Microsoft Office. Berikut rincian kegunaan sekaligus cara memakai opsi format teks di WhatsApp.

Baca juga: 7 Tanda Akun WhatsApp Anda Dibajak, Cara Mengatasi, dan Tips Menghindarinya

WhatsApp merilis format teks baru, Kamis (22/2/2024). Pengguna kini bisa membuat daftar poin, angka, dan memblok kutipan. KOMPAS.com/Lely Maulida WhatsApp merilis format teks baru, Kamis (22/2/2024). Pengguna kini bisa membuat daftar poin, angka, dan memblok kutipan.

Daftar berpoin

Format ini berguna untuk membantu menguraikan langkah-langkah dalam suatu proses, membuat daftar bahan-bahan dalam resep atau menyebutkan poin-poin utama dari sebuah pesan.

Cara pakainya, gunakan tanda "-" (hanya strip), diikuti dengan satu spasi.

Daftar bernomor

Format ini berguna untuk mencatat urutan tertentu seperti instruksi atau rekap kejadian. Misalnya cara memasak makanan tertentu dari sebuah resep.

Cara pakai format ini di WhatsApp, gunakan 1 atau 2 digit, diikuti titik dan satu spasi.

Blok kutipan

Format ini bisa dipakai untuk menyoroti teks. Cara pakainya, gunakan tanda ">" diikuti dengan satu spasi.

Kode berderet

Format ini bisa dipakai untuk membantu membedakan informasi spesifik dalam kalimat. Nantinya, format teks yang ditampilkan akan berbeda dari teks biasa, karena dilapisi dengan lapisan berkelir abu-abu.

Cara memakai format ini yaitu dengan mengapit teks memakai tanda backtick/tanda kutip terbalik ('). Perlu dicatat bahwa tanda itu berbeda dengan tanda petik satu.

Baca juga: WhatsApp Siapkan Fitur Pengaman Foto Profil agar Tidak Dicuri

Daftar shortcut format teks di WhatsAppWhatsApp Daftar shortcut format teks di WhatsApp

Pantauan KompasTekno, fitur ini sudah bisa dicoba oleh pengguna di Indonesia, khususnya untuk pengguna WhatsApp Android versi 2.24.3.81. Cara pakainya juga cukup sederhana, seperti dijelaskan di atas.

WhatsApp juga menyebutkan bahwa format teks itu tersedia untuk semua pengguna iOS, Web, hingga Mac. Bahkan admin saluran WhatsApp juga bisa memakai opsi itu untuk mengunggah postingan di WA channel.

Adapun keempat opsi format teks baru ini menambah sejumlah opsi format yang sudah ada sebelumnya.

Beberapa format teks yang sudah ada di WhatsApp sebelumnya, antara lain format untuk menebalkan (bold) teks, Italic untuk memiringkan teks hingga monospace untuk membuat font yang berbeda dari font reguler.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com